Monday, April 13, 2015

Tujuh Tipe Dere dalam Dunia Nyata



Bagi mereka yang hobi baca komik, terlebih lagi manga, pasti cukup akrab dengan istilah tsundere. Tsundere itu berasal dari bahasa Jepang, tsun-tsun dan dere-dere. Selain tsundere sendiri, ada banyak lagi jenis-jenis dere lainnya. Ada dandere, yandere, kuudere, hingga himedere. Dan selama ini, sepengetahuanku, sudah banyak situs yang membahas soal makna-makna dari karakter-karakter dere tersebut. Malah lengkap dengan contohnya yang diambil dari tokoh-tokoh manga

Nah, kali ini, aku juga ikutan membahas soal segala macam dere iniTapi bukan dihubungkan ke manga. Melainkan kaitannya ke dunia nyata. Yup, ternyata karakter-karakter dere itu ada juga di dunia nyata. Mau tahu? Check these out!





1. Tsundere

Dari kata tsun-tsun yang artinya semacam abussive dan dere-dere yang kurang lebih itu become lovey-dovey. Intinya, kalau menggunakan pengertianku, orang dengan kepribadian tsundere ini ialah mereka yang dari luar terlihat judes, jutek, dan tak menyenangkan orangnya. Padahal sebetulnya di dalamnya itu orangnya itu baik sekali. Khusus karakter tsundere ini, aku sepertinya melihat bahwa Atsuko Maeda yang lebih pantas menyandang predikat The Tsundere. Dari luar, Acchan memang terlihat dingin dan tak bersahabat. Padahal, dari penelusuranku, Acchan malah ramah. 





2. Dandere
Dandere berasal dari kata danmari yang artinya pendiam dan nyaris emotionless. Tipe dandere ini tipe orang yang pendiam, sulit diajak berinteraksi, dan selalu sendiri. Dan karakter dandere ini sebetulnya banyak ditemukan di keseharian kita. Cewek tipe pendiam dan tak banyak omong ini salah satunya bisa terlihat dalam diri seorang Jessica Veranda. 





3. Yandere
Berasal dari kata yanderu, yang artinya sakit. Dalam opiniku, cewek dengan karakter yandere ini tipe cewek yang kegenitan. Tipe cewek centil dan agresif dalam mengejar target cintanya. Yah itulah yandere. Dan orang-orang dengan ciri yandere ini juga cukup banyak ditemukan. Salah satunya, dan yang langsung terpikirkan, adalah Jessica Iskandar. Nggak tahu yah, itu mungkin cuma karakter yang Jessica Iskandar ingin tampilkan di televisi. Tapi di mataku, karena semakin sering menyaksikan, makin lama Jessica Iskandar jadi mirip cewek centil ala yandere begitu. 

Oh iya, bahkan Julia Perez pun bisa dikategorikan sebagai yandere. Dan, mungkin Nikita Mirzani juga termasuk. 





4. Kuudere
Berasal dari kata cool dalam pengucapan orang Jepang. Ini adalah tipe cewek yang dingin, baik di dalam maupun di luar diri. Agak mirip tsundere, tapi lebih lihai lagi dalam menyembunyikan perasaannya. Walau terlihat dingin, tipe kuudere ini sebetulnya baik dan perhatian. Hanya saja tipe ini sulit untuk menunjukkan rasa perhatiannya itu dengan cara baik dan benar. Tipe ini lagi-lagi cukup banyak ada di keseharian, namun terasa sulit ditemukan. Karena kenapa, yah itu dia, tipe ini rada mirip dengan tsundere. Mungkin contoh untuk tipe ini ialah Kristen Stewart. Sebab aku lihat-lihat, pemeran Isabela Swan dalam "Twilight" ini selalu terlihat cool. Tersenyum pun seadanya. 





5. Dere-dere
Cewek tipe ini cewek energik dan manis kelihatannya. Tidak judes, tidak pelit senyum, namun pun tidak agresif layaknya yandere. Entah mengapa, begitu berusaha mencari-cari siapa yang cocok, nama Cindy Yuvia langsung menyeruak di benak. Tipe dere-dere ala Cindy Yuvia alias Yupi ini memang tipe idaman tiap cowok banget. 

