Tuesday, March 31, 2015

10 Blogger yang Cukup Rutin Blogwalking ke IMMANUEL'S NOTES




Di-capture dari TE SATE TE SATE


Baca komentar-komentar yang masuk ke IMMANUEL'S NOTES itu menjadi suatu kesenangan tersendiri. Untukku, bukan untuk blogger-blogger lain lho yah. Baca komentar-komentar para netter itu seringkali menambah wawasanku, plus juga suatu waktu bisa menjadi moodmaker paling tokcer. Bahkan seringkali, aku juga masih bertanya-tanya, komentar-komentar para pengunjungnya itu kebanyakan bernada positif dan bikin suasana hati pulih lagi. Itu sungguh misterius. 

Nah beberapa hari lalu, salah seorang blogger berkomentar di salah satu cerpen. Dan komentarnya itu satu dari sekian komentar yang bikin aku jadi bersemangat untuk terus mengembangkan kemampuan menulis (terlebih dalam menulis fiksi). Komentarnya itu jujur tapi cukup membangun (Amat langka yang seperti ini!). Aku serasa dihargai begitu (walau tak begitu menarik untuk cari perhatian). Hingga komentar bersangkutan juga membuatku berkeinginan untuk me-review blog lagi. 

Yep, aku pengin me-review blog lagi. Pengin me-review beberapa blog yang mana empunya itu cukup rutin blogwalking ke sini. So, check it out

Sekadar catatan, nama-nama yang masuk ini memang belum pernah di-review sama sekali oleh aku. Memang disengaja sih. Aku kadang suka malas me-review dua kali blog yang sudah pernah di-review sebelumnya. Hahaha. 




1. Beby's Diary (www.diarynyabeby.blogspot.com)
Dibuka dari cewek asal Medan yang baru lulus dari sebuah universitas terkemuka di Sumatra Utara, yang komentarnya dengan beruntung telah aku capture. Hohoho. 

Kurang tahu pasti, kapan kali pertama bertandang ke rumah online cewek yang baru lulus dari fakultas Sastra Jepang ini. Yang jelas, blognya itu murni online personal diary. Dari blog-nya sih, Beby Rischka ini orangnya kocak dan konyol. Postingan-postingannya itu kebanyakan ringan banget. Lumayan menghibur tapi ada beberapa hal yang bisa menambah wawasan. 





2. Catatan Sehari-hari (www.blogditter.com)
Blog ini kepunyaan Mas Adit yang sehari-hari berdomisili di Yogyakarta. Sudah lama sih mengenal Mas-Mas yang sejak pertama berkunjung ke sana itu memang sudah rutin menggunakan bahasa yang cenderung EYD. Namun jangan takut. Walau gaya bahasanya yang seperti membudidayakan EYD, tulisan-tulisan Mas Adit malah enak banget disimak. Topik yang diangkat juga beragam, walau lebih sering mengupas kejadian-kejadian yang ia baru saja alami. Tiap baca blogditter ini, ada saja sesuatu yang jadi bertambah wawasanku. Jadi terus melek informasi ceritanya.





3. FitrianDotNet (www.fitrian.net)
Kalau blogditter itu pertama ke sana tahun 2013, maka blog ibu rumah tangga yang punya dua orang anak yang lucu dan pintar ini lebih lama lagi. Sudah sejak 2012, seingatku. Waktu itu, postingan-postingan Ibu Lidya Fitria ini lebih sering membahas kehidupannya dalam membesarkan kedua anaknya. Namun sekarang, mungkin karena tuntutan dapur juga (Sotoy!), beberapa kali Ibu Lidya ini menulis review-review akan beberapa hal. 





Blogger asal Bandung yang gemar fotografi, cukup sone banget, dan hobi bikin video-video yang aku suka menontonnya di Youtube.  Orangnya agak tertutup, jahil, berwawasan, dan lumayan nyentrik--serta berani tampil beda. Postingan-postingannya itu lebih sering yang bersifat review. Dan postingan-postingan review Kang Arip ini beda dari yang lainnya. Gaya bahasanya itu enak dibaca. Suka disisipi humor sih. :p





5. Persona Intikalia (zero.intikali.org)
Sekian dari banyak blog yang masih rutin ke IMMANUEL'S NOTES. Blog seorang yang menyandang nama pena John Terro ini murni personal blog. Kebanyakan postingannya itu memang lebih sering menceritakan segala pengalamannya, baik yang online maupun offline. John Terro yang sudah beristri ini (padahal aku sebaya sama dia) seorang yang jago sekali dalam mengutak-atik kode HTML, CSS, dan segala bahasa pemrograman. Dia juga buka jasa bikin template, lho. Hohoho. 





6. Blog Feby Andriawan (www.febstories.blogspot.com)
Dulu sih, isi blog Kang Feby ini lucu-lucu. Kreatif banget cowok yang aslinya dari Palembang ini. Namun sekarang, isi blog-nya mulai putar haluan ke dunia skenario televisi. Aku banyak belajar dari Feby soal bagaimana menulis sebuah sinopsis, skenario, atau tulisan-tulisan fiksi lainnya. Oh iya, Feby ini juga jago me-review, lho. Dalam mengupas sesuatu, Feby ini cukup kritis dan jeli. 

Oh iya, buat Feby, semoga sukses jadi penulis skenario yang handal yah. Sukses juga buat novel Pacar!-nya (Sumpah, Bro, judul novel ente itu bikin gue galau tiga abad!).




