Iri ke Seseorang



Tiap manusia itu pasti memiliki perasaan iri atau cemburu. Bohong jika ada yang berkata tidak mempunyai hal tersebut. Itu salah satu sifat alami manusia.

Sifat iri dan cemburu itu kadang tak sepenuhnya membawa dampak negatif. Terkadang kalau kita bisa mengontrol, kedua sifat itu bisa mendatangkan manfaat untuk kita. Bisa memacu kita untuk dapat berkembang ke arah yang lebih baik lagi.

Aku pun sama. Tak pernah jauh-jauh dari dua sifat itu. Kadang masih suka iri sama orang lain, sama prestasinya, sama apa yang dimiliki.

Bicara soal itu, dulu dan hingga saat ini, aku suka iri sama seorang blogger. Alumni DKV. Domisili di Bogor. Orangnya lumayan fotogenik, bisa menyanyi, pintar ngomong, gambar-gambarnya bagus, dan rasa percaya dirinya luar biasa. Tahu siapa?

Buat yang sudah malang melintang di dunia blogging sejak 2010, pasti tahu yang kumaksud.

Yah dialah Thomas Kurniawan. Biasa dipanggil TK, yang dibaca Tikey.



Dikutip dari WHAT A BIG SURPRISE!




Kenal Bro TK ini sudah dari 2010, dan masih menjalin silaturahmi. Masih suka blogwalking walau sekarang lebih sering jadi silent reader (Suka lupa meninggalkan jejak soalnya!).

Yup, aku iri sama TK ini. Aku iri bukan karena bakat-bakat yang ia miliki. Aku percaya, bakat tiap orang itu berbeda-beda. Yang aku cemburukan dari dia adalah rasa percaya dirinya yang to the max banget.



Dikutip dari WHAT A BIG SURPRISE!




Bisa terlihat kok dari blog-nya, www.tom-kuu.blogspot.com. Kelihatan orangnya itu berani sekali tampil antimainstream. Tak segan untuk menyampaikan isi pikirannya. Contoh: dengan memberitahukan pembaca kalau kata sandangnya itu pakai TK, bukan saya.

Terus, tak risih apalagi malu untuk menceritakan apa pun soal kehidupannya. Tak segan menyampaikan kekesalannya waktu Lady Gaga batal ke Indonesia. Blak-blakan bilang soal pengalamannya naik bus umum yang bikin dia gerah tapi juga mengasyikan. Tak takut di-judge karena menceritakan segala pengalamannya yang rada ajib. Kayak pengalaman coba mushroom, mentato, soal astral projection, atau meluapkan kegembiraannya karena artwork-nya dipajang di 9gag. Dia juga tak risih untuk mengumbar mimpinya. Entah itu di blog sendiri maupun blog orang lain. Luar biasa!

(Tahu nggak, Bro TK, secara nggak langsung lu udah menginspirasi banyak orang dari kebiasaan lu nulis di blog. Lu udah menginspirasi gue buat berani bermimpi gede. Tapi lu juga udah bikin gue iri. Iya, gue iri sama rasa percaya diri lu itu. Sampai sekarang gue masih bermasalah dengan itu. Gue masih suka nggak yakin sama diri gue sendiri. Sumpah, nggak bohong!!!)

Itulah yang bikin aku iri dengan rasa percaya dirinya yang luar biasa. Aku cemburu setengah mampus dengan keyakinannya yang berapi-api. Bagaimana sih agar bisa sepede itu?

Jujur, aku ini tipe orang yang take it personal. Gampang terpengaruh omongan orang, baik secara emosional maupun secara alam bawah sadar. Makanya aku jadi plin-plan orangnya. Suka tak yakin dengan potensi diri yang kumiliki. Masih malu-malu untuk menceritakan hasratku pula.

Kadang tiap menulis di blog juga, aku tak seratus persen jujur. Berpikir beratus kali dulu. Kadang tiap mau klik 'publish', mikir dulu--yakin nih mau di-post? Jadi hati-hati juga sama diksinya. Kalau ada pembaca yang protes soal penggunaan kata atau grammar, pasti deh langsung kuedit lagi. Kayak takut salah gitu. Salahkah bersikap seperti itu?

Jujur, aku pengin lho kayak Bro TK, yang yakin banget sama pribadinya sendiri. Ajarin, dong, cara supaya pede begitu! Capek juga harus terus pesimis dan menskeptiskan lalu mendiskreditkan diri sendiri.

Atau, selain TK, ada satu blogger lagi. Itu Keven Keppi, pemilik Emotional Flutter.Orangnya juga sama seperti TK. Bedanya, Keven lebih selektif lagi. Tak segala hal diceritakan.

Eh tapi aku menulis seperti ini bukan bermaksud membanding-bandingkan juga. Tiap orang kan punya cirinya masing-masing.

Kembali soal blogger lucu nan bijak itu, yang bikin aku iri sama Keven itu... yah masih soal rasa percaya diri. Seingatku, Keven itu pelopor 'bucket list post' di kalangan blogger.

Dulu aku sering berpikir, buat apa sih postingan macam itu. Nggak guna. Kan kalau tak terwujud, rasa malunya jauh lebih besar. Kenapa tak ditulis di buku harian saja? Begitu dulu pikiranku.

