Wednesday, July 6, 2011

REVIEW: Insidious



[WARNING: Review berikut ini mengandung spoiler]





Category: Film
Genre: Horror  
Director: James Wan  
Artist: Patrick Wilson, Rose Byrne, Ty Simpkins, Barbara Hershey, Lin Shaye, Andrew Astor, Leigh Whannell 


Film ini bercerita tentang kisah seorang anak bernama Dalton yang mempunyai kemampuan untuk meninggalkan raganya. Dan rupanya kemampuannya itu merupakan warisan dari ayahnya Josh. Hanya saja ayahnya tidak menyadarinya.

Kemampuannya si Dalton inilah yang menimbulkan semacam teror ketakutan buat keluarganya. Pada awalnya keluarganya menyangka teror ketakutan ini disebabkan karna rumah yang mereka tempati. Tapi ternyata setelah pindah rumah, teror itu tetap berlanjut. Ibunya Renai malah makin menjadi histeris.

Pada awalnya Renai dan Josh memanggil seorang pastor. Namun entah kenapa disuruh pulang dan lebih memanggil dua orang yang seperti anggota Ghostbuster dan seorang cenayang bernama Elise. Dari situlah mulai terungkap kalau masalah yang menimpa keluarga mereka disebabkan karna kemampuan anak mereka bernama Dalton yang memiliki kemampuan meninggalkan raga mereka dalam bentuk roh.

Itulah mengapa ketika Dalton dikira koma dan dibawa ke rumah sakit, dokternya tak mampu menjelaskan apa penyakit yang dideritanya. Karna ternyata Dalton memiliki kemampuan untuk dapat meninggalkan raganya dan melayang-layang sebagai roh.

Sebetulnya kemampuan si Dalton ini sudah disadari oleh adiknya yang mengatakan kalau Dalton sering keluar malam-malam. Bukti lainnya ialah dari gambar-gambar buatan Dalton yang dipajang di dinding kamarnya Dalton.

Tapi gara-gara rohnya Dalton yang terus melayang-layang, para hantu penasaran menghantui keluarganya Dalton. Mereka berusaha untuk memasuki tubuhnya Dalton yang kosong, tak bertuan. Ditambah lagi kehadiran si iblis merah yang berusaha memanfaatkan tubuhnya Dalton untuk suatu tujuan khusus. Karna itulah, rohnya Dalton dikurung si iblis merah di suatu tempat.

Kemudian ayahnya, Josh memulai misi mencari Dalton dengan meninggalkan raganya sendiri. Awalnya ayahnya itu enggak percaya. Tapi karna terus didesak sama Elise, ia mau juga menggunakan kemampuannya tersebut. Rohnya pun mencari Dalton ke rumah lama mereka dan di situlah ketegangannya terjadi.

Pada akhirnya sih, Dalton memang berhasil kembali ke tubuhnya. Namun tidak dengan ayahnya. Roh ayahnya tidak kembali dan malah ditempati oleh seorang hantu nenek.

Film ini merupakan film horror paling menakutkan dan ketika menontonnya, gw dan kedua teman gw sering dibikin jantungan setengah mampus. Efek suaranya, efek hantunya,......... LUAR BIASA!!! Bikin adrenalin lu terpacu. Hanya sayangnya, film ini mempunyai beberapa kelemahan seperti:
  1. Film ini seperti ingin mengajarkan kepada kita agar lebih percaya kepada kekuatan manusia dan teknologi ketimbang Tuhan. Terbukti kan ketika mereka lebih memilih cenayang ketimbang pastur untuk menyelesaikan permasalahan mereka.
  2. Endingnya menurut gw, rada gantung. (-__-!)
  3. Interior rumahnya Josh tidak ditemukan salib maupun lambang-lambang keagamaan tertentu. Padahal kita tau kan settingnya adalah Amerika Serikat yang mayoritas beragama Nasrani.
  4. Kalau kalian perhatikan secara seksama, di salah satu ruangannya terdapat lukisan dengan simbol-simbol yang menurut gw aneh banget.
  5. Tidak dijelaskan hantu nenek yang katanya menempati tubuhnya Josh setelah sekian lama.
  6. Tidak dijelaskan pula, kenapa mendadak ingatannya Josh hilang mengenai kemampuannya dapat meninggalkan raganya. Padahal diceritakan pula bahwa Josh juga pernah kayak anaknya Dalton yang sering meninggalkan raganya tiap malam.
  7. Tidak dijelaskan secara detail mengenai keberadaan roh nenek, iblis merah, hingga pintu merah.
Selebihnya film ini cukup bagus untuk sekedar memacu adrenalin, dibalik segala kekurangannya tersebut. Film ini menurut gw lebih seram ketimbang film The Omen. Mantap!!! Segala efeknya jauh lebih bagus ketimbang film-film horror buatan lokal. :p

Kalo boleh kasih nilai, gw kasih bintang 4 dari lima bintang untuk film ini.

    ****
    * Sumber Gambar:  http://nikenbicarafilm.blogspot.com/2011/06/insidious-2011.html