Tuesday, August 14, 2012

Derrier Les Murs yang alurnya membingungkan


Genre: Thriller/Horror
Sutradara: Julien Lacombe, Pascal Sid
Pemain: Laetitia Casta, Thierry Neuvic, Jacques Bonnaffe, Roger Dumas, ...

Laetitia Casta yang main di film Asterix bareng Roberto Benigni






Film dari negaranya Zinedine Zidane ini adalah film yang menceritakan mengenai kehidupan seorang penulis bernama Suzanne yang pindah dari Paris menuju kota kecil bernama Blassac. Di sana nantinya dia akan hidup di sebuah rumah yang cukup mewah dan di situlah awal dari malapetaka yang menghampirinya. Dikarenakan beberapa hari setelah ia tinggal di sana, ia dihampiri oleh kemunculan hantu anaknya yang meninggal karena sakit. Apalagi itu semuanya makin menggila setelah ia menemukan sebuah dolmen (kubur batu) di balik sebuah dinding yang ada di gudang bawah tanahnya. Mulanya juga ia tak sengaja menemukan ruangan besar itu, yang membuatnya mampu mengetik sebuah cerita dengan cepat. Ia menemukan ruangannya itu juga karena kucing peliharaannya yang mendadak kabur.

Suzanne ini sendiri juga rupanya agak terganggu kejiwaannya. Ia sering melihat halusinasi-halusinasi. Contohnya seperti melihat arwah anak perempuannya. Tambah buruknya pula, halusinasi itulah yang menyebabkan pandangannya sedikit kabur. Di matanya, Valentine - seorang anak kecil yang menjadi murid lesnya - terlihat seperti anaknya yang meninggal itu.  Apalagi bila gadis kecil itu mengenakan gaun bekas anaknya tersebut.

Lebih buruknya lagi, selain masalah halusinasi yang sering dilihatnya itu, Suzanne harus menerima dengan lapang dada isu-isu miring yang menerpa dirinya. Beberapa kejadian aneh yang menimpa desa Blassac, entah kenapa selalu dikaitkan dengan dirinya. Ia seolah dianggap sebagai pembawa sial. Belum lagi tuduhan bahwa ia menculik Valentine dan adiknya yang mendadak hilang dari rumahnya. Padahal mereka berdua kabur karena menghindari bibinya yang galak.

Oh yah, sebetulnya film ini kurang bagus - kalau nggak boleh dibilang jelek. Film ini kurang bagus dari segi plotnya. Alurnya benar-benar membingungkan dan kacau sangat. Bila menonton film ini sendirian, agak sulit untuk mengerti jalan cerita film ini. Perlu bantuan beberapa teman untuk bisa mengetahui cerita dari film ini seperti apa tepatnya. Namun walau film ini alurnya nggak begitu jelas, dari sisi sinematografi dan acting pemainnya, film ini cukup apik. Gambarnya yang agak buram bisa dimaklumi. Yah karena film ini mengambil setting di awal abad 20 atau akhir 19. Mungkin untuk lebih menonjolkan aura zamannya, gambarnya agak diperburam.

Akhir kata, film ini mendapatkan nilai 6,5 dari 10 bintang.