Thursday, May 31, 2012

Alfamart: Ini Bukan Minimarket (Biasa) !


Begitu cepatnya jaman berubah. Banyak sekali perubahan yang kusaksikan sendiri. Mulai dari jamannya masih puas dengan Sega, Nintendo, atau mungkin Playstation, eh sekarang sudah ada PS 3, Playstation Portable, ataupun game online. Kalau dulu juga, kita bisa menelepon dengan menggunakan telepon rumah atau telepon wartel, sekarang sudah banyak dijumpai ponsel beserta toko penjual pulsa elektronik dan voucher.

Begitupun dengan belanja kebutuhan sehari-hari. Biasanya dulu keluargaku belanja kebutuhan sehari-hari itu di supermarket atau pasar tradisional, dan itu kalau untuk pembelian yang besar-besaran. Kalau untuk pembelian kecil-kecil alias belanja buat masak lunch, keluargaku membelinya hanya di warung-warung yang banyak bertebaran di komplek perumahan. Jangan tanyakan yah kenapa nggak beli di minimarket saja?

Yah soalnya waktu itu, di daerah aku tinggal, masih amat jarang ditemukan minimarket. Seingatku, minimarket yang pernah kulihat ada di daerah tersebut hanyalah Dumbo. Itupun jaraknya cukup jauh dan harus ditempuh dengan menggunakan ojeg, sepeda, atau becak bila mau sampai selama 10 menit. Kalau jalan kaki, yah butuh 15 menit.

Namun, untung saja kondisinya sudah berubah. Sekarang amat mudah menemukan minimarket. Apalagi waktu PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk membuka outletnya persis di depan perumahan dimana aku tinggal. Cukup sepuluh menit sudah aku bisa menjangkaunya dengan cara bersepeda. Yah kini di depan plang perumahan Sek-Neg telah berdiri dengan kokoh minimarket bernama Alfamart. Apalagi tak hanya satu, namun ada tiga outlet Alfamart di daerahku.

Aku cukup bangga. Karena kini barang-barang yang tak bisa kutemui di warung biasa, aku bisa temukan di Alfamart. Apalagi memang Alfamart itu nggak sekedar minimarket biasa. Alfamart berbeda dari minimarket kebanyakan. Banyak keunikan dari Alfamart, yang mungkin bisa juga menjadi kelebihannya tersebut. Keunikan-keunikan itu seperti:
1. Alfamart menyediakan berbagai kartu yang bertujuan untuk memanjakan para pelanggannya. Contohnya seperti menyediakan kartu AKU yang memberikan potongan harga; A Card Flazz yang merupakan semacam kartu kredit dan itu karena hasil kerjasamanya dengan sebuah bank swasta ternama; dan yang terakhir, kartu AKU BNI yang merupakan perpaduan antara kartu AKU dan A Card Flazz.
2. Alfamart memberikan special treatment kepada para pelanggannya yang sedang berulangtahun.
3. Alfamart mengadakan beberapa kegiatan spesial yang khusus diperuntukan kepada setiap pelanggannya dan kegiatan tersebut pastilah sungguh worthwhile. Kegiatan itu seperti: Beauty Class, Arisan Gratis, Cooking Class, Buka Puasa Bersama, dan Factory Visit (dalam rangka Special Event/Activities For “Member Alfamart”).
4. Sebagai Minimarket Pertama yang memiliki member terbanyak di Indonesia Alfamart memberikan banyak inovasi untuk memanjakan membernya. Salah satunya adalah dengan konsisten 2 minggu sekali memberikan Promo Indonesia khusus untuk member-membernya baik untuk berbelanja di Alfamart atau pun di merchant-merchant yang banyak bekerja sama dengan Alfamart untuk memberikan potongan harga atau harga spesial. Promo-promo itu seperti Special Big Program for “Member Alfamart”, Redemption For “Member Alfamart”, “Member Alfamart” Thematic Promo, Merchant For “Member Alfamart”, Spesialku dan Hadiahku, dan masih banyak lagi promo-promo lainnya.
5.  Alfamart menjadi minimarket pertama yang punya maskot dan maskot itu bernama Albi. Albi itu merupakan seekor lebah kecil. Bahkan kini telah beredar komik si Albi ini di tiap outlet Alfamart.

