Monday, July 18, 2011

Pergelutan hiduplah yang membuat mereka menjadi seperti itu



Oke gw mau ceritain pengalaman gw kemaren minggu. Ceritanya gini:

Sekitar jam 9 kurang, gw mulai berangkat ke gereja. Gw gereja di GKI Kota Modern yang letaknya emang ga jauh dari rumah gw. Biasanya sih kalo naek ojeg palingan sekitar 10 menit udah nyampe.

Nah gw waktu lagi di pangkalan ojek, pas udah di atas motor salah satu tukang ojeng bernama Sutin, dikasih tau sama tukang ojeg lainnya yang namanya Udin kalo lapangan masih becek. Yup, jalan pintas ke gereja itu emang harus lewat lapangan. Mau gak mau deh karna lapangannya becek,  terpaksa muter lebih jauh dan harus keluar duit 10 ribu. Soalnya biasanya sih kalo abis ujan kemaren sabtunya, tanah merahnya yang di lapangan emang becek banget dan sulit dilewati sama kendaraan. Maklum jalanan kampung! Hehehe...

Padahal kalo lewat jalan pintasnya emang rada cepetan nyampe, karna ga muter-muter jalannya. Plus, biayanya jauh lebih murah. Cuma 8 ribu. Lumayan, kan 2 ribu untungnya? Hehehe....

Pas udah nyampe di GKI, gw bayar ongkosnya. Gw jalan dan jalan. Nah pas di depan gerejanya, gw lewatin tanah merah di depan gereja. Gw liat, koq ini udah kering? Di sini, gw mulai curiga. Jangan-jangan gw lagi dikerjain? Masa sih masih becek? Apalagi dari jam 8 paginya, mataharinya emang menyengat banget panasnya.

Ketika sepulang ibadah, gw naek ojeg lain dan nyuruh si abangnya lewat lapangan dengan asumsi pasti udah kering. Soalnya mataharinya emang udah cukup menyengat sih. Akhirnya lewatlah gw dan tukang ojeg itu melalui lapangan. Dan apa yang terjadi?









Astaganagabonarjadidua! Gw dikerjain. Tanah merahnya yang di lapangan udah kering banget. Gw langsung berpikir keras. Kalo jam 11-an aja udah kering banget, pastinya jam setengah 10 tadi udah kering dong?! Masuk akal. Gw tanya ke tukang ojeknya buat mastiin asumsi gw ini.

Iman: Mas, tadi jam setengah 10 udah kering kali yah tanahnya?
Tukang Ojeg: Udah dari tadi kali dek bisa dilewati.

Wah bener-bener deh tukang ojeg yang nganter gw tadi. Padahal udah kenal akrab sama gw, masih aja nipu gw. Asu! Gw tau kalian nyari duit aja udah susah, tapi itu kan bukan alasan untuk mengharamkan kata 'jujur'.Jujur itu kan jauh lebih bernilai daripada menipu.

Ckckck..... Gw jadi rada bete dan cuman bisa berdoa ke Tuhan.


Itu doa gw ke Tuhan. Yup mungkin aja dia ngelakuin hal kayak gitu karna pergelutannya dalam hidup. Yah seringkali orang jadi buta karena pergelutan hidup. Apalagi kalau sudah menyangkut urusan menyambung hidup ataupun mengisi perut. Sehingga mata hati mereka jadi buta. Tidak bisa lagi membedakan mana yang baik dan mana yang jahat.

Wajar juga sih dengan kejadian yang menimpa keluarga gw taun lalu di bulan yang sama. Waktu itu malamnya, ada tukang ojeg dateng ke rumah gw buat balikin SIM dan STNK-nya nyokap gw yang jatuh di jalan (Dasar nyokap!). Eh sambil balikin, dia minta biaya yang kalo ga salah dan seinget gw, 75 ribu. Shit!!! Gw mau marah-marahin tukang ojeg itu, eh malah gw yang diomelin bokap dan dibilang, "Jangan ikut campur masalah orangtua!" Bokap, anehnya, malah lebih milih ngasi duit sesuai keinginan si tukang ojeg.

Jujur sih sebetulnya taun lalu, gw mau nulis masalah ini di blog. Tapi entah kenapa gw tunda. Baru terpikirkan lagi mau di-share setelah masalah gw kemaren.  Yang jelas, akibat perbuatan menjijikannya si tukang ojeg, gw jadi eneg setengah mampus liat  tukang ojeg itu. Males. Emoh gw naek ojegnya lagi.




