Saturday, February 23, 2013

10 Fakta dari Cerita Anak yang beredar


1. The Pied Piper
Kisah seorang peniup seruling yang dibayar oleh warga desa untuk membawa tikus-tikus keluar dari desa dengan tiupan serulingnya. Ketika dia meminta gajinya, warga tidak membayar. Karena itu, dia memutuskan untuk membawa anak-anak keluar dari desa itu, sampai dia dibayar; lalu digiring ke sungai dan dicemplungkan ke danau.

2. The Little Mermaid, by Hans Christian Andersen
Versi Disney: Ending-nya adalah pernikahan antara putri duyung dengan pangeran.
Versi asli: Putri duyung kehilangan suara, dan untuk menebus suaranya, ia harus membunuh sang pangeran. Namun ia tak mau dan lebih memilih bunuh diri dan jadi buih.

3. Little Red Riding Hood
Percaya atau tidak, tidak ada tokoh penebang kayu dan nenek di hutan. Ending-nya itu si gadis berkerudung merah mati dimakan serigala.

4. Snow White
Sang ratu meminta paru-paru dan hati Snow White; bukannya jantung. Selain itu, ending-nya, Snow White bangun bukan karena ciuman pangeran; melainkan ia dibawa pangeran ke kerajaannya dan saat di perjalanan, ia 'terbangun' karena terbentur. Sang ratu mati karena dipaksa berdansa dengan sepatu besi panas.

5. Putri Tidur (Sleeping Beauty)
Putri Tidur tertidur karena ramalan; bukan karena kutukan. Dan selama tertidur, ia diperkosa raja, hamil, dan melahirkan. Ia terbangun karena salah satu anaknya menggigit jarinya.

6. Goldilocks And Three Bears
Yang kita tahu, si anak itu berhasil kabur dari rumah beruang. Padahal aslinya, si anak kecil dicabik-cabik oleh keluarga beruang sampai habis. Versi lain mengatakan si anak kecil lompat dari jendela dan lehernya patah.

7. Rumpelstiltskin
Kisah ini adalah kisah sedih tentang cinta yang tak terbalas. Di versi asli, Rumpelstiltskin bunuh diri dengan cara merobek dirinya sendiri menjadi dua bagian.

8. Cinderella
Versi aslinya, dua saudari tiri Cinderella memotong tumitnya agar sepatunya muat di kaki. Pangeran lalu tahu hal ini dari burung-burung merpati yang mematuki mata para saudari tiri Cinderella sampai buta. Mereka akhirnya jadi pengemis.

9. Hansel And Gretel 
Tidak banyak yang tahu bahwa versi asli mengatakan Hansel dan Gretel dibuang oleh orangtua mereka ke hutan karena doyan makan sampai menghabiskan persediaan makanan keluarga. Orangtua yang membunuh anak sendiri.

10. (...) -->> Sebutkan satu cerita yang anda tahu versi asli atau versi lain dari yang beredar di masyarakat!



sumber: @clara_ng

23 comments:

  1. Baru tahu tentang Snow White. Emang lebih realistis ya kalo merujuk cerita aslinya, juga lebih mendidik karena gak ada ciuman-ciumannya. :D

    ReplyDelete
  2. kisah aslinya kebanyakan kisah adult

    ReplyDelete
  3. hiii serem2 ya aslinya ternnyata

    ._.

    ReplyDelete
  4. He? Emang sumber kisah aslinya itu darimana? Aku pikir ceritanya emang seperti yg dibuat Disney, ceritanya begitu, penuh imajinasi, moral dan happy ending, yang bertujuan untuk hiburan penggemarnya/ pengantar tidur anak2 (versi buku-buku dongengnya) :D :D #salahkaprah

    ReplyDelete
  5. paling bagus sih Hansel & Gretel, sampai di buat versi baru'a lagi

    ReplyDelete
  6. @ Ocky:
    Kecuali Little Mermaid, kebanyakan cerita ini merupakan cerita rakyat di Eropa sana, setahuku. Jadi agak sulit mau cari versi aslinya. Sama kayak di sini yang ada kisah Sangkuriang, Malin Kundang, atau SI Kancil... :)

    ReplyDelete
  7. Tangkuban Perahu mungkin mas...
    atau legenda rawa pening....
    :)

    ReplyDelete
  8. @ Dihas:
    Versi lainnya itu gimana, Has?

