Drama Utang Piutang









"Negatif ketemu negatif, hasilnya positif." - salah satu rumus Matematika






(KIRI-KANAN) Dion, Nuel Lubis, dan Robi saat menghadiri Jak-Japan Matsuri 2015.










Aku (Nuel Lubis) punya utang 5000 ke Dion. Dion punya utang 5000 ke Robi. Lalu, Robi punya utang 5000 ke aku. Bagaimana agar bisa lunas? 

Suruh saja  Robi bayarkan utang Nuel ke Dion. Utang Nuel ke Robi--yang sejumlah 5000--untuk bayar utang Nuel ke Dion--yang sejumlah 5000 juga. Berarti, lunas dengan sendirinya. 

Mudah penyelesaiannya, namun prakteknya, banyak drama. Apalagi, kalau ada seseorang yang penuh tipu muslihat, wah tiga kali lebih drama. Bahkan, mungkin agar dapat terselesaikan, perlu seseorang yang netral. Yah, kalau si Netral ini berhati mulia (seperti si anak SMA di komik ini),  kalau nggak, lebih drama lagi. 

Oh iya, andaikan ada seseorang yang memiliki utang 10.000 ke seseorang, ada surplus 5000  yang tak dimiliki siapa-siapa. Sisanya bisa digunakan untuk  menghadiri event seperti yang  ada di foto. Gampang, yah? Pada prakteknya, itu sulit dilakukan banget. Aku sadar kenapa jadi sulit. Itu karena ego.

Omong-omong, yang seperti itu banyak, loh, ada di masyarakat. Penyelesaiannya sebetulnya mudah. Yah, secara teori. Prakteknya, susah!






Comments