Friday, July 26, 2013

10 Most-Memorable of Mangas


Manga. Sudah tahu kan apa itu manga? Itu lho bahasa Jepang untuk komik. Dan kalau manga divisualisasikan, namanya anime. Tambahan, manga dan anime itu biasanya untuk semua komik dan kartun dari Jepang sana.

Nah berbicara soal manga, akhir-akhir ini sudah lama sekali tak baca manga. Sorry and no offense, aku hilang selera dengan manga yang beredar sekarang ini. Jarang sekali ada yang bikin tertarik selain dari kesepuluh manga yang paling layak diingat - versiku. Apa itu? Check it out!




1. Doraemon

Bagi semua yang masa kecilnya berlangsung di era 1990-an, pasti akrab sekali dengan manga yang satu ini. Manga yang non-petualangannya mentok di volume 45. Habis itu, tanpa ultima. Dan menurut opini dangkalku, Doraemon itu membekas sekali karena kesederhanaan ceritanya. Komiknya punya unsur moral tapi tanpa maksud menggurui. Oya, komik robot kucing ini sendiri merupakan gambaran dari kehidupan anak-anak Jepang di era 70an dan 80an. Buktinya: tak ada ponsel dan tokoh perempuannya masih mengenakan rok.




2. Dragon Ball Z

Dragon Ball ini menceritakan tentang kehidupan seseorang dari planet Saiya bernama Son Goku. Konon, Son Goku ini dikirimkan ke Bumi setelah planetnya dihancurkan oleh Freeza, dkk. Goku dikirim demi tujuan busuk bangsa Saiya, yaitu menguasai Bumi. Namun seiring berjalannya waktu, Goku yang tiba ke bumi dalam bentuk bayi ini malah jadi akrab dengan makhluk Bumi dan melawan bangsanya sendiri. Ia bertarung habis-habisan dengan Bezita, dkk yang datang ke Bumi untuk satu tujuan.

Komik Dragon Ball Z ini berakhir di volume 42. Itu merupakan kisah Goku, Bezita, Kaioo, dan Mister Satan yang berjuang untuk menumpas Bhu. Walau berakhir, Toriyama-sensei melanjutkan ceritanya dalam Dragon Ball GT. Bahkan selain buatan Toriyama-sensei, ada pula versi lain dari Dragon Ball.




3. Kungfu Boy


Komik ini menceritakan tentang jago wushu asal China bernama Chinmi. Oleh Maekawa-sensei, komik ini dibuat berlatar China. Bahkan dia sampai benar-benar riset ke China langsung, lho, agar para pembacanya serasa di China. Hehehe. Kungfu Boy ini berakhir sampai di volume 37, dimana diceritakan Chinmi akhirnya berhasil jadi ahli kungfu. Oya, untuk menambah informasi, kungfu itu orang yang mempraktekkan wushu. Nama bela dirinya itu wushu.




4. Ninja Hattori

Komik ini masih buatan tangan almarhum Fujiko-sensei. Ceritanya tentang seorang ninja cilik bernama Kanzo Hattori yang sampai sekarang masih bingung - kenapa mampir ke rumah bocah SD bernama Kenichi Mitsuba. Setelah kedatangan Kanzo, Shinzo, dan peliharaannya, Shishimaru, kehidupan Kenichi berubah total. Apalagi setelah rival Kanzo yang bernama Kemumaki bersekolah di SD yang sama dengan Kenichi. Berbicara soal akhir cerita, jujur, aku kurang tahu. Sepertinya, waktu masih SD dulu, manga ini kalah saing dari Doraemon yang sudah lebih dulu beredar.



5. Sailor Moon


Komik ini dibuat oleh Naoko Takeuchi - dan menceritakan tentang Usagi Tsukino yang rupanya itu merupakan ksatria perempuan dari Bulan. Usagi, dkk dikirim ke Bumi untuk menumpas kekuatan jahat. Nah, sewaktu terlahir kembali menjadi manusia Bumi, Sailor Moon atau Putri Serenity yang tadinya seorang putri anggun malah jadi remaja yang konyol dan pecicilan. Dan Sailor Moon berakhir di volume 18.

Anehnya, walau tokoh-tokoh dalam manga ini jelas-jelas remaja dan ceritanya murni untuk remaja, di Indonesia - malah dibaca oleh anak SD. Dari grafiknya juga tak layak dilihat anak-anak. Kan banyak tuh tokoh-tokoh perempuan be-rok mini. Yah tapi wajar sih. Soalnya di Indonesia, sudah lama sekali komik itu identik dengan dunia anak-anak. Walau di Jepang sana, komik punya klasifikasi usia; di Indonesia, klasifikasi usia untuk komik, hingga sekarang ini, masih useless. Para pembaca komik yang beusia >17 tetap saja diremehkan; dianggap belum dewasa.




6. Kobo Chan
Kobo Chan photo KoboChan.jpg


Manga yang dibuat oleh Masashi Ueda ini benar-benar pangsa pasarnya untuk anak-anak. Pertama, tokoh utamanya masih anak TK. Kedua - dan terakhir, ceritanya ringan sekali dan cenderung sedikit menggurui. Penuh dengan sindiran.Lalu tiap volumenya itu selalu terdiri dari banyak cerita yang hanya memiliki empat kotak saja. Kebanyakan komik yang pakai sistem empat kotak seperti ini memang komik-komik jaman baheula. Apalagi latar dari manga ini saja ialah Jepang era 80-an, dimana perempuannya masih pakai rok.




