Saturday, February 23, 2013

10 Fakta dari Cerita Anak yang beredar


1. The Pied Piper
Kisah seorang peniup seruling yang dibayar oleh warga desa untuk membawa tikus-tikus keluar dari desa dengan tiupan serulingnya. Ketika dia meminta gajinya, warga tidak membayar. Karena itu, dia memutuskan untuk membawa anak-anak keluar dari desa itu, sampai dia dibayar; lalu digiring ke sungai dan dicemplungkan ke danau.

2. The Little Mermaid, by Hans Christian Andersen
Versi Disney: Ending-nya adalah pernikahan antara putri duyung dengan pangeran.
Versi asli: Putri duyung kehilangan suara, dan untuk menebus suaranya, ia harus membunuh sang pangeran. Namun ia tak mau dan lebih memilih bunuh diri dan jadi buih.

3. Little Red Riding Hood
Percaya atau tidak, tidak ada tokoh penebang kayu dan nenek di hutan. Ending-nya itu si gadis berkerudung merah mati dimakan serigala.

4. Snow White
Sang ratu meminta paru-paru dan hati Snow White; bukannya jantung. Selain itu, ending-nya, Snow White bangun bukan karena ciuman pangeran; melainkan ia dibawa pangeran ke kerajaannya dan saat di perjalanan, ia 'terbangun' karena terbentur. Sang ratu mati karena dipaksa berdansa dengan sepatu besi panas.

5. Putri Tidur (Sleeping Beauty)
Putri Tidur tertidur karena ramalan; bukan karena kutukan. Dan selama tertidur, ia diperkosa raja, hamil, dan melahirkan. Ia terbangun karena salah satu anaknya menggigit jarinya.

6. Goldilocks And Three Bears
Yang kita tahu, si anak itu berhasil kabur dari rumah beruang. Padahal aslinya, si anak kecil dicabik-cabik oleh keluarga beruang sampai habis. Versi lain mengatakan si anak kecil lompat dari jendela dan lehernya patah.

7. Rumpelstiltskin
Kisah ini adalah kisah sedih tentang cinta yang tak terbalas. Di versi asli, Rumpelstiltskin bunuh diri dengan cara merobek dirinya sendiri menjadi dua bagian.

8. Cinderella
Versi aslinya, dua saudari tiri Cinderella memotong tumitnya agar sepatunya muat di kaki. Pangeran lalu tahu hal ini dari burung-burung merpati yang mematuki mata para saudari tiri Cinderella sampai buta. Mereka akhirnya jadi pengemis.

9. Hansel And Gretel 
Tidak banyak yang tahu bahwa versi asli mengatakan Hansel dan Gretel dibuang oleh orangtua mereka ke hutan karena doyan makan sampai menghabiskan persediaan makanan keluarga. Orangtua yang membunuh anak sendiri.

10. (...) -->> Sebutkan satu cerita yang anda tahu versi asli atau versi lain dari yang beredar di masyarakat!



sumber: @clara_ng