Tuesday, May 8, 2012

REVIEW: The Avengers



CAUTION HIGH SPOILER !

source


Genre: Action / Science-fiction
Sutradara: Joss Whedon
Pemain: Robert Downey Jr., Chris Evans, Scarlett Johansson, ...


Film ini bercerita tentang sekelompok pahlawan super yang sengaja dikumpulkan untuk menyelamatkan planet Bumi dari serangan makhluk-makhluk alien dari dimensi lain yang didatangkan oleh Dewa Loki. Dewa Loki ini datang dari Dunia Asgaard. Ia merupakan saudara tiri dari Thor, Dewa Petir dari mitologinya orang Skandinavia.

Nah ceritanya ini bermula pada saat Loki datang ke Bumi dan mencuri sebuah kubus yang merupakan kunci dari pintu menuju suatu dimensi. Dari dimensi itulah, dia akan mendatangkan sejumlah pasukan untuk bisa menguasai bumi. Hal ini dia lakukan untuk bisa menyaingi Thor, kakak tirinya itu. Dia merasa iri karen Thor jauh lebih terkenal dari dirinya. Selain itu, dia juga berniat membalaskan dendamnya kepada Thor atas segala perlakuan yang ia terima dari Thor di masa lalu. Oleh karena itulah, dia mencuri kubus itu dengan memanfaatkan Hawk Eye yang ia hipnotis.

Pimpinan SHIELD – organisasi yang ditugasi untuk menjaga kubus itu – langsung bergerak cepat. Ia langsung bergerak menjalankan proyek Avengers, yaitu proyek mengumpulkan beberapa superhero yang terbuang dari masyarakat untuk tergabung dalam suatu misi penyelamatan penting. Melalui seorang agennya yang bernama Natasha Romanoff, Fury menugasinya untuk bertemu dengan Dr. Bruce Banner yang merupakan Hulk bila ia marah.

Selain mendatangkan Hulk dan Black Widow a. k. a. Black Widow, Fury juga mendatangkan Iron Man, Captain America, dan terakhir, Thor. Oya, yang terakhir itu datang sendiri tanpa diundang. Dia datang pada saat Iron Man, Black Widow, dan Captain America berusaha meringkus Loki. Pada saat itulah, Thor memutuskan ikut bergabung. Loki sendiri awalnya berhasil ditangkap. Hanya saja, entah kenapa Loki berhasil meloloskan diri dari pesawat super canggih milik Shield dan berhasil mencuri kubus itu. Karena itulah, ia berhasil membuka pintu dimensi itu.

Ke empat superhero ini yang awalnya masih belum kompak, mendadak jadi satu visi dan misi. Itu semua terjadi pada saat anak buahnya Fury meninggal. Mereka bersatu padu menuju gedung milik seorang dermawan yang playboy, Tony Stark alias Iron Man. Sebabnya gedung itu merupakan pangkalan bagi Loki untuk membuka pintu dimensi tersebut. Hanya di gedung itulah, pintu dimensinya bisa dibuka.

Kenyataannya, mereka datang terlambat. Loki sukses membuka pintu dimensi tersebut. Sehingga banyak berdatangan sekelompok makhluk-makhluk aneh. Nah di sinilah letak serunya film ini. Seru sekali melihat para superhero itu bekerja sama menumpas serangan makhluk-makhluk tersebut. Mereka mau menekan egonya masing-masing demi keselamatan orang lain.

Bahkan di saat-saat terakhir, Iron Man yang biasanya suka pamer dan egoistis, menjadi kartu asnya. Karena dialah, makhluk paling ganas berhasil dikalahkan dan pintunya sukses ditutup.  Loki pun berhasil ditangkap dan dibawa Thor kembali ke Asgaard untuk dihukum di sana. Selain Thor yang kembali ke Asgaard, mereka semua kembali menjalani hari-hari mereka sebagai manusia biasa.

Dari segi teknis dan segi seni peran, film ini benar-benar digarap dengan sangat teramat baik. Tata suaranya pas, acting pemainnya juga meyakinkan, apalagi sisi gambarnya. Perfecto. Film ini juga tak hanya menegangkan, tapi juga ada unsur dramanya dan unsur komedinya. Antara dialog dan action-nya juga seimbang. Selain itu, bila kalian tak mengikuti film-film sebelumnya tentang Iron Man, Thor, Hulk ataupun  Captain America, jangan khawatir apabila kalian takut tak mengerti jalan ceritanya. Karena di film ini nantinya akan diceritakan sedikit mengenai asal-usul mereka tersebut.

Akhir kata, aku tak ragu-ragu untuk memberikan nilai sempurna. Film ini saya berikan nilai SEPULUH. Menurutku, hanya film HungerGames yang bisa menyaingi kehebatan film ini.  Aku juga tak heran bila tahun depan, film ini sukses memenangi penghargaan Oscar. ^^


BEHIND THE SCENE:
Entah karena apa, bioskop 21 Plaza Semanggi memutarkan film The Avengers di tiga studio yang ada. Bahkan tiketnya juga mendadak dinaikan dari biasanya Rp 20.000 menjadi Rp 25.000. What the hell! Apa sebegitu fenomenalnyakah film ini? -_-