Thursday, December 8, 2011

10 Cerita yang Tak Boleh Didengar Anak-Anak


1. Jaka Tarub
Cerita ini tidak baik didengar anak-anak. Bisa-bisa nanti, tiap anak (khususnya laki-laki) akan meniru 'kebiasaannya' Jaka Tarub yang mengintip cewek mandi.

2. Legenda Tangkuban Perahu
Ada nilai incest di dalamnya.

3. Roro Jonggrang
Secara tak langsung mengajarkan anak-anak budaya instan. Masak 1000 candi bisa diselesaikan dalam 1 malam saja? Ini juga bertentangan dengan ungkapan "Roma tidak dibangun dalam semalam".

4. Timun Mas
Please deh, masak minta anak sama raksasa?! Kalau mau punya anak tuh, mintalah lewat doa ke Tuhan.Sungguh cerita ini mengajarkan kemusyirikan.

5. Bawang Merah dan Bawang Putih
Karakter Bawang Putih yang menye-menye sungguh tak baik ditiru. Masak disiksa seperti itu sama ibu tiri dan saudara tirinya tidak melawan sama sekali? Lawan dong. Berontak kek. Oh yah selain itu, penamaan nama anak-anaknya dengan nama bumbu dapur sungguh bukan contoh yang baik. Pantas saja banyak orang sering menamakan anaknya dengan nama yang aneh-aneh. Ckckck.

6. Asal Usul Nama Surabaya
Diceritakan nama Surabaya itu datang karena perkelahian antara ikan hiu sura dengan seekor buaya. Nah ikan hiu sura itulah perlu digarisbawahi. Ikan hiu itu makhluk laut, dan bukan makhluk air tawar. Cerita ini sungguh suatu pembodohan.

7. Si Pitung
Sama seperti Timun Mas, cerita ini juga mengajarkan kemusyirikan. Karakter si Pitung yang kebal peluru bisa mendorong seseorang untuk pergi ke dukun.

8. Si Kancil
Bisa mengajarkan seseorang untuk melakukan pencurian, atau ke depannya, melakukan korupsi.

9. Malin Kundang
Cerita ini kalau ditelaah baik-baik sesungguhnya mengajarkan sesuatu yang tidak baik. Tengok apa yang dilakukan ibunya si Malin waktu Malin durhako. Mengutuk, kan? Nah itu dia jeleknya. Jelas ibunya Malin ini berani melangkahi Tuhan. Apalagi perbuatan kutuk mengutuk itu juga dosa sebetulnya.

10. ... --> Satu cerita ini silakan diisi. Sebutkan salah satu cerita lainnya yang tak boleh didengar anak-anak.