Penggenapan yang Mengagetkan

 













Percaya atau tidak percaya, well aku cukup kaget dengan berita meninggalnya Ki Manteb Soedharsono. Bagaimana tidak kaget, karena sejak 2017 yang lalu, aku sudah mengira mungkin dalang itu bakal meninggal. Saat itu, aku punya pikiran aneh yang melintas begitu saja. Pikiran aneh aku itu, salah satunya adalah tentang kematian Ki Manteb Soedharsono tersebut. Aku hanya punya pikiran, si dalang bakal meninggal cepat atau lambat. Aku tak bisa mengetahui secara rinci kapan pastinya waktu kematiannya. 

Hal yang sama berlaku pula untuk kematian Jakob Oetama tahun lalu. Di tahun 2017 yang lalu, aku sudah mengira-ngira beberapa tokoh bakal dipanggil Tuhan. Kagetnya aku. Sebagian besar tokoh yang aku bayangkan meninggal itu ternyata betul-betul pergi ke alam sana. 

Oke, silahkan tidak percaya. Abaikan saja. Sungguh prolog yang sangat aneh. 

Yah, aku turut berdukacita atas meninggalnya Ki Manteb Soedharsono. Semoga segala dosa si dalang diampuni dan arwahnya berada di tempat yang selayaknya. 

Aku juga berdoa yang sama untuk Mbak You.

Tapi, sumpah, masih kaget saja. Seperti tergenapi segala pikiran aneh yang muncul saat itu di tahun 2017 yang lalu. Apa maksudnya, yah? 












Comments

Place Your Ads Here