Saturday, April 2, 2011

ADIL


Adil.....

Ada yang tahu apa itu definisi adil ???

Mungkin akan banyak jawabannya. Karena kata adil sendiri, menurutku artinya banyak sekali. Sangat abstrak. Tergantung masing-masing orang untuk menafsirkannya.

Tapi kalau disuruh mencari definisinya, saya akan menjawab,
ADIL adalah suatu keadaan dimana kita mendapatkan apa yang seharusnya, dan apa yang seharusnya menjadi hak kita. Tapi itu juga belum pasti. Jangan dijadikan acuan. Mungkin kalian, para netter ada yang tahu definisi adil yang lebih tepat.

Selain itu, aku juga keberatan dengan konsep adilnya paham KOMUNISME, yaitu sama rata-sama rasa. Bagiku, itu BULLSHIT. Tidak mungkin semua orang mendapatkan apa yang diinginkan sama dengan orang lain. Pasti ada perbedaannya, walaupun kecil sekali perbedaannya. Contohnya, waktu kita membagi sebuah kue untuk 8 orang. Walaupun kita berusaha membagi seadil-adilnya, pasti ada bedanya. Yah, mungkin bedanya satu milipun. Satu mili, menurutku juga suatu perbedaan. Apalagi satu mikro. Begitupun dengan uang. Kalau jumlahnya genap seperti Rp10000, Rp100000, atau apalah, mungkin gampang membaginya dengan seadil-adilnya. Coba kalau Rp177500, bagaimana coba membagi yang seadil-adilnya untuk 3 orang? Ada yang tahu???

Jadi kalau ada teman kita yang punya uang banyak, rumah mewah, apa harus dipaksakan yang lainnya harus mendapatkan apa yang diterima orang tersebut. Kasihan, menurutku bila kita kerja mati-matian, tapi apa yang kita dapatkan disamaratakan. Kita kan juga butuh suatu reward. Reward untuk masing-masing orang juga berbeda-beda. Tergantung dari usaha orang tersebut untuk mendapatkan reward itu sendiri.

Jadi inti dari postinganku hari ini adalah nonsense untuk menciptakan keadaan yang benar adil seadil-adilnya. Pasti ada perbedaan walau berbeda satu milipun. Memang bagus menciptakan keadaan adil. Itu baik. Namun janganlah menciptakan keadilan, hanya untuk menciptakan keseragaman dan menghindari kesenjangan. Itu nonsense, kawan. Kesenjangan itu akan selalu ada, yah walau hanya satu milipun. Lagipula di Alkitab yang aku baca pun, Allah berfirman bahwa orang miskin itu akan selalu ada. Itu aku baca di kitab Ulangan 15:10-11 yang berbunyi sebagai berikut:
Engkau harus memberi kepadanya dengan limpahnya dan janganlah hatimu berdukacita, apabila engkau memberi kepadanya, sebab oleh karena itulah Tuhan, Allahmu akan memberkati engkau. Sebab orang miskin tidak hentinya akan ada di dalam negeri itu; itulah sebabnya Aku memberi perintah kepadamu demikian: Haruslah engkau membuka tangan lebar-lebar bagi saudara-saudaramu, yang tertindas dan yang miskin di negerimu.

Mungkin saja keadaan itu timbul akibat dosa-dosa umat manusia. Dan mungkin saat di sorga lah, baru tercipta keadaan yang seadil-adilnya. Hanya TUHAN ALLAH yang dapat menciptakan keadaan seperti itu.

Yah itulah pandanganku mengenai adil itu sendiri yang menurutku itu masih relatif. Pengertian dan prakteknya diserahkan ke masing-masing orang. BULLSHIT bila ada orang yang berusaha menciptakan keadilan sama seperti konsep adilnya KOMUNISME.