Need a Time to Understand








Nuel Lubis dengan kepala tertutupi helm. Foto ini keluar di tahun 2006.








Hmmm.....

Malam ini, aku mendadak teringat sebuah kata-kata mutiara dari seorang dosen di fakultas Hukum dulu. Sang dosen yang bernama Febiana Rima pernah berkata bahwa antara iman dan logika sebaiknya jangan ditabrakan. Karena keduanya berjalan beriringan, walau berjalan di jalur yang berbeda. 

Lalu, pikiranku membawa pula ke masa sebelum tahun 2008 tersebut. Kali ini, aku terbang menuju tahun 2005. 1-3 Juli 2005. Ah, aku tak pernah lupa. Di hall itu, malam itu, seorang guru sidi yang bernama Lenny Panjaitan pernah menasehati kami (secara tidak langsung) untuk tidak sembarangan ikut-ikutan. Jika ingin melakukan sesuatu, akan lebih bagus bukan karena teori ini-teori itu, tapi lebih karena kita ingin melakukannya, meskipun mungkin dunia membencinya. Melakukan sesuatu karena dorongan hati nurani sendiri itu jauh lebih baik. 

Hmmm..... 

Saat itu, aku kurang begitu paham dengan kata-kata dua pendidik tersebut. Aku hanya merasa bahwa dua orang tersebut telah mengeluarkan sebuah kata-kata mutiara yang cantik sekali. Sampai akhirnya, aku pun paham apa arti dari dua quote keren tersebut. 

Hmmm.....







Comments