Komarudin, Pejuang Kemerdekaan Indonesia asal Korea Selatan















Foto di atas dan di bawah itu kudapatkan dari timeline social media aku. Foto itu sendiri merupakan foto seorang pejuang kemerdekaan Indonesia yang bernama Komarudin. Entah benar, entah tidak, konon Komarudin ini memiliki nama asli Yang Chil-sung. Dari namanya saja, sudah ketahuan dia asal mana. Korea Selatan, dong. 

Tapi, mungkin ada benarnya juga, Komarudin ini berasal dari Korea Selatan. Mungkin dia masuk ke Indonesia saat masa penjajahan Jepang. Dia masuk ke Indonesia sebagai seorang tentara Jepang, yang di kemudian hari, dia membelot. Secara tampang, si Komarudin juga rada mirip dengan orang Korea. Matanya sipit khas orang-orang dari Asia Timur. Belum lagi, wajah orang-orang dari Asia Timur itu tak jauh berbeda dari orang-orang dari Nusantara. Jangan kalian pikir, sudah sejak dulu, orang-orang dari Asia Timur secantik atau setampan artis K-Pop jaman sekarang. Untuk yang ukuran rakyat jelata, wajah mereka kurang lebih sama seperti wajah orang-orang yang berada di Asia Tenggara.

Yang membuatku yakin Komarudin memang berasal dari Korea Selatan, ada begitu banyak orang Eropa di dalam foto pertama. Mungkin saja Komarudin sempat ditangkap oleh orang Indonesia, lalu membelot dan memutuskan berganti nama. Mungkin seperti itu. Dari sumber aslinya, hanya dikatakan bahwa Komarudin berasal dari Korea Selatan, yang dibawa Jepang ke Indonesia. 

Oh iya, apa tanggapan kalian mengenai Komarudin ini?














Comments

Place Your Ads Here