Tuesday, April 17, 2012

(Mungkin) Posisi menentukan prestasi

Sekarang, hari ini, anak-anak kelas 3 SMA sedang sibuk-sibuknya Ujian Nasional (UN). Hmm, aku jadi selintas teringat peristiwa lima tahun lalu saat aku masih pelajar putih abu-abu. Aku agak-agak lupa tanggal berapa pastinya aku lagi UN. Tapi sih yang jelas, momennya itu sama persis kayak yang dihadapi adik kelasku sekarang (Berasa sesepuh deh!).

SEMANGAT UN, ADEK-ADEKKU TERSAYANG! ^^

Sama-sama ada isu bocoran jawaban UN, sama-sama belajar pagi-siang-malam demi lulus UN, sama-sama ada tulisan "Harap Tenang. Ada yang sedang Ujian!" di koridor sekolah, hingga sama-sama diatur tempat duduknya.

Ngomong-ngomong soal frasa terakhirnya itu, hal itulah yang membedakan antara anak SMA sama anak kuliahan, selain seragam yang dikenakannya. Kalau anak kuliahan kan, waktu ujian, mereka bebas mau duduk dimana saja. Mau duduk di belakang kek, mau duduk di depan kek, atau mau duduk tepat di hidungnya pengawas pun, yah monggo kalau bisa. Huehehe.

Sedangkan anak SMA? Agak menyedihkan. Entah itu UN, entah itu Ujian Semester, posisi bangkunya selalu ditentukan. Jadi terima nasib aja deh buat yang suka nyontek. Karena nasib bisa saja mengantarkan kalian ke posisi bangku paling neraka (Baca: di depan pengawas).

Anyway, berbicara soal anak kuliahan, ada satu istilah yang kukenal selama dulu masih kuliah. Istilah itu nggak tahu siapa pencetusnya, tapi sungguh berbau militer sekali. Istilah itu: POSISI MENENTUKAN PRESTASI. Biasanya istilah itu mulai terdengar dari mulut teman-temanku saat UTS/UAS akan dimulai, atau tepatnya saat pintu ruang ujiannya mulai dibukakan oleh Office Boy-nya.

"Posisi Menentukan Prestasi!!!"



Dan blaaaaast!!!!! Teman-temanku mulai berebutan bangku yang paling enak (buat nyontek).

Nah posisi yang paling sangat menentukan prestasi itu biasanya sih adalah:

1. Bangku-bangku urutan 1, 2, 3, hingga 4 dari belakang.



2. Bangku-bangku yang dekat dengan tembok kelasnya. Yah biasalah buat bikin 'prasasti' jawaban. Huehehehe.


3. Setelah poin pertama dan kedua terlaksana, tinggal memastikan kalau yang duduk di depan/belakang/samping kiri/samping kanan adalah mahasiswa/i yang cerdas dan tentunya 'mau berbagi'. Dalam hal ini, mau berbagi jawaban ujian.



Kalau poin 3 tak terpenuhi, setidaknya poin 1 dan 2 sudah terpenuhi. Yah lumayanlah bisa mengerjakan ujian dengan mengandalkan contekan (Biasanya di meja, tembok, atau di gadgetnya.) tanpa tatapan  dari pengawasnya. Sembari nyontek, juga berharap pengawasnya nggak patroli.

Terakhir, bila mau menyontek kalian sukses dan bisa dapat nilai A, kalian harus ikuti prosedur berikut ini. Check it out. ^^

1. Setelah posisi kalian sudah aman, berdoa ke Tuhan agar pengawasnya nggak patroli.
NO PATROLI PENGAWAS!
2. Kertas contekan sudah siap di kantong.




























3. Pastikan teman-teman yang cerdas mau diajak kerja sama. Yah minimal biar bisa kayak gini. Hehehe.


























Insya Allah, cara-cara tersebut bisa bikin nilai kalian A. Yah minimal B lah yah. Huahaha. :D

Ada yang tahu cara jitu buat nyontek lainnya? *wink

Nih contoh orang yang begitu niatnya nyontek. Hahaha.


