Thursday, January 9, 2014

Possessed yang Lucu Sekaligus Seram


Bicara soal film horor, ada tiga negara yang lihai membuatnya: Jepang, Amerika Serikat, dan Thailand. Ada sebuah selorohan nakal terkait horor yang dihasilkan. Itu: "Kalau horor Jepang itu biasanya penampakan hantunya berupa tangan-tangan atau separo badan. Kalau horor Amerika (baca: Hollywood), penampakannya itu munculnya hanya sekilas. Kalau Thailand, penampakannya itu seluruh fisik."

Bicara soal film  horor Thailand, negara itu memang cukup maestro. Sudah bukan sebuah rahasia lagi, film-film horor dari negara tersebut banyak diincar oleh para pecinta film horor. Para sineasnya sungguh patut diacungi jempol. Bahkan kekreativitasan mereka memang luar biasa. Bisa mencampur-adukan unsur horor dengan komedi dengan porsi nyaris seimbang. Satu sampel film horor yang dimaksud adalah Possessed.











Film yang dirilis pada 14 November 2013 di Thailand ini bercerita mengenai sekelompok mahasiswa di sekolah perfilman yang tengah bikin sebuah project untuk tugas akhir. Mungkin karena sinting atau sok profesional, mereka bikin film horor dengan syuting langsung di sebuah pemakaman. Jadilah Book, Ying, Jern, Off, Pain, dan Japan berangkat ke sebuah pemakaman. Tak hanya itu saja, ikut pula Ji - gadis yang merupakan sepupu dari salah seorang. Juga turut ikut seorang model bernama Dae.

Nah keenam mahasiswa/i itu benar-benar sudah berpikiran liberal. Tidak lagi percaya yang namanya tahayul, mistis, atau hal-hal spiritual lainnya. Banyak sekali pantangan yang mereka langgar dengan seenak jidat. Seperti mencat pilok foto seseorang di batu nisan, buang air kecil di makam orang, dan parahnya meminjam peti mati yang berisi jenazah. Soal peti mati itulah yang jadi konflik di film ini.

Book diberikan mandat untuk mencari peti mati. Namun susah sekali menemukan peti mati yang bisa dijadikan properti. Yang ia temukan hanyalah peti mati yang ada jenazahnya. Oleh si penjaga pemakaman, ia diijinkan untuk mempergunakannya - tapi dengan syarat. Syarat-syaratnya itu: saat menggontong makam, tidak boleh jalan mundur; makam juga tak boleh seenaknya dijatuhkan, plus harus segera dikembalikan. Dasar anak muda. Semua larangan itu malah dilanggar. Alhasil mereka harus mengalami peristiwa horor yang dimulai dari kesurupannya Ji, gadis aneh nan misterius. Ji kerasukan hantu kakek yang lancar bicara Mandarin. Mereka terus diikuti dan diganggu. Bahkan harus berurusan dengan biawak dan binatang-binatang buas lainnya. Di tengah-tengah itu, mungkin karena saking ketakutannya, mereka sempat mengira si penjaga makam itu zombie. Konyol.

Secara keseluruhan, Possessed ini sungguh digarap secara apik. Tata suara, tata visual, make-up, wardrobe atau efek spesial memang luar biasa. Bicara soal tata suara, efek-efek suaranya benar-benar pas untuk menciutkan nyali. Tak ada efek suara berlebihan. Krunya sungguh dapat membuat jantung berdebar-debar. Tata visualnya sungguh bikin bulu roma merinding. Pokoknya untuk bagian sinematografi, tak perlu diragukan. Apalagi bukan itu yang menjadi kelebihan utama film ini. Yang bikin film horor ini layak sekali ditonton itu karena kelihaian sutradaranya, Pakphum Wongjinda, dalam hal mengemas Possessed menjadi film horor yang harus ditonton dan dikenang.

Sutradara tersebut sukses meramu unsur horor dan komedi menjadi satu bagian bernama Possessed. Tak ada komedi yang berlebihan, pula tak ada horor yang berlebihan. Semuanya memiliki porsi seimbang. Di awal film, kita masih bisa dibikin tergelak melihat aksi-aksi konyol sekelompok mahasiswa tersebut. Namun di tengah film, siap-siap saja merinding menyaksikannya. Bersiap juga dibuat terkaget-kaget karena efek suaranya. Parahnya lagi, di saat kalian masih gemetaran, brengseknya si sutradara malah bikin aksi-aksi yang bersifat komedi. Perasaan takut dan ingin ketawa bercampur selama menonton Possessed.

Sepertinya para sineas horor Indonesia perlu belajar dari film komedi-horor yang satu ini. Sebab, kebanyakan film horor Indonesia itu bisa dibilang gagal total. Jarang yang seramnya maksimal. Kalau bukan bikin horny, yah bikin ngakak. Sepertinya kita bakal lama menemukan horor Indonesia dengan ramuan seunik Possessed ini - yaitu komedi dan horor memiliki porsi seimbang.


RATE: 100

Genre: Horor, Komedi
Sutradara: Pakphum Wongjinda
Pemain: Peem Parkin, Apittha Klaiudom, David Asavanond, Kanyapatch Thananchaikarn, Pasatorn Songthawornthawee, Pramote Thianchaikerdsilp, Chayarop Pratit, Panupan Jantanawong
Bahasa: Thai