Hey! Belanja yah di Alfamart kalau mau kenalan sama aku.


6. Alfamart telah membuka lebih dari 5.500 outlet yang melayani lebih dari dua juta pelanggan setiap hari. Sehingga wajarlah bila Alfamart mendapatkan predikat "Member terbesar di minimarket Indonesia". Alfamart juga mempekerjakan lebih dari 57.000 karyawan. Terbukti Promo Indonesia-nya sukses. 
7. Pemilik sekaligus pendirinya, Pak Djoko Susanto berhasil mengungguli kekayaan orang-orang terkenal. Contohnya seperti Aburizal Bakrie yang hanya nangkring di peringkat 30  ataupun Ciputra di peringkat 27. Diperkirakan kekayannya beliau itu berjumlah USD 1,040 miliar (sekitar Rp 9,36 triliun). Itu katanya VIVAnews lho!
8. Merek PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk, yaitu Alfamart yang sudah dikenal luas. Apalagi Alfamart juga mudah ditemukan. Tak hanya di daerah perumahan cluster, namun juga mulai merambah wilayah perkampungan.
9. PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk selaku pemilik dari Alfamart banyak bekerja sama dengan perusahaan besar di Indonesia.
10. PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk selaku pemilik dari Alfamart juga menerapkan standarisasi dan pengoperasian yang jelas dalam menjalankan usahanya tersebut.

Wah ternyata banyak sekali yah keunikan dan atau keunggulan yang dimiliki Alfamart. Selain itu, sebetulnya juga masih banyak keunggulan dan atau keunikan yang dimiliki Alfamart. Kalian bisa searching sendiri dengan keyword Alfamart, kalau mau tahu lebih lanjut. Ditambah lagi, Alfamart selalu melakukan inovasi dan pengembangan bagi usahanya. Jadinya, aku yakin keunikan dan atau keunggulan tersebut masih akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Ckckck. Wah sungguh beruntungnya aku, karena  PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk telah mendirikan outlet Alfamart di daerah aku tinggal. Hehehe. Apalagi sekarang keluargaku tak perlu lagi berbelanja bulanan hingga ke supermarket bila sekarang di dekat rumah telah tersedia Alfamart yang produk-produk yang dijualnya nyaris sama persis dengan yang ada di supermarket. Buat apa tokh ke supermarket, kalau produk-produk tersebut bisa dibeli dengan mudah di Alfamart dekat rumah? :D

Jadiii...
Ayooooo, di tempat kalian ada Alfamart juga nggak? :P

6 comments:

  1. kunjungan gan .,.
    Menjaga kepercayaan orang lain lebih penting daripada membangunnya.,.
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

    ReplyDelete
  2. Dideket rumah gue juga ada doongg #pamer :p

    Iye, sekarang tiap bulan mah kalo mau belanje ngacirr ke Alfa, capcuss cuman 5 menit naek pesawat ehh.. jalan kaki :D

    ReplyDelete
  3. aku belum pernah nemu alfamart sih Nuel, di deket2 sini-kayaknya ada deh..btw, kegiatan alfamartnya itu beneran ada yak? kamu pernah ngikutin Nuel?

    ReplyDelete
  4. Alfamart agak jauh kalo dari rumahku. :D
    Adanya yang satunyaa itu hehe...
    sukses ya

    ReplyDelete
  5. keren artikel Kontes SEO Alfamartnya gan, perlu belajar banyak sama agan neh. Sukses selalu ya, ini blog saya Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia

    ReplyDelete

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^