PS: Sumber gambar bisa dilihat dengan cara mengklik kanan gambar yang bersangkutan.

18 comments:

  1. gue biase pake cara yang ketiga :D ~syalala

    ReplyDelete
  2. Say NO to nyontek!

    Btw, dulu pas kuliah aku tempat duduknya diatur, lho..

    ReplyDelete
  3. Hahaha kayaknya udah fasih banget nyonteknya, sampe udah hafal betul posisi dan strateginya..dilarang nyontek mas..dosa wakakaka

    ReplyDelete
  4. Busyett...paham banget neh posisi menentukan prestasi...hohohohohh

    ReplyDelete
  5. Busett! sampe di simpen jawabannya di tangan, gila kali tuh. wkkwkwkw

    gua follow dul lah blognyee

    ReplyDelete
  6. dulu waktu sma aku suka nyontek..

    ini memalukan

    ReplyDelete
  7. jah si om nuel ngajarin yg gak bener wkakaka niat bener tuhy tangannya ampe penuh,tapi kalo inget film boboho yg contekannya di perut anjing ngakak gue hahaa

    ReplyDelete
  8. klo qu dulu nye nih,,,
    lw udh gk da pilihan or jwabn yg ngebleng bnget,,,
    biasany ngitungin kncing bju..
    ahaahhahhahhhh...


    MAMPIR yah k blog qu..
    msih bru nih,,
    heheee

    ReplyDelete
  9. Ngahahahahaa... XD Percaya atau nggak, Gue dari jaman SD sampe Kuliah paling demen duduk di depan pengawas... Apalagi kalo pas pengawasnya cantik atau bohay, Gue biasa sampe marah2 cuma gara2 pengen dapet duduk di depan... #eh

    ReplyDelete
  10. paling ndak untuk sebuah ujian formalitas knp ndak bisa jujur...
    kedalaman ilmu tdk bisa diuji dengan cara seperti itu..
    tp dari cara pandang dia terhadap kehidupan dan dapat melaksanakan kehidupan dengan baik...
    (sok bijak)
    :P

    ReplyDelete
  11. Hahaha, ada2 aja...gua sih dulu pas UN saking sibuknya belajar sampe ga kepikir buat bikin contekan tuh, hahaha

    ReplyDelete
  12. Aku sebisa mungkin belajar, meskipun itu cuma UTS. Tapi biasanya pertengahan menuju akhir, rasanya malesss banget belajar. Jadi, mau nggak mau ya nyontek. :P

    ReplyDelete
  13. gue nih sebagai salah satu pelajar SMA yg lagi UN ahaha :p
    itu gambar yg nulis di tangan bisa bgt gitu ya nulis sekecil kecil itu-____-
    dr 3 pelajaran yg udah gue lewatin, pengawas UN dr sekolah laen lebih enak ngawasnya drpd guru sendiri kalo ngawas pas UTS/UAS kak #curcol :D
    #RefreshOtak blogwalking bentaran :p

    ReplyDelete
  14. lengkap dan padat tutorialnya, bang ^^
    gila tuh gambar paling bawah* ngurut dada

    ReplyDelete
  15. bang kasih tips buat nyontek di SNMPTN dong eaa -_- denger2 sih gak akan bisa nyontek ya?

    ReplyDelete
  16. @ andaka: hah? minta tips? gue bukan pakarnya nyontek.. ini berdasarkan observasi aja.... hahahaha

    @ keven: kan ini juga bukan buat UN? huehehehe

    @ alvi: sama.... :(

    ReplyDelete
  17. Ya Ampun...sampai segitunya nyontek, tangannya sampai di tato. Whakakakakak...
    Kalau tempat menentukan prestasi...hemm...gak juga ya coz itu sebuah mukzizat.

    ReplyDelete
  18. gue berani bilang, gue juga begitu hahaha

    ReplyDelete

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^