[PART THREE] Mereka di Balik "Misi Terakhir Rafael: Cinta Tak Pernah Pergi Jauh"







~Kelanjutan dari sini~





Dalam novel "Misi Terakhir Rafael: Cinta Tak Pernah Pergi Jauh", ada tokoh yang bernama Becky, kan? Itu, loh, yang jadi kekasih dari Gabriel Kustandi Hutagalung. Well, itu diambil dari nama teman sekolah minggu aku dulu. Fotonya seperti di atas. Anyway, iseng saja, aku comot namanya sebagai salah satu tokoh dalam kisah percintaan Gabriel-Mikha tersebut. Namanya bagus, soalnya. Kebarat-baratan. Cocok dengan Gabriel yang tengah berkuliah di Melbourne, Australia. Haha. Hayo, kalian semua berpikiran apa tentang nama Becky itu? LoL.






Pada halaman 120, ada nama pelayan bernama Kadek Sukrawan. Well, Sukrawan-nya diambil dari nama teman bloger aku yang kocak, yang lulusan dari Universitas Udayana. Namanya Svkrawan Madi. Latar Bali yang cukup kental dalam novelnya itu berasal dari kebiasaanku 'terbang' ke Separonyolong.






Adiknya Mikha yang bernama Thomas (yang jail dan hobi memotret), namanya diambil dari @tomkuu , bloger kece asal Bogor. @tomkuu ini banyak memberikan ide-ide segar seperti kisah Gabriel, dkk yang tengah berada di acara Drag Show. Nah, itu terinspirasi dari pengalamannya sewaktu di Bali, sehabis sibuk tugas akhir.






Bagian Gabriel nembak Mikha di Bali, kan Mikha tengah bersama adiknya yang iseng dan ketiga sepupunya. Salah satu sepupunya pernah aku ceritakan. Itu, loh, yang namanya Ayu. Tinggal sisa dua lagi. Satu lagi, yang bernama Christie, well, itu diambil dari nama teman seangkatan dulu sewaktu di fakultas Hukum Atmajaya. Orangnya yang ada di foto, ada di baris kedua dan kolom kedua. Nah, samping kirinya, itu yang namanya Natasya Bolyn, yang namanya pernah ada dalam screenshoot chat tersebut. Itulah orangnya, si Cantik Natasya tersebut.

Anyway, kenapa kuambil nama Christie tersebut? Namanya bagus. Kebarat-baratan. Walau, well, sewaktu menulis "Misi Terakhir Rafael: Cinta Tak Pernah Pergi Jauh" tersebut, aku mendadak terpikirkan dengan temanku bernama Christie Julia, yang ke mana-mana selalu bersama ketiga temannya (Pretty Yasmin, Natasya Bolyn, Gabby Rachmadini). Kok kayaknya cocok dipakai namanya sebagai sepupu dari Mikha yang hobi bepergian dan easy going? Terasa, tidak, tokoh Mikha itu hobi melancong (selain berwawasan luas)? Harusnya iya. Sebab, sudah sangat jelas tergambarkan.

Sementara Mariana, sepupu Mikha yang lainnya, itu diambil dari nama teman SD aku, Mariana--yang bawel dan ceplas-ceplos (mirip seperti encim-encim). Aku tak ada bukti fotonya. Cuz, Mariana juga teman masa kecil. Jaman aku SD, memotret itu hobi yang sangat mahal sekali. Dan, aku belum pernah bertemu kembali dengan Mariana. Terakhir, yah saat aku masih SD dulu.






Aku sadar, tiap baca "Misi Terakhir Rafael: Cinta Tak Pernah Pergi Jauh" lagi, kisah asmara antara Gabriel dan Mikha ini penuh dengan nama-nama yang sangat kebarat-baratan. Contohnya berada di halaman 68. Ada yang bernama Harry Michigan's Store. Itu nama buatanku, kok. Walau ada kedekatan emosional dengan Melbourne, aku belum pernah ke Melbourne sama sekali. Aku malah tidak tahu, jika ada toko dengan nama seperti itu di Melbourne. Sementara Harry-nya diambil dari nama teman SMA aku dulu yang jika dilihat dari foto, dia memang agak kebule-bulean. Putih sekali kulit Harry. Seperti bule saja. Haha.

Anyway, adik dari Gabriel dan Rafael yang bernama Timo, itu terinspirasi dari Harry ini juga, yang orangnya humoris dan tak tahu malu sekali (namun supel).







Comments