7. Dr. Slump


Manga lainnya buatan Toriyama-sensei. Manga ini menceritakan mengenai seorang profesor yang mata keranjang bernama Senbei Norimaki. Senbei-kun ini hidup di Desa Penguin, sebuah desa dimana penduduknya itu adalah manusia dan binatang yang bisa berbicara. Nah Senbei-kun yang akrab disapa Dr. Slump ini lalu menciptakan robot anak-anak bernama Arale. Awalnya ia berharap Arale bisa jadi anak yang manis dan bisa jadi penyemangatnya dalam berkarya. Nyatanya, Arale ini nakalnya nggak ketulungan. Senbei-kun sering dibikin pusing sama semua ulah Arale. Tapi wajar sih, Senbei-kun-nya saja gila cewek, yah otomatis... buah tak jatuh dari pohonnya, deh. Hehehe.

Jika kalian penggila Dragon Ball, pasti tahu manga ini tadinya bagian dari pendahulunya, Dragon Ball Z. Di nomor-nomor awal Dragon Ball Z itu diceritakan bahwa Goku yang mengejar Jenderal Blue, akan mendarat di Desa Penguin. Karena penduduk Desa Penguin yang masih kampungan, semuanya keheranan melihat Goku dan Jenderal Blue.




8. Detektif Conan

Manga ciptaan Aoyama-sensei ini sudah ada di awal 2000-an dan masih ada hingga sekarang ini. kalau di toko buku, manga ini baru sampai volume 73; tapi kalau di intenet, volumenya jauh dari itu. Dan manga ini menceritakan mengenai seorang detektif SMA bernama Shinichi Kudo yang mengecil karena APTX 4869 buatan ilmuwan yang masih gadis bernama Shiho Miyano alias Ai Haibara - yang bekerja untuk Black Organization. Karena obat itulah, hubungan cintanya dengan Ran Mouri jadi menggantung. Ia bahkan belum sempat bilang cinta ke sahabat masa kecilnya itu. Eh salah ding, kelak nanti juga bakal diceritakan Shinichi menembak Ran di London. Hehehe.

Oya, ketimbang manga-manga yang sudah disebutkan sebelumnya, manga yang satu ini benar-benar berlatar Jepang masa sekarang. Tokoh-tokoh perempuannya sudah jarang mengenakan rok dan sudah ditemukan penggunaan ponsel.




9. Crayon Shinchan

Manga yang satu ini menceritakan mengenai seorang anak TK yang sama seperti Kobo Tabata alias Kobo Chan. Hanya saja, Nohara Shinosuke a. k. a. Shinchan ini nakalnya super ekstra kuadrat. Kelakuannya itu.... bahkan ada yang mengira Shinchan ini orang dewasa berwujud anak TK. Sudah mirip Om-Om Senang. Hehehe. Di negara asalnya, Crayon Shinchan sempat diprotes para ibu rumah tangga - karena dinilai tak bermoral.

Oya, Crayon Shinchan ini bernasib sama dengan Doraemon. Mangaka-nya, Yoshito Usui sudah berpulang. Beliau dikabarkan meninggal karena jatuh dari jurang. Padahalnya ceritanya itu semakin ramai, lho.




10. ....
Seperti kebiasaan pemilik blog sebelumnya, urutan kesepuluh dikosongi. Sengaja dikosongi untuk memberikan tempat kepada para pembaca untuk menyebutkan satu manga yang menurut kalian paling memorable. Ayo disebutkan! Hehehe





* Sumber gambar, silakan diklik gambar yang bersangkutan

8 comments:

  1. Ninja Boy

    Rantaro, Kirimaru, dan Shinbe
    Tiga orang sahabat
    Belajar di perguruan Ninjutsu
    Menjadi murid Ninja Boy

    Cita-citanya sungguh tinggi sekali
    Apa pun dia hadapi
    Meskipun penuh rintangan menghadang
    Tak gentar dalam hatinya ...

    wekekek :D
    ternyata gue masih inget lirik Opening nya :v

    ReplyDelete
  2. yang ke sepuluhnya… inuyasha!!! :D
    Kalo dari 9 yang ada di postingan, gua paling demen detectif conan sama shincan sama sailoor moon hihi :3

    ReplyDelete
  3. Wkwkwk.. Berarti kita seangkatan ye,, tambah ah satu lagi, si botak hagemaru tuh kocak.. :D

    ReplyDelete
  4. hiyaaaaaan bener2 memorable semua itu judul manganya :D kobo-chan sukaaaa, sailormoon aku ngefans duh nostalgia sekali deh :D dr.slump paling yang ak belum baca >.<

    ReplyDelete
  5. Yang kesepuluh saya isi dengan GTO (Great Teacher Onizuka).

    Kalau yang kesebelas, Salad Days, hehe.... :D

    ReplyDelete
  6. kariage kun bro.. kembarannya kobo chan :D

    ReplyDelete
  7. Aaaa... dokter slump
    kepala besar-kepala besarrr TIDAAKKKKKK!

    ReplyDelete

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^