Welcome to the Jungle!














Dulu, di tahun 2011 yang lalu, sepuluh tahun yang silam, rasanya senang sekali saat aku dinyatakan lulus sidang skripsi. Tak hanya aku, beberapa teman kuliah juga merasakan euforia yang sama. Saking bahagianya, sempat muncul celetukan "Welcome to the jungle!"

Well, sepertinya aku mulai paham apa artinya. Apa makna dari "Welcome to the jungle" tersebut, aku sangat tahu. 

Kita dituntut harus kuat. Kita dituntut harus serba bisa. Tak boleh cengeng. Jangan manja (manis boleh, manja jangan). Pokoknya, harus begini-lah, harus begitu-lah. Skill, entah apapun skill-mu, sangat dijunjung tinggi. Makin lama, aku amat-amati, makin terlihat seperti sebuah hutan rimba (yang dalam bahasa Inggris, jungle). 

Oh, satu lagi, memang ada yang bilang, "Pisahkan urusan pribadi dengan urusan pekerjaan", nyatanya tidak seperti itu. Jangan kaget, jika suatu saat nanti, urusan dalam negeri yang coba kalian tutup-tutupi, kelak akan menjadi bumerang atau kerikil tajam. Jika ada masalah serius di dalam rumah tanggamu, sembunyikanlah. Percayalah, ada banyak orang yang sukses dengan menghalalkan segala cara, yang salah satunya adalah mengusik kehidupan pribadi seseorang. 

Once again, well, welcome to the jungle, welcome to the wild life. C'est la vie. 


#AntiBaperBaperClub















Comments

PLACE YOUR AD HERE

PLACE YOUR AD HERE
~ pasang iklan hanya Rp 100.000 per banner per 30 hari ~