Akhirnya Jadi Ghostwriter Juga

 














Keisuke Honda & Christian Zapata

Tomochin dan Adiknya






Dua link di atas merupakan dua dari tulisan-tulisanku yang pernah dimuat di tempat/media lain. Aku kaget banget sebetulnya. Tulisan-tulisanku di sana itu diklaim sebagai kepunyaan orang lain. Penulisnya bukan aku. 

Kesal sih, tapi mau bagaimana lagi. Kalau dipikir-pikir, aku belum punya ID Japanese Station. Saat aku menulis di sana 2014 kemarin, apa yah istilahnya? Begitu selesai menulis, lolos editing mereka, dimuat, ya sudah, bangga sekali aku bisa dimuat di sana. Ini disebutnya kontributor lepas, yah? Aku hanya berstatus simpatisan saja. Apalagi, aku juga belum pernah ikut event-event Japanese Station. Aku juga belum pernah menjadi tim peliput Japanese Station. 

Well, bukan salah pihak Japanese Station juga. Walau sedikit kecewa, itu hak mereka juga. Mungkin ada kebijakan baru yang mengharuskan seperti itu--sehingga muncullah yang namanya ghostwriter. Dengan tulisan-tulisanku diklaim sebagai kepunyaan orang lain, berarti aku hanya ghostwriter di Japanese Station. Kupikir, tak buruk juga menjadi ghostwriter tersebut. 

Tidak ada slek, tidak ada dendam. Hanya kaget dan sedikit kecewa dan kesal. Selebihnya, itu hak Japanese Station. Aku menuliskannya di IMMANUEL'S NOTES, murni sebagai dokumentasi. Biar dunia tahu saja, aku pernah menulis juga di Japanese Station. Begitu saja, kok. Haha.

Terima kasih juga untuk Japanese Station yang sudah memberikan aku kesempatan berharga, sehingga aku boleh memiliki pengalaman menulis di tempat lain selain IMMANUEL'S NOTES. Terima kasih juga ke Bang JOY (Japan on You) dan Bang Nuary, yang baik hati sudah mau mengedit tulisan-tulisanku di sana. Kuduga, mungkin mereka berdua itu bagian dari tim editing Japanese Station. Siapa pemimpin redaksi atau redaktur pelaksananya, aku kurang mengetahuinya. Aku hanya kontributor lepas; hanya seorang ghostwriter. Kalau kata meme yang lagi viral, "Mana saya tahu, saya kan hanya ikan". 


Inilah Pose-Pose yang Biasa Dilakukan Remaja Jepang (Tulisan Asli)

Inilah Pose-Pose yang Biasa Dilakukan Remaja Jepang (on Japanese Station)












Comments