Responmu Menentukan Kualitasmu

 













Apakah kalian pernah dengar nama Bernie Eccelestone? Beliau adalah pendiri dari Formula One (F1) Group, sekaligus merangkap sebagai CEO selama 40 tahun. Ada kisah menarik tentang beliau. 

Suatu hari, Bernie berjalan keluar dari kantornya di Knightsbridge. Saat melewati tempat yang agak sepi, beberapa orang menghadang. Mereka mengepung Bernie. Lalu, Bernie dirampok. Dipukul habis-habisan sampai babak belur. Mata sebelah kanannya bengkak menghitam. Itu tidak seberapa, sebab semua barang berharga yang dibawanya lenyap dibawa perampok. Termasuk jam tangan mewah yang berharga 4 milyar rupiah: Hublot.

Jika kalian sebagai Bernie, apa yang akan kamu lakukan? Marah-marah kepada polisi? Atau mengomel tidak ada jentrungan karena kerampokan kepada orang lain?

Sayangnya, Bernie tidak begitu. Dia tidak akan jadi pengusaha sukses jika perilakunya sama seperti orang kebanyakan. Yang Bernie lakukan cukup sederhana sekaligus unik. Dia meminta orang untuk memfoto wajahnya yang babak belur. Mencetaknya, dan mengirimkannya kepada CEO Hublot, Jean Claude Biver. Tidak lupa, dia menuliskan sebuah pesan : "See what people will do for a Hublot”.

Ini komplain yang sederhana dari Bos F1. Sederhana, namun tajam. Orang kebanyakan, jika mendapatkan komplain negatif pasti akan panik, lalu mati-matian mencegah agar kisah buruk tidak sampai tersebar. Eh, CEO Hublot berbeda. Dia malah meminta ijin kepada Bernie untuk membuat iklan dengan memasang fotonya yang babak belur sekaligus meminta agar Hublot menjadi jam resmi dari Formula 1.

Lalu apa yang terjadi? Setelah iklan itu diluncurkan, hasil penjualan jam tangan Hublot meroket. Bernie yang di rampok, malah dapat uang dari model iklan dan royalti penjualan jam. Sementara CEO Hublot yang mendapat komplain dari Bos F1, malah berhasil mengubahnya menjadi iklan yang membawa untung besar. 

Mengapa ini bisa terjadi ? Kuncinya adalah pada respon yang diberikan. Ada yang bilang, suatu kondisi atau kejadian bisa saja salah, tetapi respon kita terhadap suatu kejadian, itulah yang terpenting.














Comments

PLACE YOUR AD HERE

PLACE YOUR AD HERE
~ pasang iklan hanya Rp 100.000 per banner per 30 hari ~