Thursday, June 9, 2011

Nyundul yok nyundul!!!



Di FH Atmajaya, ada satu istilah yang menarik perhatian yang (mungkin) cukup akrab di fakultas gw. Istilah ini gw dapetin dari temen gw, Budi. Nama istilah itu 'nyundul'.

Eits, jangan salah dulu. Maksudnya nyundul itu bukannya nyundul bola loooh. Salaaaah. Karena maksudnya adalah ngambil mata kuliah di paket semester di atas kita.

Contohnya gini. Misalnya lo lagi mau ngurus  KRS (Kartu Rencana Studi) semester 3. Kalo misalnya IP lo mencukupi untuk mengambil sks diatas 20 dan segala persyaratannnya sudah terpenuhi, lo bisa ambil mata kuliah di semester 5, 7, atopun 9. Tapi nyundulnya itu hanya berlaku buat mata kuliah-mata kuliah dalam lingkup semester ganjil (semester ganjil itu semester 1, 3, 5, 9). Hal yang samapun juga berlaku untuk semester genap dan semester padat (SP).

Nah gw pertama kali nyundul mata kuliah itu baru semester 4. Waktu itu gw ambil mata kuliah Ilmu Perundang-undangan (IPU) dan ambil 24 sks. Iya gw tau, kenapa ga dari semester 2 aja mulai nyundul. Alesannya satu: GW MASIH MABA (Mahasiswa Bau Baru).. Masih bego-begonya deeh dan wajar dong kalo ngelakuin kesalahan fatal. Hehehehe....

Plus waktu itu gw kepikiran buat ikut SPMB lagi. Karna jujur gw masih berharap masuk UI. Pantang menyerah deh buat masuk ke THE DREAMING CAMPUS. Hehehehe..... Yah itulah segelintir alasan kenapa gw baru nyundul pada semester 4.

Dan akhirnya semenjak semester 4, gw mulai trus mulai menyundul mata kuliah dan mulai mengambil sks di atas 20. Ngejar ketertinggalan, cuuy. Biar lulusnya bisa tepat waktu  (minimal) 4 tahun. Hehehehe..... Berikut mata kuliah-mata kuliah apa yang gw sundul -->
semester 5 --> Hukum Lingkungan, PLKH-Legislative Drafting, Hukum Surat-Surat Berharga (SSB)
semester 6 --> Etika Profesi, Kapita Selekta Hukum Pidana (Kapsel Hukum Pidana), Filsafat Hukum (FilHum)
SP 2010 --> Metode Penelitian dan Penulisan Hukum (MPH), Penyelesaian Sengketa di Luar Pengadilan (Alternative Dispute Resolution/ ADR), Hukum Persaingan usaha (HPU)
SP 2009 -->Hukum Acara Pidana (Hapid)
Yah soalnya kalo gitu, kayaknya bakal sulit buat gw untuk ngejar ketertinggalan mata kuliah. Selain nyundul mata kuliah, gw juga rajin ikut SP. Mulai dari SP 2009, gw ikut SP trus. Pengecualian hanya untuk tahun ini dan SP tahun 2008. Karna jumlah matakuliah yang tersisa hanya tinggal mata kuliah Penulisan Hukum a. k. a SKRIPSI.

Karena 7 huruf itulah, semenjak bulan januari, gw serasa lagi long holiday dan berharap skripsi kelar. Hingga oktober segera mendengarkan lagu Gaudium Igitur dengan mengenakan toga. Amiiiin.........

Wish me luck.