Aku & Mati Lampu

 












Menurut sebuah akun Twitter yang bernama @ixaviertweets , jika listrik di rumah kita mendadak tidak beroperasi lagi (bahasa pasarnya, mati lampu), biasanya kita mengecek terlebih dahulu kondisi listrik di tetangga-tetangga kita. Berbeda dengan di negara-negara Eropa atau Amerika, pemadaman listrik biasanya memiliki pemberitahuan terlebih dahulu--dan terjadwal. 

Di Asia--khususnya di Indonesia, pemadaman listrik sering terjadi bukan bersumber dari main board-nya. Mungkin bisa saja listrik turun karena di suatu kawasan penggunaan listriknya itu melebihi batas. Kalau tak salah, di daerah aku tinggal pernah terjadi seperti itu. Rumah aku dan beberapa rumah itu mengalami mati listrik. Sementara, beberapa rumah lainnya itu tidak. Itu sekitar tahun 2012. 

Atau bisa jadi listrik turun karena ada gardu listrik yang tengah mengalami kerusakan. Pemadaman listrik bukan semata-mata bersumber dari PLN sebagai penyuplai listrik utamanya. Ada teman yang mengalami masalah seperti ini. Kompleknya suka mengalami pemadaman listrik. Yang saat ditelusuri, gardu listrik tengah diperbaiki. 

Bicara tentang mati listrik, peristiwa tanggal 4 Agustus 2019 itu merupakan pengalaman sangat berkesan terkait mati listrik. Sudah berlangsung lebih dari dua belas jam, hampir se-Jabodetabek mengalami mati listrik. Oh iya, bagaimana tanggapan kalian terhadap mati listrik massal di 2019 tersebut?















Comments

Place Your Ads Here