10 Most Recommended Movies - Episode: January

















Immanuel's Notes membuat gebrakan baru. Sejak 2014 ini, tiap bulan, aku akan memberikan sederet film yang harus kalian tonton. Dan inilah sepuluh film - untuk episode Januari ini - yang layak sekali kalian tonton. Check it out!

Oh yah, urutannya acak. Tak berdasarkan kualitas.



1. ATM Er Rak Error
Ide ceritanya lumayan. Tentang seorang pimpinan sebuah bank yang memberlakukan no dating rule di kalangan karyawan bank. Nah kelak aturan itu jadi penghalang cintanya terhadap bawahannya. Berikutnya, karena suatu insiden berupa ATM, hubungan cinta terlarang tersebut bakal diuji dan malah menyadarkan sikap kelirunya  selama ini.
RATE: 100










2. My Name is Love
Masih film Thailand nih. Tentang sebuah usaha mak comblang begitu. Ada sebuah perusahaan mak comblang (yang fiktif tapi nyata) itu sukses menjodohkan banyak pasangan, termasuk yang homoseksual sekalipun. Tapi kelak perusahaan itu mendapatkan cobaan setelah salah seorang karyawan malah jatuh cinta dengan salah seorang klien.
RATE: 100







3. Koizora
Ini film Jepang. Tentang seorang murid perempuan bernama Mika Tahara yang berpacaran dengan cowok aneh bernama Hiroki Sakurai. Awal mereka berpacaran karena ponsel Mika jatuh dan ditemukan Hiro. Mereka saling kenal, bercanda, dan.... klop, pacaran deh. Hubungan mereka sungguh unik. Penuh lika-liku. Cobaan terberat adalah saat Mika yang keguguran (dia hamil di usia muda). Hiro jadi depresi. Tambah depresinya lagi, Mika tertangkap basah sewaktu tak sengaja mencium teman Hiro. Hubungan mereka jadi renggang. Bertambah renggang saat Mika menjalin hubungan dengan seorang mahasiswa. Tapi kelak Mika akan kembali ke pelukan Hiro saat tahu ternyata cowok itu mengidap kanker. Si cowok itu sebetulnya masih mencintai Mika. Ia hanya pura-pura bersikap dingin pada Mika.
RATE: 100









4. In His Chart
Masih film Jepang. Tentang seorang dokter yang menghadapi dilema. Dr. Ichito Kuriharai harus menghadapi dilema antara pindah ke rumah sakit yang lebih besar di daerah lain demi mimpi dan keluarganya atau tetap di klinik di kota kecil tersebut. Pada akhirnya, dokter Kuriharai sadar bahwa pasien dan kehidupan di klinik tersebut jauh lebih berharga daripada mimpinya untuk sekolah spesialisasi.
RATE: 100









5. Over The Border
Ini film Korea. Bercerita soal Kim Sun-Ho, pemain terompet yang awalnya bekerja di militer Korea Utara. Demi penghidupan yang baik, ia rela ikut keluarganya ke Korea Selatan. Namun buntutnya, hubungannya dengan wanita yang dikasihi jadi harus dikorbankan. Meskipun selama beberapa tahun tinggal di Korea Selatan, juga sudah menikah, ia tetap tak bisa melupakan Yeon-hwa. Tiap ada berita soal Korea Utara atau kasus warga sana yang menyeberang ke Korea Selatan, ia selalu tertarik. Hingga akhirnya, ia nekat mencari Yeon-hwa sendirian. Berikutnya, tanpa diketahui istrinya, ia menjalani semacam affair dengan Yeon-hwa.
RATE: 100









6. My Son
Film Korea Selatan ini tentang seorang narapidana yang dipenjara selama sepuluh tahun karena kasus pembunuhan. Selama sepuluh tahun itulah, ia meninggalkan anak lelakinya yang masih kecil. Saat mendapatkan kesempatan sehari bertemu anak semata wayangnya, ternyata yang ditemuinya itu bukan anaknya. Itu sahabat anaknya. Anaknya sendiri sudah lama meninggal, sesaat akan bertemu dirinya di penjara. Sahabat anaknya itu yang merawat ibunya.
RATE: 95 (Nilai hanya 95, karena ada beberapa bagian yang membingungkan. Itu seperti soal istrinya. Tak mendapatkan petunjuk soal istrinya)