    ReplyDelete
  9. aku suka banget sama clara NG apalagi dia juga menulis cerita untuk anak2

    ReplyDelete
  10. duh aslinya byk yg gk hepi ending..

    ReplyDelete
  11. wah..saya jg baru tahu cerita aslinya kyak gitu. Saya rasa orang2 sudah mempersepsikan ending cerita trsbut adalah sesuai dngan film2 yg sudah mereka tonton.

    ReplyDelete
  12. Gw kok baca versi aslinya malah jadi nggak bisa ngayal dunia anak2 ya haha.. beda banget abisan...

    kalo yg 7 kurcaci cerita apa dah brow?

    ReplyDelete
  13. kok cerita luar semuanya, yang indonesia punya nggak dimasukkan sob

    ReplyDelete
  14. Wah saya lebih paham yang versi Disney, itu aja cuma sepotong2 :)

    ReplyDelete
  15. Lama tidak jalan2 kesini yah... setidaknya sekarang sudah lebih rapi :)

    tentang putri tidur, gimana caranya dia hamil padahal kan tidak pernah makan, pasti dia butuh banyak gizi ketika mengandung :)

    ReplyDelete
  16. @ Ferdinand:
    7 kurcaci? Maksudnya Snow white? Kayaknya ada deh di versi aslinya... Hehehe

    ReplyDelete
  17. @ Yitno:
    Gak tahu deh kalau lokal... Setahuku juga, cerita2 lokal jarang ada versi2 lainnya... Mas tahu?

    ReplyDelete
  18. sekarang mah pada beda mana yg asli dan mana yang jadi versi bhong nya

    ReplyDelete
  19. sulit bedain nya karna kebanyakan org tau yg versi baru

    ReplyDelete
  20. Udah lama gak main kesini,.. Apa kabar nuel... Hahahaha

    Post kali ini TK suka banget soalnya berbau fairy tale...

    Dan kenyataanya memang seperti itu... Dongeng2 itu aslinya memang serem serem... Dan seiring perkembangan jaman ceritanya berubah... Karena disesuaikan dengan perkembangan manusia juga...

    Jaman dulu dongeng dongeng diciptakan untuk menakut-nakuti anak-anak agar mereka gak nakal dan nurut sama orang tua... Dan zaman dulu kan hukuman hukuman kriminal juga masih open banget (sadis) kaya di pancung, di gantung dll...

    Nah seiring perkembangan jaman... Gak bisa deh tuh dongeng dibiarkan begitu saja... Cuz anak anak yang ada pada parnoan dan malah membentuk karakter yang negatif... Jadi deh dongeng mulai digubah ke arah yang lebih baik.... Dan thanks buat disney yg menurut TK sangat berhasil mengubah image buruk dari dongeng dongeng menyeramkan itu menjadi dongeng yang indah dan menginspirasi anak anak... Hehehe

    Btw saat ini ada film serial yang berjudul "once upon a time" dimana di film ini kisah kisah dongeng dari seluruh belahan dunia diangkat dan dijadiin satu... Dan cukup keren sih menurut TK... Cuz semua cerita bisa disambungkan satu dengan yang lainnya...

    Dan yg uniknya.., di film ini pihak pembuat film mulai membuat fakta fakta lain dari dongeng dongeng yang ada... Seperti red riding hood itu sebenernya adalah werewolf... Dia menggunakan mantel merah untuk nahan perubahan jadi serigala... Jadi klo mantel dilepas langsung deh jadi serigala..

    Di film ini juga ada kisahnya snow white, sleeping beauty, cinderella, mulan, pinochio, beauty and the beast, captain hook, alice in womderland, hans and gretel, dan lain lain...

    Wihhhh gak berasa TK nulis panjang gini... Hahaaha oke deh segini dulu...

    Jangan lupa ikutan blogiveaway nya TK yah nuel!

    ReplyDelete
  21. Kalo nggak salah ada versi aslinya 3 babi kecil dan serigala, endingnya kan serigala mati karena tercebur ke kuali panas di bawah cerobong asap si babi bungsu, nah versi aslinya serigala di makan oleh 3 babi kecil tadi, semacam kanibalisme gitu..
    Pochahontas juga, endingnya dia berhasil mempersatukan sukunya dan inggris, versi aslinya dia diperkosa sampai hamil dan dibunuh, sadis gan..

    ReplyDelete

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^