Bisakah Puasa dari Dunia Maya?

 












Tulisan ini mengacu pada satu kegelisahan seorang yang terimplisit di tulisan 31 Mei 2021

Bagaimana mulainya, yah? Hanya saja aku merasakan juga kegelisahan teman saat itu. Aku merasa dunia maya makin tidak bersahabat. Media sosial membuat aku cemas. Aku akhir-akhir ini sering merasa takut untuk menuliskan isi pikiran di internet. Tidak sefleksibel sebelumnya. 

Aku pernah berencana untuk menutup semua media sosial yang aku miliki. Akan tetapi, aku sadar itu merupakan sebuah langkah bodoh. Sebagian besar aktivitas aku berada di dunia maya. Tidak mungkin aku hanya mengandalkan aplikasi chat, surel, atau SMS. Untuk membagikan karya sastra aku saja, aku membutuhkan media sosial. Aku masih mencari (pembaca), belum dalam posisi yang dicari. Itu baru contoh kecilnya--yang membuat aku dilema. 

Dilema aku: 
Apakah aku harus mengikuti rencana teman itu untuk menutup seluruh media sosial,  mengingat sebagian besar aktivitas aku berada di internet?

Sempat tebersit di kepala, bagaimana jika aku membatasi diri saja. Seperti aku hanya mem-posting tanpa scrolling, juga stalking. Kadang bagian paling menyebalkan adalah scrolling tersebut. Dengan aku scrolling, sudah pasti aku akan berjumpa dengan beragam isi kepala yang pastinya ada yang menusuk-nusuk. Sindir-menyindir itu tak terhindarkan. Di dunia nyata saja, sudah biasa juga, kan. Tanpa scrolling, lebih aman dan tentram. Tidak mungkin pula kita berselancar di dunia maya tanpa scrolling, stalking, hingga trolling. Ujung-ujungnya pasti bertemu orang-orang yang menyebalkan, menurut versi kita. 

Jadi, bagaimana solusi terbaiknya? Bingung juga, yah. Makin lama berinternet sudah bukan menjadi kebutuhan tersier seperti saat dua puluh tahun yang lalu. Sudah mendarah daging dan tak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari aku. Bisakah juga kita benar-benar berpuasa dari dunia maya saat sebagian besar aktivitas kita harus mengandalkan dunia maya? 














Comments

  1. kalo aku biasanya cuma share link artikel aja sih
    jarang scroll nya
    kalo ketemu yang ga disuka, ya tinggal unfollow
    jangan terlalu dibawa berpikir yang terlalu dalam, capek nanti

    ReplyDelete

Post a Comment

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^

PLACE YOUR AD HERE

PLACE YOUR AD HERE
~ pasang iklan hanya Rp 100.000 per banner per 30 hari ~