7. Cracked Eggs and Noodles
Lagi-lagi film Korea Selatan. Kali ini tentang seorang pemuda urakan bernama Dae-Gyu yang kedatangan seorang anak kecil ke apartemennya. Anak ini, walau membawa kesulitan ke dalam hidupnya, ternyata itu anaknya dari kekasihnya. Dulu sekali, ia pernah meminta sang kekasih agar menggugurkan janin karena belum siap jadi ayah. Namun sang kekasih tak mau - dan mereka putus. Setelah sekian lama, anak itu datang padanya sendiri; sementara sang ibu sudah meninggal. Anak itu sendiri ternyata mengidap kanker. Di saat seperti itulah, ia sadar akan kesalahannya dulu.
RATE: 90 (Kekurangannya itu hanya di judul. Mengerti sih maksudnya judulnya itu. Namun tak menemukan koherensi antara judul dan isi film secara keseluruhan. Plus ada beberapa bagian juga yang janggal)










8. Good Morning President
Sekali lagi ini film Korea Selatan. Idenya luar biasa. Jarang sekali ada yang membahas soal kehidupan presiden negara secara khusus. Film ini sendiri menceritakan sebetulnya tentang seorang koki. Koki ini bekerja di istana kepresidenan Korea Selatan - dan sudah membantu menyelesaikan masalah pribadi tiga orang presiden beda generasi. Pesan yang tersirat memang bagus: bahkan presiden sekalipun punya masalah di luar tugas kenegaraannya. Tapi kalau dicermati baik-baik, ada kelemahan fatal dalam film ini. Mengapa seorang koki bisa bekerja sekian lama di istana kepresidenan? Apalagi jabatan presiden itu cukup lama, bukan? Tapi tak apa. Karena ada pesan lainnya: soal pengorbanan yang harus dilakukan demi sesuatu.
RATE: 95










9. Radio Star
Film Korea Selatan ini tentang seorang bintang rock yang bermasalah, bernama Choi-Gon. Karena banyak skandal yang menimpanya, namanya jatuh. Saat hendak mencoba balik ke dunia hiburan, telah banyak artis muda yang tentunya tak mudah untuk bersaing. Di kala depresi itulah, manager setianya membantu untuk membakar semangatnya. Oleh sang manager, ia diperintahkan untuk pergi ke sebuah kota kecil untuk menjadi sebuah penyiar radio. Awalnya tak mudah, tapi kelak namanya bisa bersinar kembali.
RATE: 100











10. Mr. Idol
Film Korea Selatan ini bercerita tentang perjuangan Goo-Joo, seorang eksekutif musik, membentuk sebuah idol group. Di sini, kita sedikit dibukakan mata bagaimana sebuah idol group atau boy/girlband dibentuk. Tak mudah. Apalagi harus menyatukan beberapa bakat dengan latar belakang yang berbeda-beda. Terlebih untuk Goo-Joo. Banyak sekali rintangan yang harus dilewati. Selain harus menyatukan visi-misi tiap personelnya, ia harus berhadapan pula dengan latar belakang tiap personel yang akan menjadi santapan infotainment.
RATE: 100











PS:
* Di sini, nyaris semua film mendapatkan nilai 100, karena aku lebih memperhatikan alur. Soal sisi sinematografi atau akting, tak terlalu mengecewakan juga. Sungguh digarap dengan baik. 
** Sumber gambar itu bisa dilihat dengan mengklik kanan gambar yang bersangkutan. Namun kebanyakan memang diambil dari AsianWiki. 

Comments

  1. Cuma koizora yang pernah gw tonton brow... gak demen nonton film Korea hhe... klo film Jepang mau sehari 5 film juga abis haha... btw, postingan terbarunya kok gw klik dari blog sebelah tau2 nggak ada ya? dihapus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang mana yah? Mungkin iya. Btw lain kali buka aja dari G+, biar amannya. Hehehe

      Delete
  2. Wah, film Asia semua nih. Boleh juga coba tonton rekomendasi filmnya hehe :)

    ReplyDelete
  3. uwooo nilainya tinggi tinggi. oke oke... nanti aku coba nonton.
    ada baiknya tambahin genre dan tahun rilis. biar aku sedikit tau informasi tentang film itu.
    trimakasih sudah menonton film korea :D
    btw pernah nonton Dramanya gak? ^o^
    aku rekomendasi film romance fantasy asal korea nih "A WEREWOLF BOY" (2012). filmnya bagus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aarghhhh!!!! Minggu lalu diputar di Net, aku malah ketiduran di tengah filmnya. -_-

      Semoga diputar lagi nanti. :)

      Delete
  4. Perlu di cari ni DVDnya. hehehe film korea memang top banget.