OGAH!!!!





Itu belon kejadian waktu bulan Maret lalu. Kejadiannya mirip-mirip sama yang dialami Ellious. Kejadiannya tuh, gw naek ojeg sepulang kuliah. Nah gw mampir dulu ke tukang komputer buat ngambil CPU gw yang diperbaiki. Gw suruh nunggu dulu tukang ojegnya, ketimbang gw mesti nyari ojeg lagi dengan nenteng-nenteng CPU. Eh taunya, waktu ampe rumah, si tukang ojegnya minta ongkos nunggu di luar ongkos 4 ribu (ini tarif aslinya).

Gila! Macam taksi aja. Padahal sih cuman nunggu bentaran doang. Ga lama-lama koq. :(

Dari tiga kejadian tersebut, gw bisa simpulkan kalau pergelutan hidup apalagi dengan hidup di negara berkembang seperti Indonesia, mata hati orang jadi buta. Cenderung jadi egois. Dan hal itu sudah gw liat sendiri dari pengalaman-pengalaman di atas berikut.

46 comments:

  1. pertamax..huray..


    prinsip ekonomi selalu berlaku, ngambil untung setinggi-tingginya, sabar ajah;)

    meski hiatus tapi post, keren,,gue jrang post, huhu

    ReplyDelete
  2. set dah! kayaknya gw lagi disindir nih. Hehehehe.... kebetulan aja ada ssesuatu yang perlu dituangin ke blog. hehehehe.. masih hiatus sih. :p #ngeles

    ReplyDelete
  3. buntut2nya prinsip ekonomi juga deh. >_<

    ReplyDelete
  4. ahahaha, g nyindir:(

    beneran, hehe,,harus semangat gue jg buat ngepost, hehehe

    ReplyDelete
  5. hahaha... semangat juga yah ngeblognya. :)

    ReplyDelete
  6. kebetulan aja lu dapet orang seperti itu, bro. ga semuanya kayak gitu kok. percaya deh, masih ada yang baik... ya kayak gue gini deh. buahahahahaha.

    ReplyDelete
  7. tapi biasanya kalo orang berbuat curang atau melakukan hal2 spt itu, gak akan bisa kaya kok. selamanya jadi tukang ojek. Percayalah, Tuhan gak akan nutup mata. kalo toh kaya, dia pasti bisa kena berbagai masalah. misalnya sakit gak baik2. uangnya abis buat berobat aja. jadi ada uang tapi abis mulu.

    ReplyDelete
  8. banyak kemungkinan orang melakukan kaya gt, itu juga g bisa di vonis, mang sih kalau dah bicara uang semuanya bisa jd halal, termasuk menghalalkan yang haram, jd y sabar saja lah sob, ambil hikmahnya saja

    ReplyDelete
  9. mungkin si ojek itu aja yang ngeselin Nuel, atau pas kebetulan dapet ojeg yang ngeselin secara beruntun. makanya jadi berasumsi gitu, yang pasti sih nggak kapok naik ojek lagi kan?! toh masih banyak ojek2 lainnya :)

    ReplyDelete
  10. ini karena mereka ditekan kemiskinan yang terus menerus sementara banyak orang hidup mewah dengan cara mudah. ini tanggungjawab pemerintah bro, mereka yang bikin manusia di negri ini saling terkam.

    ReplyDelete
  11. hihiihih, oh yg di timeline twitter itu ini ya nuel, tapi masih mending nuel dari pada tukang ojek yg bawa gw tau taunya tukang ojek yg mabok miras ..

    tapi gak semau ngitu nuel heheheh

    ReplyDelete
  12. @ brigadir: iya iya, gw tau ga semuanya kayak gitu... hehehe.... tapi ngeri juga yah pengalaman lu brayy... :(

    @ affip: kapan yah mas bisa berubah keadaan ini? heeeeh... :(

    @ kagak sih... tapi masih jengkel aja... :(

    @ rizky: yup ga semuanya juga kayak begitu.... :))

    @ mba fanny: semoga.. hehehehe.... :)

    ReplyDelete
  13. Yah semoga tukang ojeg itu sadar ketika dia kehilangan salah satu pelanggannya... Semoga kejadiannya nggak terulang lagi yah...