Namun, sekarang ini, anggapanku berubah. Setelah perenungan tujuh hari tujuh malam di Puncak Jayawijaya, aku mulai merasa adanya suatu kegunaan menulis bucket list post. Apalagi dengan diperlihatkan ke hadapan publik. Bucket list post itu bisa menjadi semacam injeksi dalam diri agar tak menyerah, sesulit apa pun kondisinya. Tiap hectic menyerang, buka blog sendiri, lihat postingan semacam itu, menaikkan semangat banget. Itu menurut hemat pendapatku; dan mungkin sudah saatnya aku mulai meniru langkah Keven itu kali yah?!

Ada juga kebiasaan beberapa blogger yang bikin aku iri lainnya. Soal selca. Self-camera. Atau kalau di Indonesia, dikenal sebagai selfie. Beda sama mereka, aku masih malu-malu untuk upload foto selfie-ku sendiri.

Tapi yang itu sih, tak terlalu mengganggu sebetulnya. Kadang enak juga, lho, jadi sosok misterius itu. Mengasyikan pas menyaksikan beberapa orang jadi bertanya-tanya soal wujud asli kita. Ha-ha-ha.

Hal yang paling bikin aku iri dari satu-dua blogger: saat blogger-blogger itu benar-benar bisa mempraktekkan 'be yourself' dalam kehidupan mereka di dunia maya.

 Itu yang aku masih kesulitan untuk sepenuhnya dipraktekkan. Aku terlalu banyak pertimbangan sih. Takut dibaca orang tua. Takut salah. Takut menyinggung orang lain. Takut ini. Takut itu. Halah. Ternyata pede itu nggak gampang yah!

難しねえ。。。

Comments

  1. Yaaah, gue pikir iri ama blog gue juga. *ngarep* Hahaha. Yap, be yourself, only be yourself, gue juga lagi mulai nulis pake hati sih, jujur apa adanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang gue juga suka iri sama lo, hahaha.... Ada beberapa poin yang gue cemburuin. Lol.

      Delete
  2. Oh tk tom ku, tau lah. Kalo irinya dampak positif, why not? Tp kudu siap dg smua konsekuensinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya sudah cukup melegenda di blogsphere sih, hahaha....

      Yup siap-siap aja sama konsekuensinya...

      Delete
  3. Lo nggak iri kan sama blog gue, nuell? hahaha


    Oh, TK emang kece! Tapi gue udah lama bgt sih nggak nengok blog doi.

    Btw, dari awal gue ngeblog sampe sekarang pun gue berusaha untuk bertransformasi sih. Dulu gue juga suka blak-blakan curhat tapi kesini-sini gue malah geli sendiri hahahaha kesannya gue nyebarin aib diri sendiri. Malu :3
    gue pengen bikin postingan yang setidaknya dapat bermanfaat buat orang lain namun tetep "gue banget"

    Kalo lo perhatiin blog gue, gue pun masih suka plin-plan sama gaya bahasa wkwkwk
    kadang pake "aku", kadang "saya", kadang juga "gue".

    Menjadi diri lo sendiri itu nggak hina kok, ya kalopun lo belum nemu "diri lo" di blog, ya nggak apa-apa. Lama-kelamaan juga pasti lo bakal nemuin kok. :))
    Setiap orang pasti punya ciri khas mereka masing-masing, dan itu yang bikin jadi unik.

    Tetep semangat ya, nuell! Lo juga kece kok, setidaknya lo udah punya buku solo sedangkan gue... hmm, bentar gue mikir dulu hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebetulnya udah sih. Cuma baru sadar, setahun belakangan ini, kok tulisan-tulisan di blog nggak kayak gue banget, hahaha....

      Delete
  4. Emang banyak kok blogger yang bikin iri, kadang kita pengen kaya mereka, tapi apa daya kita tak mampu. Mungkin istilah iri tanda tak mampu itu memang benar apa adanya hha

    ReplyDelete
  5. Cie misterius cie.
    Hmm si TK itu blognya udah bagus tapi kenapa nggak pake domain aja ya. :D

    ReplyDelete
  6. Wajar, Nuel. Kadang aku jugak ngerasa gitu kok. Hihihi.. :P

    Paling jatuhnya ngebagusin blog en bikin postingan yang baek aja sik. Passionnya apa, kan beda-beda.. :D

    ReplyDelete
  7. tau,,,tau aku TK pernah dapat hadiah dari dia soalnya hehehe. Aku kalau bw pasti mampir ke blogny ajuga. Aku ngiri sama dia enak bener jalan jalan terus :-D

    ReplyDelete
  8. ih saya juga penggemar blog TK alias tikey .. seneng banget bacanyaa apalagi banyak cerita trip ke bali atau hongkong atau singapore kan kereeeen .. tiap hari adalah wajib bagi saya buka blognya kali aja ada postingan baru nya .. apalagi dia kan suka disney ganyangka juga cowo suka princess atau mickey mouse .. saya juga stalker dia di instagram nyaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, baca blognya itu emang jadi hiburan tersendiri. Menghibur banget emang TK itu. Cocok jadi entertainer, hahaha....

      Delete
  9. Setiap orang punya gaya dan preferensi sendiri-sendiri.
    Buat curhat blak-blakan biasanya nulis di blog sampingan. Kalau buat di blog utama biasanya saya sih rada maen aman.

    Baru tau blog TK ini, emang sih yg suka jalan-jalan mah selalu sukses bikin ngiri.

    ReplyDelete

Post a Comment

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^

PLACE YOUR AD HERE

PLACE YOUR AD HERE
~ pasang iklan hanya Rp 100.000 per banner per 30 hari ~