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Belum ada yang harus ditulis di sini, Bro... Masih seringnya nonton yang Asia aja dulu. :D

      Delete
  6. ATM emang ga pernah bosen buat ditonton.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget.... Plus itu film gila banget dah. Serius banget digarap, ampe libatin buaya segala. :D

      Delete
  7. dari 10 film
    baru nonton koizora sama atm
    klo yang atm itu nonton, lucu tapi weird ya
    ato mungkin emang saya yang weird dalam menonton ya
    hahahaha

    ReplyDelete
  8. itu.. yang thailand yang pertama, oom.. pemeran ceweknya kok kaya tetangga gue yang pas waktu kecilnya pernah maen dokter2an sama gue yak?? :D

    ReplyDelete
  9. hahhahaa...
    ATM masuk jadi list nomer satu...

    mas ada lagi yang bagus lho,,,, yang menurutku bisa masuk list...
    http://zonesa.blogspot.com/2013/09/review-now-you-see-me-kini-kau-melihatku.html
    http://zonesa.blogspot.com/2013/02/youre-apple-of-my-eye.html
    http://zonesa.blogspot.com/2011/08/kinky-boots.html

    ReplyDelete
  10. saya penasaran pengen nonton film ATM er rak eror, ini film thailand ya? film thailand terakhir saya tonton "crazy little thing called love" romantis banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu pernah nonton - diputar di RCTI, tapi nggak terlalu terkesan. Agak pasaran ceritanya Crazy Little Thing. Hehehe.

      Delete
  11. aaah sukaaa<3 untuk refrensi nonton. btw ini kalau gak dapet dvdnya nonton dimana bang nuel? yang bisa di donlot laaah ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini sebagian nonton lewat situs streaming. Ada juga yang nonton di TV. Feeling sih, sebagian besar film Korea itu pasti ada di Youtube. Coba deh cari. Hehehe. Atau search aja di Google. Kalau hoki, lu bisaa nonton via streaming. :)

      Delete
    2. udah nonton ATM. gokil. ngakak guling-guling! hahaha. idenya bagus ya

      Delete
  12. pemeran ceweknya kok kaya tetangga gue yang pas waktu kecilnya pernah maen dokter2an sama gue yak?? :D

    ReplyDelete
  13. Wow, sungguh sebuah gebrakan yg dahsyat! *lebay dikit :p

    Sebulan bisa nonton sepuluh kali, ya. Sepertinya Mas Nuel ini benar-benar penggemar film, hehe..... Kalo saya paling pol delapan film. Tapi rencananya mau saya tingkatkan lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... Nggak juga kok. Itu udah lama juga nontonnya. walau ada yang baru-baru ini nonton. Cuma keinget nulis reviewnya baru sekarang. LOL

      Delete
  14. asik bisa jadi referensi film-filmnya buat didonlot :)

    novelku ceritanya tentang seorang perempuan yg harus berhadapan kembali dengan mantan kekasihnya sewaktu SMA. mantan kekasihnya itu kini adalah atasannya di tempat kerja yang baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. O gitu... Oke tar kalau ada kesempatan, pasti kubeli salah satu bukumu. :)

      Delete
  15. mas ini penggemar film korea ternyata... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak juga sih... Cuman karna banyakan nonton Korea, yang direview kebanyakan film-film Korea.. Hehehe

      Delete
  16. ah elah pilem gituan semua
    ga ada yang dar der dor ya, om..?
    :D

    ReplyDelete
  17. Kalau akau lebih suka nonton film korea daripada film jepang

    ReplyDelete
  18. Banyak yang masuk list buat didownload :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^

PLACE YOUR AD HERE

PLACE YOUR AD HERE
~ pasang iklan hanya Rp 100.000 per banner per 30 hari ~