    ReplyDelete
  14. padahal cuma dua ribu ya, kalau dipikir-pikir klo jujur pasti penumpang pun nyaman dan puas ya, klo kayak begitu yang tadinya langganan kan bisa jadi kabur.

    ckckck sekarang ojeg pun udah ada tarif untuk nunggunya :O

    ReplyDelete
  15. @ lyliana: i hope so.... :)

    @ fiction: ongkosnya 8 rebu, bukan 2 rebu.... hhuhuhuu....

    ReplyDelete
  16. hmm, begitulah..
    kejahatan terjadi bukan karena hanya ada niat tapi juga karena ada kesempatan, waspadalah waspadalah!! :D

    sabar ya bang, begitulah manusia ada tipe2 yg ky gitu..mungkin karena taraf hidup di kota emank masih rendah, jadi mau terpaksa ky gitu..

    bisa jadi mereka gak pengen ky gitu tapi karena kepaksa jd ky gitu..jgn langsung menghakimi..kita kan gak tau ada maksud apa..siapa tw anaknya butuh buat bayar sekolah tp gak ada duit..hnnm bisa jadi kan? #sotoy :D

    ReplyDelete
  17. Malah gua kasian sama tukang ojeknya, ckckck. demi duit yg ga seberapa, direla2in ampe ngelakuin hal yang kaya gitu..

    ReplyDelete
  18. asteegee... hemm emang susah mas kalau udah mnyangkut masalah perut atau biaya hidup, terkadang kebohongan selalau muncul...

    ReplyDelete
  19. namanya juga indonesia. Sarangnya penipu. Ayo dong anak hukum berantas oknum yang begitu :D

    ReplyDelete
  20. Karena hidup susah, lantas jadi nyusahin orang laen nih ceritanya? Ckckck...indonesia...indonesia...

    ReplyDelete
  21. yaa mungkin daripada mikirnya si tukang ojek tu motor jadi kotor malah kena biaya cuci-cuci yang akhirnya nggak enak kalo dimintain ke penumpangnya.. makanya muter tetep bersih tu motor dan ngambil untung 2ribu aja.. hahaha.. entahlah, sabar aja

    ReplyDelete
  22. orang2 seperti mereka telah letih menderita bro..sayang ga ada sedikit lagi sabar untuk tetap ikhlas dan bersyukur menerima keadaan..

    ReplyDelete
  23. Wuakakakak... postingan ini tentang tukang ojek ya, wuakakakak... sampe postingan gua dimention juga, hahaha...

    emang beberapa tukang aja kadang suka bikin kesel, hahahaha...

    ReplyDelete
  24. Aku berdoa:
    Semoga si tukang ojek membaca postingan ini, Nuel... :D

    Udahlah.. ikhlaskan aja. Anggap aja beramal. :)

    ReplyDelete
  25. Semoga do'anya kepada tukang ojek manjur.
    Kan kata orang, Tuhan akan mengabulkan do'a orang yang teraniaya..
    :D

    ReplyDelete
  26. hhahhaaa..postingan nih dikhususkan buat tukang ojek di seluruh Indonesia..

    emang sih, kadang orang rela ngelakuin apa aja biar dapet duit, dan bukan cuman tukanng ojek tentunya yang kayak gitu..

    tapi ada juga sih yang masih jujur, dikit..

    ReplyDelete
  27. hahaha berdoa dulu makanya el supaya hari-hari lo oke B)

    ReplyDelete
  28. sabar ya :)
    mungkin hidup mereka memang sulit.
    kalo yg nipu bilang ga bisa lewat lapangan sih, males bener disuruh nambah 2rb
    tapi kalo yg udah balikin stnk dan sim sih, menurut gw, bayar aja lah, sebagai tanda terima kasih :) hehe
    drpd ngurus sim stnk lagi? ahaha

    ReplyDelete
  29. wah kita ternyata sama2 bermasalah dengan tukang ojek. -___-'

    sebenernya sih kasian ngeliat tukang ojek, musti pinter silat lidah gitu sama tebel muka biar dapet duit lebih. yah mereka secara harus saingan sama angkot. pernah lagi kepepet pengen ke sekolah karena takut ga keburu naik angkot, akhirnya naik ojek. tapi karena ga pinter silat lidah nyaingin ojeknya, akhirnya biasa sama bokap 15 ribu kita deal di harga 20 ribu urrrgghh... agak sebel juga sih tapi kasian lah sekali-kali aja naik ojek ini.

    tapi adek gue adalah orang yang paling anti sama ojek walaupun dia lumayan sering naik ojek *nah loh bingung kan?*, karena dia orangnya suka ga bisa nahan emosi di rumah pulang dia ngomel-ngomel ngamuk gara-gara kalah silat lidah dan deal harga mahal. malah dia bilang saking keselnya cuma gara-gara beda goceng doang tu duit pake dilempar bukannya dikasih baik-baik.

    ampuuunnnn tu bocah padahal cuma beda setaun doang sama gue. gue pengen bilangin sama dia ojek juga manusia kaleee. kalo ga mau naik pitam gara-gara harga, mendingan naik angkot aja biar lama yang penting harga pas LOL.


    eh kok malah curcol yak?