7. Melisa Corner (http://hey-artha.blogspot.com/)
Agustus 2013, aku dibikin kaget oleh seorang perempuan blogger yang kece badai banget. Bagaimana tidak kaget, perempuan blogger ini tak tanggung-tanggung langsung kasih komentar di beberapa postingan. Cukup bertubi-tubi, yang memaksa aku untuk blogwalking ke blog-nya yang personal blog. Melisa Pasaribu ini orangnya cukup melankolis, rame, dan punya kemauan kuat untuk mempelajari sesuatu. 





8. Rahad Adjars (www.rahadjars.com)
Rahad ini sebetulnya seperti Patricia Krisnashanti, perempuan blogger yang punya (http://jurnalpatricia.blogspot.com/). Sama-sama sudah menekuni dunia blog sejak SMP. Namun Rahad terpaksa mengambil masa hiatus yang cukup panjang. Untungnya tahun 2013 kemarin, Rahad aktif blogging lagi. Dan aku bingung bagaimana dia bisa mendarat di IMMANUEL'S NOTES. Tapi tak jadi soal. Aku suka baca tulisan-tulisannya yang berjiwa muda banget. Baca blog-nya, aku serasa muda kembali. Hahaha. 





9. Kotak Review (www.kotakreview.blogspot.com)
Blog ini kepunyaan cewek yang sehari-hari tinggal di Bandung. Isinya kebanyakan... yah soal review. Entah review soal film, game, maupun acara televisi. Dulu, seingatku, sepertinya "Kotak Review" ini bukan satu-satunya blog yang dimiliki oleh Elfrida Chania. Kayaknya dia punya blog yang murni personal blog, deh. Hahaha. Oke, abaikan. Yang jelas, pembahasan review Elfrida ini khas anak muda banget.  





10. Manulih Apo Nan Taraso (www.gunawanefendi.com)
Blog kepunyaan Gunawan Efendi ini sepertinya tengah maintenance. Tapi dulu sih, cowok yang suka film-film India ini rutin meng-update blog dengan segala hal yang suka bikin aku speechless

16 comments:

  1. Hahaha tuntutan dapur bener banget, buat jajan. Apalagi skr anak2 mulai besar. Cari kesibukan lain,aibuk cari recehan :-D. Aku pingin bisa nulis cerpen gitu tapi belum aja pede, jadi sementara cuma bisa baca aja dulu.

    ReplyDelete
  2. eh, tadi komentarku belum masuk yah?
    oke komentar lagi deh, hehe
    aku sih emang menyempatkan diri buat ngunjungi blogger2 lama nuel
    aku kangen suasana ngeblog tahun 2011-an, masih pada rajin ngeblog
    sekarang udah sibuk sendiri2 :D

    ReplyDelete
  3. Wih, terima kasih, Mas! Malah aku sekarang lagi jarang ngeblog dan blogwalking nih, huhu.... Jujur, aku terinspirasi oleh semangat Mas Nuel untuk selalu menulis, khususnya cerpen. Sepertinya pantang menyerah nih. Terus semangat! :D

    ReplyDelete
  4. Ada nama saya ya..!
    Ada blog saya juga..!

    Makasi bg nuel...
    Betul2 gak nyangka..

    ReplyDelete
  5. hihi aku cuma blogwalking kalo pas ada waktu aja sik haha

    ReplyDelete
  6. wah berati gue masih kategori jarang yang BW kemari.. huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... Bukan gitu, bro. Sebetulnya gue kurang lengkap nulisnya, jiakakaka... Yang gue tulis ini juga kebetulan yang gue belum pernah review. Ntar gue edit deh postingan ini. Hahaha...

      Kan lu termasuk satu dari sekian blogger lama yang tetap rutin BW ke sini. Masih ada Aul Howler, Adittya Regas, Keven, Thea, dll, dsb. ^_^

      Delete
  7. Kok gw ngak ada ??? ini pelecehan #laludikeplak hahaha

    ReplyDelete
  8. Wohooo blogger aktif dan kompeten semua ya itu yang rutin blogwalking :D keren mas :D

    ReplyDelete
  9. Wah jadi top blogwalker, padahal sekarang makin males dan mempertanyakan buat apa sih bw itu.

    ReplyDelete
  10. Wow.. Terima kasih ya, Nueeeel.. Aku jadi mesem-mesem nih. Hihihi :P

    Aku sukaaaa sekali blogwalking. Rasanya kalok ngga bw tuh hampa.. Wkwkwk.. Apalagi ngasih komen temen blogger kita, jadi kewajiban banget biar makin berkembang.. Ngga ada salahnya saling support kan? :3

    ReplyDelete
  11. Itu kenapa template blog gw paling jelek ya? harus banget di bedakin deh blog guaaa.
    Setuju sama Beby, rasanya hampa kalau enggak blogwalkig, ada yang kurang, apalagi kalo ngeliat tempat yang suka kita BW-in belum ada yang baru, hampa double hahhaa. Gue juga suka mampir kesini karena elu seru ceritanya, macem-macem dengan cara lo, keep writing and sharing Nuel ;)

    ReplyDelete
  12. Wew, ada nama gw!!! Makaciiih ya kakak... hihihi... Sukses selalu untuk kita semua! :)

    ReplyDelete
  13. jadi pengen kaya abang2 sekalian yang blogwalker,

    www.klemkabelbeton.com

    ReplyDelete
  14. Wah... sebagian besar daftarnya merupakan blog favorit saya, kayak blognya kak Feby, Arip, Ama Ka Beby. O_o.
    Oh iya, ini pertama mampir, salam kenal ya. :D

    ReplyDelete

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^