Anjing dan Penderitaannya

 













Lagi viral isu KPAI melarang penggunaan kata 'anjay'. Atau, tepatnya, Bang Ariest Merdeka Sirait menetapkan bahwa  siapapun yang mengucapkan kata 'anjay' kepada mereka yang di bawah umur, itu bisa dikategorikan sebagai kekerasan verbal. 

Well, tahukah kalian 'anjay' itu apa? 'Anjay' merupakan semacam plesetan dari kata aslinya, anjing. Tak hanya 'anjay', ada beberapa kata yang merupakan plesetan dari 'anjay'. Itu seperti 'anjir', 'anjrot', 'anjis', 'anjas', dan silakan sumbang opini kalian di kotak komentar. 

Tak hanya kata 'anjay' dan beberapa plesetan lainnya tersebut, kata 'anjing' pun seringkali bermuatan negatif di waktu dan tempat yang salah. Contoh: Budi berteriak, "Anj*** lu!"

Di situlah aku merasa bingung. Itu kenapa bisa begitu? Padahal, ada beberapa jenis yang imut-imut. Satu-dua jenisnya malah sudah sangat membantu manusia. Lantas kenapa makhluk berkaki empat yang suka mengisap tulang itu harus mengalami penderitaan seperti itu? Salah mereka di mana? Hadeuh.

Tahukah kalian, anjing yang sudah lama terkenal sebagai sahabat baik manusia itu sudah mengalami domestikasi dari serigala sejak 15.000 tahun yang lalu? Kali pertama anjing dijinakkan  itu di Asia Timur, yang kemungkinan di Tiongkok. Chow-chow, Sharpei, Akita, Shiba, dan Basenji merupakan beberapa ras anjing yang tertua. Ada suatu kisah bagaimana anjing bisa dijinakkan manusia. Berikut ini kisahnya.

Pada suatu hari, lima belas ribu tahun yang lalu, seekor serigala kelaparan dan masuk ke dalam perkemahan manusia. Anehnya, bukannya takut, manusia ini malah terenyuh dan langsung berbagi persediaan makanannya kepada si serigala. Sejak saat itulah, anjing menjadi peliharaan paling setia kaum manusia (namun tetap lebih setia Hachiko di Jepang).

Benarkah kisah tersebut? Sudahlah, karena yang mau kusampaikan adalah.....

.....yuk, berikan kehormatan kepada makhluk berkaki empat dan lucu (yang masih saja ada yang hobi memakannya) tersebut! 








Comments

Post a Comment

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^