    ReplyDelete
  30. bahasa loe, nuel. beraaaaat! wkwkwkw

    ReplyDelete
  31. Ditempat q nggak tau dech, sifat tukang ojek nya kayak apa,,,aku lebih suka bawa motor sendiri,,
    Tapi kalo udah denger ceritanya ni,, aku turut prihatin dech sama para pencari tumpangan alias tu tukang ojek,, kerja cari duit boleh dech, tapi jangan mikir duitnya doang,, sosialis dunk,, nggak perlu gitu dech,, hihihi *nggaktaumaungomongapa

    ReplyDelete
  32. Ditempat q nggak tau dech, sifat tukang ojek nya kayak apa,,,aku lebih suka bawa motor sendiri,,
    Tapi kalo udah denger ceritanya ni,, aku turut prihatin dech sama para pencari tumpangan alias tu tukang ojek,, kerja cari duit boleh dech, tapi jangan mikir duitnya doang,, sosialis dunk,, nggak perlu gitu dech,, hihihi *nggaktaumaungomongapa

    ReplyDelete
  33. Heem... Itulah Manusia Boss, kadang ada aja yg usil.. tp msh banyak kok yg baik. Tinggal Kita kudu bersabar & menerima adanya dg Bijak...
    Ya Sudahlah... Cz everything its gone be Okey.. Hweheeheee

    ReplyDelete
  34. hehe...
    berbaik sangka aja..

    siapa tau tukang ojeknya juga gak tau kalau udah kering...^^

    ReplyDelete
  35. @ i-one: yup, mungkin aja dia ga tau yah? hehehe

    @ bagio: yup bener banget...hehehhee

    @ umy: yup jangan hanya mikirin duitnya aja.... hehehhe

    @ eks; masa sih? hahahhaa

    @ audrey: gapapa koq curcol di mari. lu bukan orang pertama koq yang pernah curcol di mari. masih banyak koq selaen lo yang pernah curcol di sini. hahahha

    @ fla: mending ngurus stnk yang baru deh ketimbang ngasih ke orang2 yang cari kesempatan. :(

    @ shudai: hahaha... iya deeh... :D

    @ OPI: kagak juga sih.. cuman mau nunjukinkalo kadang karna masalah perut, hati nurani orang jadi tertutup. :)

    @ affif; mas tukang ojek? :(

    @ itik: amiiin... hehhehe

    @ Dewi: jangan ampe dibaca.... hahahaha... ya deh udah saya coba ikhlaskan.... hehehhe

    @ ellious: bener banget. hehehhee

    @ sukro: iya2 gw tau... mestinya gw coba ikhlaskan aja....

    @ gaphe: iya-iaya.... hheheheh

    @ keven: yup inilah indonesia....

    @ Rain: susah rain. hahahaha

    @ adittya: bener banget....

    @ Akmal: TAIK!!!! gw dikerjain kenapa malah tukang ojegnya yang dikasihani? :(

    @ nyla: saya ga menghakimi looh.. baca baek2 lagi deeh... :)

    ReplyDelete
  36. oot : mirip kisah yg ini ya? mungkin moralnya saja serupa, yah...semua tulisan kan idenya bisa dari mana aja. Tapi tulisan saya barusan itu idenya dari sebuah khotbah di gereja.

    ReplyDelete
  37. hahaahha.... langsung dicari... :p

    ReplyDelete
  38. kebanyakan tukang ojeg emang nyebelin. kalo yang di rumah aku dia gak pernah mandi, jadi aku mah ogah deh naik ojeg ><
    lagian mahal :D

    ReplyDelete
  39. walah... Si Mat Calo... Mudh2n gak begitu lagi hehe.....

    ReplyDelete
  40. Skali2, bales juga..... Wkwkwk (setan membisik)

    ReplyDelete
  41. hahahaha.... parah juga yah lo.. :p

    ReplyDelete

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^