10 Fakta Menarik tentang Bahasa Indonesia

  













Inilah tujuh fakta menarik tentang bahasa Indonesia. Yuk, simak!

1. Penutur bahasa Indonesia memiliki lidah yang fleksibel. Itu terjadi karena logat dan bunyi penutur bahasa Indonesia yang terdengar beragam. 

2. Menurut London School of Science and Technology, bahasa Indonesia termasuk ke dalam sepuluh bahasa yang paling sulit dikenali. Karena bahasa Indonesia cenderung lurus dan tidak memiliki irama. 

3. Pada tanggal 7 Januari 2016, Dana S. Hilliard mengucapkan ikrar saat pelantikannya sebagai walikota Somerworth dengan mengucapkan bahasa Indonesia. Itu dilakukannya karena banyaknya komunitas Indonesia di kota tersebut.

4. Pada Desember 2007, pemerintah daerah Ho Chi Minh menetapkan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi kedua. Bahasa Indonesia sejajar dengan Inggris, Perancis, dan Jepang 

5. Ada empat puluh lima negara yang mengajarkan bahasa Indonesia. Di Australia, bahasa Indonesia menjadi bahasa populer keempat. 

6. Menurut Ivan Lanin, Wikipedia Indonesia menempati posisi keduapuluhlima dalam dua ratus lima puluh negara. Hebatnya lagi, Wikipedia Indonesia menempati posisi ketiga setelah China dan Jepang. Di Wordpress, bahasa Indonesia paling banyak ketiga yang paling sering digunakan. 

7. Pada tahun 1977, satelit Voyager memiliki bagian dalam  berupa piringan hitam yang berisi kumpulan gambar dan suara, yang mana salah satu bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia.

8. Bahasa Indonesia itu sebetulnya bukan berasal dari masyarakat Indonesia sendiri. Konon bahasa Indonesia ditemukan oleh orang asing, yang sama seperti nama Indonesia sendiri yang berasal dari dua kata: indos dan nesos.  

9. Bahasa Indonesia merupakan bahasa baru yang berakar dari bahasa Melayu Riau. Sebelumnya, tak ada satupun yang mengenal bahasa Indonesia. Selain itu, bahasa Indonesia merupakan bahasa yang menyerap banyak kata dari beragam bahasa yang sudah eksis lebih dulu. 

10. Bahasa Indonesia pernah dipopulerkan oleh Barack Obama, mantan presiden Amerika Serikat. Masih ingat "Bakso, nasi goreng"?















Comments

Place Your Ads Here