Asal Muasal Beberapa Jajanan Terkenal Indonesia

 













Tekwan bukan berarti 'ambil satu' maupun "berkotek samo kawan' (yang berarti mengobrol bersama kawan), melainkan berasal dari bahasa Hokkian, 'tek wan' (鮐丸), yang artinya bola (ikan) tenggiri.






Pancong bukan berasal dari 'pantatnya dicongkel', melainkan berasal dari bahasa Sunda, 'pancong', yang artinya terungkit/terkait, merujuk kepada alat pengungkit/pengait kue yang dipakai (paranti pancong).






Bakso bukan berasal dari 'banyak kuah dan saus', melainkan berasal dari bahasa Hokkian,  'bak cho' (肉脞) yang artinya daging cincang. Di Jawa Timur, disebut sebagai 'bak wan' (肉丸), yang berarti bola daging.






Putu bukan berasal dari 'pencari uang tenaga uap'. Putu berasal dari bahasa Tamil, புட்டு , yang dibaca puttu, yang artinya 'sesuai takaran'. Hidangan ini telah ada sejak masa Hindu di Nusantara.






Perkedel bukan berasal dari 'persatuan kentang dan telur', melainkan dari alih bahasa 'Frikadelle', sebuah masakan Jerman dan Skandinavia yang berupa bola daging. Karena kelangkaan dan kemewahan daging, maka adaptasi versi lokal menggunakan kentang dan telur.






Cuanki bukan berasal dari singkatan 'cari uang jalan kaki', melainkan merek dagang dari panganan 'tim sam' (點心, dimsum) yang berkuah di daerah Jawa Barat. Awalnya bernama 'bakso tahu kuah choan kie' (賺氣). Choan kie dapat diartikan sebagai 'rejeki'.






Ketoprak bukan berasal dari singkatan 'ketupat (dan) toge digeprak', melainkan mengacu kepada jajanan yang biasa disuguhkan pada pertunjukan ketoprak di wilayah Dermasuci (Dermayon/Indramayu, Subang, Cirebon).






Es doger bukan berasal dari singkatan 'dorong gerobak', melainkan mengacu kepada jajanan yang biasa disuguhkan pada pertunjukan doger (sebutan untuk penari perempuan Ronggeng di wilayah Dermasuci, Dermayon/Indramayu, Subang, Cirebon).











Catatan Nuel Lubis:
Jujur aku hanya menyarikan saja (membuat intisari) dari sebuah akun Twitter yang kutemukan beberapa waktu yang lalu. Dan, tetap, untuk pemesanan CMP, bisa hubungi My Whatsapp atau immanuel.lubis@gmail.com. 





Comments

Place Your Ads Here