Wednesday, July 6, 2011

REVIEW: Insidious



[WARNING: Review berikut ini mengandung spoiler]





Category: Film
Genre: Horror  
Director: James Wan  
Artist: Patrick Wilson, Rose Byrne, Ty Simpkins, Barbara Hershey, Lin Shaye, Andrew Astor, Leigh Whannell 


Film ini bercerita tentang kisah seorang anak bernama Dalton yang mempunyai kemampuan untuk meninggalkan raganya. Dan rupanya kemampuannya itu merupakan warisan dari ayahnya Josh. Hanya saja ayahnya tidak menyadarinya.

Kemampuannya si Dalton inilah yang menimbulkan semacam teror ketakutan buat keluarganya. Pada awalnya keluarganya menyangka teror ketakutan ini disebabkan karna rumah yang mereka tempati. Tapi ternyata setelah pindah rumah, teror itu tetap berlanjut. Ibunya Renai malah makin menjadi histeris.

Pada awalnya Renai dan Josh memanggil seorang pastor. Namun entah kenapa disuruh pulang dan lebih memanggil dua orang yang seperti anggota Ghostbuster dan seorang cenayang bernama Elise. Dari situlah mulai terungkap kalau masalah yang menimpa keluarga mereka disebabkan karna kemampuan anak mereka bernama Dalton yang memiliki kemampuan meninggalkan raga mereka dalam bentuk roh.

Itulah mengapa ketika Dalton dikira koma dan dibawa ke rumah sakit, dokternya tak mampu menjelaskan apa penyakit yang dideritanya. Karna ternyata Dalton memiliki kemampuan untuk dapat meninggalkan raganya dan melayang-layang sebagai roh.

Sebetulnya kemampuan si Dalton ini sudah disadari oleh adiknya yang mengatakan kalau Dalton sering keluar malam-malam. Bukti lainnya ialah dari gambar-gambar buatan Dalton yang dipajang di dinding kamarnya Dalton.

Tapi gara-gara rohnya Dalton yang terus melayang-layang, para hantu penasaran menghantui keluarganya Dalton. Mereka berusaha untuk memasuki tubuhnya Dalton yang kosong, tak bertuan. Ditambah lagi kehadiran si iblis merah yang berusaha memanfaatkan tubuhnya Dalton untuk suatu tujuan khusus. Karna itulah, rohnya Dalton dikurung si iblis merah di suatu tempat.

Kemudian ayahnya, Josh memulai misi mencari Dalton dengan meninggalkan raganya sendiri. Awalnya ayahnya itu enggak percaya. Tapi karna terus didesak sama Elise, ia mau juga menggunakan kemampuannya tersebut. Rohnya pun mencari Dalton ke rumah lama mereka dan di situlah ketegangannya terjadi.

Pada akhirnya sih, Dalton memang berhasil kembali ke tubuhnya. Namun tidak dengan ayahnya. Roh ayahnya tidak kembali dan malah ditempati oleh seorang hantu nenek.

Film ini merupakan film horror paling menakutkan dan ketika menontonnya, gw dan kedua teman gw sering dibikin jantungan setengah mampus. Efek suaranya, efek hantunya,......... LUAR BIASA!!! Bikin adrenalin lu terpacu. Hanya sayangnya, film ini mempunyai beberapa kelemahan seperti:
  1. Film ini seperti ingin mengajarkan kepada kita agar lebih percaya kepada kekuatan manusia dan teknologi ketimbang Tuhan. Terbukti kan ketika mereka lebih memilih cenayang ketimbang pastur untuk menyelesaikan permasalahan mereka.
  2. Endingnya menurut gw, rada gantung. (-__-!)
  3. Interior rumahnya Josh tidak ditemukan salib maupun lambang-lambang keagamaan tertentu. Padahal kita tau kan settingnya adalah Amerika Serikat yang mayoritas beragama Nasrani.
  4. Kalau kalian perhatikan secara seksama, di salah satu ruangannya terdapat lukisan dengan simbol-simbol yang menurut gw aneh banget.
  5. Tidak dijelaskan hantu nenek yang katanya menempati tubuhnya Josh setelah sekian lama.
  6. Tidak dijelaskan pula, kenapa mendadak ingatannya Josh hilang mengenai kemampuannya dapat meninggalkan raganya. Padahal diceritakan pula bahwa Josh juga pernah kayak anaknya Dalton yang sering meninggalkan raganya tiap malam.
  7. Tidak dijelaskan secara detail mengenai keberadaan roh nenek, iblis merah, hingga pintu merah.
Selebihnya film ini cukup bagus untuk sekedar memacu adrenalin, dibalik segala kekurangannya tersebut. Film ini menurut gw lebih seram ketimbang film The Omen. Mantap!!! Segala efeknya jauh lebih bagus ketimbang film-film horror buatan lokal. :p

