Saturday, April 2, 2011

ADIL


Adil.....

Ada yang tahu apa itu definisi adil ???

Mungkin akan banyak jawabannya. Karena kata adil sendiri, menurutku artinya banyak sekali. Sangat abstrak. Tergantung masing-masing orang untuk menafsirkannya.

Tapi kalau disuruh mencari definisinya, saya akan menjawab,
ADIL adalah suatu keadaan dimana kita mendapatkan apa yang seharusnya, dan apa yang seharusnya menjadi hak kita. Tapi itu juga belum pasti. Jangan dijadikan acuan. Mungkin kalian, para netter ada yang tahu definisi adil yang lebih tepat.

Selain itu, aku juga keberatan dengan konsep adilnya paham KOMUNISME, yaitu sama rata-sama rasa. Bagiku, itu BULLSHIT. Tidak mungkin semua orang mendapatkan apa yang diinginkan sama dengan orang lain. Pasti ada perbedaannya, walaupun kecil sekali perbedaannya. Contohnya, waktu kita membagi sebuah kue untuk 8 orang. Walaupun kita berusaha membagi seadil-adilnya, pasti ada bedanya. Yah, mungkin bedanya satu milipun. Satu mili, menurutku juga suatu perbedaan. Apalagi satu mikro. Begitupun dengan uang. Kalau jumlahnya genap seperti Rp10000, Rp100000, atau apalah, mungkin gampang membaginya dengan seadil-adilnya. Coba kalau Rp177500, bagaimana coba membagi yang seadil-adilnya untuk 3 orang? Ada yang tahu???

Jadi kalau ada teman kita yang punya uang banyak, rumah mewah, apa harus dipaksakan yang lainnya harus mendapatkan apa yang diterima orang tersebut. Kasihan, menurutku bila kita kerja mati-matian, tapi apa yang kita dapatkan disamaratakan. Kita kan juga butuh suatu reward. Reward untuk masing-masing orang juga berbeda-beda. Tergantung dari usaha orang tersebut untuk mendapatkan reward itu sendiri.

Jadi inti dari postinganku hari ini adalah nonsense untuk menciptakan keadaan yang benar adil seadil-adilnya. Pasti ada perbedaan walau berbeda satu milipun. Memang bagus menciptakan keadaan adil. Itu baik. Namun janganlah menciptakan keadilan, hanya untuk menciptakan keseragaman dan menghindari kesenjangan. Itu nonsense, kawan. Kesenjangan itu akan selalu ada, yah walau hanya satu milipun. Lagipula di Alkitab yang aku baca pun, Allah berfirman bahwa orang miskin itu akan selalu ada. Itu aku baca di kitab Ulangan 15:10-11 yang berbunyi sebagai berikut:
Engkau harus memberi kepadanya dengan limpahnya dan janganlah hatimu berdukacita, apabila engkau memberi kepadanya, sebab oleh karena itulah Tuhan, Allahmu akan memberkati engkau. Sebab orang miskin tidak hentinya akan ada di dalam negeri itu; itulah sebabnya Aku memberi perintah kepadamu demikian: Haruslah engkau membuka tangan lebar-lebar bagi saudara-saudaramu, yang tertindas dan yang miskin di negerimu.

Mungkin saja keadaan itu timbul akibat dosa-dosa umat manusia. Dan mungkin saat di sorga lah, baru tercipta keadaan yang seadil-adilnya. Hanya TUHAN ALLAH yang dapat menciptakan keadaan seperti itu.

Yah itulah pandanganku mengenai adil itu sendiri yang menurutku itu masih relatif. Pengertian dan prakteknya diserahkan ke masing-masing orang. BULLSHIT bila ada orang yang berusaha menciptakan keadilan sama seperti konsep adilnya KOMUNISME.

17 comments:

  1. makanya ada pepatah bilang, apa salah jadi orang miskin?

    ga salah sih. tapi coba liat, usaha mereka yg berhasil kaya, gimana beratnya? apakah yg miskin sudah berusaha sebesar usaha yg berhasil kaya?

    nasib. okay, bisa juga. tapi org yg berhasil kaya ga selalu mereka yg lahir di keluarga kaya. yg miskin dan jadi kayak juga banyak. haha.

    ReplyDelete
  2. Keadilan itu milik Allah semata, karena manusia tak ada yg benar2 bisa adil..

    ReplyDelete
  3. Hayooo... bagi waktu yg adil antara skripsi dan blog... hehehe
    Semangat kawan...!

    ReplyDelete
  4. Halooo.... masih ingat Shasa? Maaf nih barusan selesai UTS, jadi lama gak posting.

    ReplyDelete
  5. Wah...adil ya? Adil itu tidak berat sebelah :D

    ReplyDelete
  6. hiduup Nueel!!! yeeaaah..

    mantab berapi api bung... hehehe... bentar bentar, istirahat dulu, ambil nafas... ckckck...

    kalo menurut saya adil tuh berarti memberikan sesuatu sesuai dengan haknya. Bukan sama rata, bukan pula ada yang besar dan kecil. Nah karena patokan haknya seperti apa itu nggak ada ukurannya, maka berbuat adil itu susah. Tapi bukan tidak mungkin dilakukan kaan?..

    btw, sekarang tiap mampir komen cuman dikit, lagi kejar setoran yah?

    ReplyDelete
  7. perasaan td udah di koment deh, tp kok ga nongol yah?:(

    adil itu sebenarnya relatif sih, tergantung orang nilainya gimana. Tapi, saya juga susah untuk mengambil keputusan, ini adil ga yah?
    :D

    ReplyDelete
  8. Cuma ALLAH yang bisa menimbang sesuatu itu seadil-adilnya.
    Cuma DIA zat maha sempurna yang bisa menghitung hingga ke bagian paling kecil dan membaginya secara merata. Dan dari DIA lah keadilan yang absolut baru bisa lahir.

    ReplyDelete
  9. cek emailnya ya bro" klo jelek jgn dipajang bro.. thanks be 4

    ReplyDelete
  10. duh... mahasiswa hukum bahasan-nya adil.... cocok dah!!!! kalo menurutku, adil itu gak mesti harus Sama!!!
    contohnya, seorang ayah justru bisa dianggap adil ketika memberi uang saku sama rata pada anak-anaknya.
    tapi seorang ayah akan menjadi adil jika memberi mereka sesuai dengan kebutuhan masing2.

    ReplyDelete
  11. eh salah ketik... maksudnya seorang ayah justru bisa dianggap GAK adil ketika memberi uang saku sama rata pada anak-anaknya.
    tapi seorang ayah akan menjadi adil jika memberi mereka sesuai dengan kebutuhan masing2.

    ReplyDelete
  12. @ gaphe:
    kayaknya gw jarang banget yah mas bikin postingan yang seriusan dikit. hahaha

    ReplyDelete
  13. seperti di lirik lagu Bondan yg Unity. adil belum tentu sama rata.

    adil itu ketika dapat yang semestinya, seharusnya, sebaiknya, dan sodara-sodaranya

    ReplyDelete
  14. hahaha.... betul, betul, betul....

    ReplyDelete

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^