Omong-omong, Shania Junianatha juga termasuk ke dalam tipe ini. Walau terkadang Shania bisa juga masuk kategori tsundere. 





6. Himedere
Hime itu artinya putri. Masih bahasa Jepang-lah. Kan kepribadian dere segala macam ini terlahir dari manga (baca: komik dalam bahasa Jepang). Karakter himedere ini karakter seorang cewek yang selalu ingin diperlakukan sebagai seorang putri. Maunya dimanja dan diperlakukan istimewa. Sehingga mungkin di mata kita jadi terlihat arogan dan sok. Dan karakter ini membuatku agak berpikir lebih keras sedikit untuk mencari siapa yang cocok. Jujur saja, karakter ini memang agak sulit ditemukan. 

Hmmm... mungkin yang cocok sebagai "The Himedere" itu ialah Paris Hilton. Di mataku, sosok pewaris Hotel Hilton ini terlihat angkuh dan sok tuan putri lagaknya itu. 

Oh iya, berhubung tipe kamidere itu rada sama dengan himedere, jadi bolehlah Paris Hilton menyandang predikat "The Kamidere" juga. 





7. Dorodere
Tipe cewek yang manis di dalam, namun tidak dengan dalam hatinya yang berantakan dan mengganggu. Bisa dibilang, jika kita menggunakan terminologi gaulnya, ini merupakan tipe cewek matre, yang mendekati seseorang karena materi belaka. 

Wah untuk tipe cewek yang ini, kok aku jadi malas mencari siapa yang cocok yah? Cuz, tipe yang ini memang lebih sulit sekali dicari. Ini tipe cewek bitchy begitu. Omong-omong, kalian mau bantu aku mencarikan, tidak? Dibantu yah, he-he-he. 

15 comments:

  1. Kalau "kere" apa ya? *mikir" hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... Ya nggak ada lah. Klo kere mah, itu aku. -_-

      Delete
  2. Finaly a new template yaaayyyy!

    Congrats bang

    Btw latar postingan nya kelewat ijo nihh jadi kurang nyaman dibaca loh beneran
    *saran*

    Mungkin kalaupun emang harus ijo, warna ijo nya cari yang paling baby bang. kayak susu melon. tapi lebih putih dikit

    atau putih sekalian juga bagus wkwkwk. ada alasannya lhoo kenapa background utama halaman twitter, facebook dan blogger.com itu putih ;)

    #SpoilerBanget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.... Thank, Ul. Sebetulnya ga mau ikutin saran lo sih. Ya cuma kan gue ga mau kehilangan pengiklan. Hahaha.

      Idealis boleh. Tapi harus tetap realistis dan lihat keadaan juga kan yah. Dan yang jelas, tetap mempertahankan ciri khas dari gue sendiri, hahaha

      Delete
  3. tambahan tsundere, dhike.
    oh jadi Veranda itu dandere.
    jujur ane gak paham dere2an. makasih tulisannya.
    btw itu yupi bener2 minta dikarungin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah aku kudet soal JKT48, kurang begitu familier sama member-member-nya. -_-

      Delete
  4. aih ini fontnya berubah ya :) Kristen Stewart sih cool banget ya di film Twilligh

    ReplyDelete
  5. Kayaknya aku tipe Kuudere deh :P

    ReplyDelete
  6. Cieee ada yang baru nih...
    Kalau gue sih udah pasti tsundere.... sudah terlalu lama tsundereee... sudah terlalu lama aku asik tsundere... *oke ky*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... Iya, soalnya abis menang undian ke Guam gitu deh. Hahaha... #BoongAbis

      Delete
  7. ga ngerti sama sekali soal manga
    tapi cukup terhibur dengan foto fotonya... :)

    ReplyDelete
  8. Tipe ideal saya punya pasangan Tsundere, biar ngimbangin.
    Tapi bebep Ve masuknya Dandere ah.

    ReplyDelete
  9. enggak ngarti beginian gue nuel

    ReplyDelete
  10. gue stuck di nomer 5. liat si cindy. wk

    ReplyDelete
  11. wah kayaknya tipe dere-dere gue suka ne, hahaha

    ReplyDelete

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^