Kalo boleh kasih nilai, gw kasih bintang 4 dari lima bintang untuk film ini.

    ****
    * Sumber Gambar:  http://nikenbicarafilm.blogspot.com/2011/06/insidious-2011.html

    23 comments:

    1. gw udah nonton...

      keren dah overall, horor nya bikin kaget juga nih film.

      tapi jd bingung, hantu primery( kyak pemeran utama aja) yg setan merah atau nenek2 sih,,

      coz d akhir cerita si nenek2 yang nongol.. adegan paling serem menurut gw ini..

      ReplyDelete
    2. yup, itu juga bikin gw bingung. :(

      ReplyDelete
    3. ini dulu gw diajakin sama temen buat nonton, tapi ogaaah.. enggak lagi-lagi nonton film genre beginian deh.. nyeremin, hahaha


      secara trauma liat orphan plus Saw 3D dulu..

      ReplyDelete
    4. kebetulan aku gak suka film horor.. :P

      ReplyDelete
    5. Hehe tapi sepertinya lumayan lah nuel. Daripada Kuntilanak kesurupan XD

      ReplyDelete
    6. wah, baru tau ada film ini. hehehe....udah lama ga nonton film horror. thanks for the info, Nuel.

      ReplyDelete
    7. @ gaphe + adryan: saya juga sama. sebetulnya ga tertarik sama film2 horor. ini juga terpaksa.... hihihii

      @ iam: bener bangeeeet. :D

      @ rfka: sama2, mba

      ReplyDelete
    8. Ini seperti jurus Ilmunya pasukan ginyu di dragon ball ya,,,tapi berbicara tentang fil horor aq malah suka soalnya bikin gak ngantuk hhehe

      ReplyDelete
    9. Benerkan kata TK juga... TK aja sampe sakit kuping gara2 nyolokin jari di kuping terus saat nonton nih film... ^^

      kalau tanggepan TK tentang kelemahan dari film ini sih sebenernya cuman dikit... ^^ menanggapi kelemahan film ini meneurut kamu yah ^^

      1. TK setuju sama yang satu ini... padahal kan awalnya udah manggil pastur gitu tapi malah akhirnya pake dukun modern ^^

      2. Endingnya di buat gantung biar bikin kesan misterinya lebih dapet dan berkesan... coba kalau endingnya jelas... penonton pasti keluar dari gedung bioskop biasa2 aja... gak se excited dengan ending gantung... selain itu dengan adanya ending gantung... si pembuat film bisa bikin lanjutannya (trik pasar) ^^

      3. yang ini sih gak penting bro... ini kan bukan film rohani/nasrani ^^... Amerika serikat emang mayoritas beragama nasrani,, tapi banyak juga yang gak punya agama... as you know banyak org amerika yang lebih percaya sama ilmu pengetahuan dan teknologi...

