Siapapun Bisa Menjadi Motivator





"When a man has many exs, he's the 'it'. When a woman has many exs, then she's a bitch." - Pengunjung sebuah webtoon.

















Hanya mau bilang, "Tidak butuh menjadi seorang motivator luar biasa untuk bisa mengeluarkan kata-kata mutiara seindah seperti yang ada di salah satu webtoon. Menurutku, siapapun bisa menjadi motivator. Minimal motivator untuk dirinya sendiri."

Hmmm, sebetulnya pelajaran itu kudapatkan bukan hanya dari webtoon saja. Itu suatu pelajaran berharga dari ranah blogsphere. Dulu, sebelum #misiterakhirrafael terbit, saat aku masih rutin blogwalking, aku sering terkesima (yang sangat) dengan bagian komentarnya. Entah kenapa bagian komentar itu yang paling menarik daripada isi post-nya sendiri. Entah itu di IMMANUEL'S NOTES, entah itu di blog maupun situs lain. Tak jarang aku suka menemukan kata-kata mutiara di tengah-tengah curahan hati terselubung pengunjungnya.

Kondisi seperti itulah yang terjadi pula di webtoon (juga Youtube). Perdebatan netizen/visitor itu tak jarang bisa melahirkan kata-kata mutiara nan indah, yang bahkan mengalahkan motivator paling jempolan sekalipun. Aku suka geleng-geleng kepala penuh kegemasan saat membacanya. Kok bisa punya ide seperti itu, batinku. Haha.

Eh, tahu, tidak, kebiasaan aku yang suka menyeriusi komentar-komentar orang di suatu konten tertentu itulah yang merupakan salah satu unsur pembentuk "Misi Terakhir Rafael: Cinta Tak Pernah Pergi Jauh"? Jadi  begini, guys, aku memiliki kebiasaan unik. Aku suka mencatat ulang sesuatu hal menarik yang aku temukan dari dunia maya. Kalau tidak kutuliskan ulang di buku, kusimpan di flashdisk, screenshoot, atau kufoto dengan kamera ponsel. Lalu, yang kutemukan di internet tersebut biasanya kutuangkan ke dalam bentuk..... errr, bisa dibilang karya, walau seringnya dalam bentuk tulisan. Nah, novel major pertamaku itu lumayan banyak kata-kata mutiara yang kudapatkan dari internet. Alhasil, selain dari buah pikiran dan pengalamanku sendiri, ada pengalaman orang lain serta hasil riset dari beragam sumber. Kurang lebih seperti itulah. 

Haha.

Anyway, dulu kotak komentar IMMANUEL'S NOTES suka dipenuhi kata-kata mutiara begitu. Makanya, aku suka baca old post-nya karena hal tersebut. Kadang ada beberapa komentar yang membuat aku terpekur lumayan lama. Ada juga yang menjadi inspirasi untuk the next post

Ah, sudah, ah. Begitu saja post kali ini. Mendadak aku ingin menulis karena salah satu komentar di webtoon. Komentar si komentator itu sudah menyadarkanku akan sesuatu yang sangat penting. Benar kata salah satu seniorku di kampus dahulu, yang bahwa siapapun bisa menjadi motivator; yang kita tidak harus mengikuti motivasi dari seseorang di sebuah acara motivasi. Tergantung kita juga, yang mau menerimanya atau tidak. 

Well, the best motivation is sourced from ourselves, I guess.











Comments