Thursday, June 9, 2011

Nyundul yok nyundul!!!



Di FH Atmajaya, ada satu istilah yang menarik perhatian yang (mungkin) cukup akrab di fakultas gw. Istilah ini gw dapetin dari temen gw, Budi. Nama istilah itu 'nyundul'.

Eits, jangan salah dulu. Maksudnya nyundul itu bukannya nyundul bola loooh. Salaaaah. Karena maksudnya adalah ngambil mata kuliah di paket semester di atas kita.

Contohnya gini. Misalnya lo lagi mau ngurus  KRS (Kartu Rencana Studi) semester 3. Kalo misalnya IP lo mencukupi untuk mengambil sks diatas 20 dan segala persyaratannnya sudah terpenuhi, lo bisa ambil mata kuliah di semester 5, 7, atopun 9. Tapi nyundulnya itu hanya berlaku buat mata kuliah-mata kuliah dalam lingkup semester ganjil (semester ganjil itu semester 1, 3, 5, 9). Hal yang samapun juga berlaku untuk semester genap dan semester padat (SP).

Nah gw pertama kali nyundul mata kuliah itu baru semester 4. Waktu itu gw ambil mata kuliah Ilmu Perundang-undangan (IPU) dan ambil 24 sks. Iya gw tau, kenapa ga dari semester 2 aja mulai nyundul. Alesannya satu: GW MASIH MABA (Mahasiswa Bau Baru).. Masih bego-begonya deeh dan wajar dong kalo ngelakuin kesalahan fatal. Hehehehe....

Plus waktu itu gw kepikiran buat ikut SPMB lagi. Karna jujur gw masih berharap masuk UI. Pantang menyerah deh buat masuk ke THE DREAMING CAMPUS. Hehehehe..... Yah itulah segelintir alasan kenapa gw baru nyundul pada semester 4.

Dan akhirnya semenjak semester 4, gw mulai trus mulai menyundul mata kuliah dan mulai mengambil sks di atas 20. Ngejar ketertinggalan, cuuy. Biar lulusnya bisa tepat waktu  (minimal) 4 tahun. Hehehehe..... Berikut mata kuliah-mata kuliah apa yang gw sundul -->
semester 5 --> Hukum Lingkungan, PLKH-Legislative Drafting, Hukum Surat-Surat Berharga (SSB)
semester 6 --> Etika Profesi, Kapita Selekta Hukum Pidana (Kapsel Hukum Pidana), Filsafat Hukum (FilHum)
SP 2010 --> Metode Penelitian dan Penulisan Hukum (MPH), Penyelesaian Sengketa di Luar Pengadilan (Alternative Dispute Resolution/ ADR), Hukum Persaingan usaha (HPU)
SP 2009 -->Hukum Acara Pidana (Hapid)
Yah soalnya kalo gitu, kayaknya bakal sulit buat gw untuk ngejar ketertinggalan mata kuliah. Selain nyundul mata kuliah, gw juga rajin ikut SP. Mulai dari SP 2009, gw ikut SP trus. Pengecualian hanya untuk tahun ini dan SP tahun 2008. Karna jumlah matakuliah yang tersisa hanya tinggal mata kuliah Penulisan Hukum a. k. a SKRIPSI.

Karena 7 huruf itulah, semenjak bulan januari, gw serasa lagi long holiday dan berharap skripsi kelar. Hingga oktober segera mendengarkan lagu Gaudium Igitur dengan mengenakan toga. Amiiiin.........

Wish me luck.

24 comments:

  1. Amiiinnn....
    Semoga lancar dan sukses yah, Dek...

    ReplyDelete
  2. semoga cepet kelar skripsinya dan bisa ngumpulin banyak duit dan nyundul cewek. hehe

    ReplyDelete
  3. @ dewi: amiiin.... semoga terkabul....

    @ Muh. affip: soal cewe, diaminkan saja deh... hihihihi... :D

    ReplyDelete
  4. ya semoga apa yang menjadi planning kesampaian..

    ReplyDelete
  5. sekali lagi amiiiiiiiiinnnnnnnnn.........

    ReplyDelete
  6. baru tahu istilah nyundul mata kuliah di sini deh.. atau jangan2 aku yang ketinggalan kereta...
    :)

    ReplyDelete
  7. ayo dikebut dong skripsinya.. biar cepet bisa ikutan wisuda.

    ReplyDelete
  8. mungkin istilahnya ini cuman di kampus saya aja kali buuu. ini juga taunya dari temen. :D

    ReplyDelete
  9. nyundul hehehe lucu bnget,,semoga cepat lulus ayo semangat garap skripsinya

    ReplyDelete
  10. kalo wkt kuliah dulu namanya bukan nyundul tapi ngeborong karena banyak mata kuliah yg diambil

    ReplyDelete
  11. Semoga sukses skripsinya yah, Nuel :-)

    ReplyDelete
  12. Wah klo saya udh nyundul dari semseter 2 ini hehe

    ReplyDelete
  13. enak banget. di kampus gue bisa sih tapi jadwal yang bentrok. jadinya kagak bisaaa

    ReplyDelete
  14. berhubung aq g pernah merasakan bangku kuliah jd g bisa merasakan, dalam dunia blogger sundul2an saling klik iklan gt hehehhe

    ReplyDelete
  15. kirain nyundul apaan wooouh ==a okeeey semoga tersundul dan goal...semoga cepet lulus..jadi sarjana yang sakinah mawadah warohmah...dan cepat di karuniai momongan eaaa

    ReplyDelete
  16. @ mbak Fanny: yup beda kampus beda istilah.

    @ lyliana+dinda: makasiii..........

    @ John+sukro: nice info, gaaan....

    @ brian. sukurlah kalo gitu.... good luck yah kuliahnya... :)

    ReplyDelete
  17. @ Boku: makasi...

    @ rizky: gapapa koq.... siapa tau ini bisa jadi pembelajaran buat lo persiapan kuliah. hehehhee

    ReplyDelete
  18. Kalo di kampus saya istilahnya "nyodok". Anyway, good luck buat skripsinya, Man! Ayo, cepat dikelarin tuh skripsi. :D

    ReplyDelete
  19. sama-sama kimm. heehehe.... iya-iya beda kampus beda istilah beda tradisi. hehehe... good luck yah yang mau cari kerja.... :)

    ReplyDelete
  20. Amiiinn

    eh faviconnya ganti jadi lambang intikali, hehe

    ReplyDelete
  21. iyaaaa. hehehehe..... gw ikutin petunjuk nya si john. jadinya kayak gitu... hehhehe

    ReplyDelete

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^