      4. TK sih gak merhatiin ^^

      5. tentang hantu nenek2 itu kan di ceritain.. pas mama si josh dateng... hantu nenek2 itu kan yang nempelin badan si josh waktu kecil... si hantu itu kan pengen masuk badan si josh... dan sekali lagi klo hantu ini dijelasin asal usulnya dll... arah film akan berubah dan cerita akan gak fokus ^^

      6. Ingatan si Josh hilang kan karena sengaja di hilangkan alias di hilangkan secara paksa sama si Elice (cenayang modern) waktu kecil... cuz emang hal ini beneran ada loh... kemampuan seperti ini emang ada dan bisa di latih... dan efeknya pun beneran seperti itu... jadi alangkah baiknya kalau berdampak negatif di hilangkan aja alias di tutup... dan ingatannya pun lebih baik di hapus ^^

      7. Sekali lagi semuanya itu hanya bumbu di film ini... cuz inti dari film ini itu lebih ke arah "horor keadaan"

      BTW klo kamu penasaran sama iblis merah dan hantu merah... kamu buka official websitenya aja... terus masuk ke blog aslinya... kamu bisa baca disana... cuz setau TK ini film diangkat dari pengalaman seseorang... dan ini real ^^

      ReplyDelete
    10. kayaknya kemarin saya baca review pilm ini deh, di mana ya?

      ReplyDelete
    11. hehe..aku nonton film ini di bis wkt ke jogja kemaren.. :D
      jadinya ga jelas film itu tentang apa..krn ga konsen liatnya..cm musiknya aja yg tiba2 jreng..!!
      eh, ternyata ada review nya di sini..jd aku tau film itu menceritakan apa..thx yaa

      ReplyDelete
    12. @ TK: hehehe..... makasi yah sarannya. heheehe.... ternyata emang bener2 nakutin nih film, :D

      @wind: sama2 mbak.... ^^

      @ sofyan: hoaaaahmmm....

      @ affip: iya yah.... saya juga pernah liat dimana yah? :(

      ReplyDelete
    13. saya juga ga suka. ini juga terpaksa nontonnya. :(

      ReplyDelete
    14. wah.. aku belum nonton, harus nonton nee...

      ReplyDelete
    15. Kayaknya bagus nih pilem. Nonton ah..

      ReplyDelete
    16. Temen2 gua pada nonton...untung gua ga ikutan, hahaha

      Gua lumayan "peka" sama hal yg kayak gini, jadi mending ga tau aja deh, hehehe

      ReplyDelete
    17. kalo gak salah dijelasin nuel, cuma gua lupa dibagian mana, ntar gua coba nonton lagi deh.
      emang bener. nih film lumayan bikin gua stress pas nontonnya.

      ReplyDelete
    18. @ ellious: iya sih udah dijelasin. tetep aja alurnya menurut gw masi ambigu. rancu.

      @ keven: silakan. ^^

      @ santy novaria: yup ^^

      ReplyDelete
    19. Well, saya dan adik saya sepakat bahwa pilem ini bagus selama sound-nya tersetel keras. Ahaha~

      Suaranya itu lho, yang bikin ngagetin. Justru hantunya sendiri gak seberapa nyeremin. :D

      Adik saya yang suka horor bilang, Insidious ini masih kalah ama pilem horor Thailand. Hanya saja, untuk masalah sound, Insidious menang. :D

      Duh, suara biolanya itu lho, ngagetin. :D

      ReplyDelete
    20. belon pernah nonton film thailand. ini juga kepaksa koq nontonnya. >.<

      ReplyDelete
    21. Walaupun saya belum nonton ini film tapi dari reviewnya udah bikin merinding plus penasaran,udah lama gak nonton film horror,thanks reviewnya mas

      ReplyDelete
    22. Filin nya ada lanjuttannya n gantung lagii tuh kayaknya tapi aku ngertii sekarang asal mula hantuu ituu,,,, kayaknya ada lanjutanya ciin mudahan ajahh alnya aku suka filim iniii, lo pun ada tayangnya jangan lama secepatnya

      ReplyDelete

    Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
    Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^