Yang Katanya di Luar Kotak

 












Gambar di atas merupakan gambar kertas ulangan seorang anak. Entah itu benar-benar kertas ulangan, entah itu hanya permainan Photoshop. Seandainya memang benar kertas ulangan--dan sungguh terjadi, beruntung sekali anak itu. 

Dulu saja, saat aku masih seorang pelajar SD, kalau aku memberikan jawaban nyeleneh dan tak sesuai text book (dulu aku bilang text book itu buku paket), aku langsung diomeli guru. Nilai merah langsung aku dapatkan. Temanku saja yang suka menggambar tokoh Fido Dido di jam pelajaran Kesenian saja, dia pernah dikritik guru. 

Aku bisa bilang, kadang kreativitas itu lebih sering tidak dianggap di lingkungan sekolah atau akademis. Kreativitas baru benar-benar diperhatikan di luar urusan akademis. Ini berdasarkan kesaksian aku juga. Yang namanya out of the box (berpikir di luar kotak), secara praktek itu tidaklah mudah. Berpikir out of the box yang tidak memperhatikan situasi dan kondisi bisa membuat kita makin berada dalam kotak. Karena tak semua orang bisa menerimanya sama baik dengan kita. Salah satunya, foto kertas ulangan di atas tersebut. 

Mungkin si anak cukup beruntung yang bisa bertemu guru yang mengerti otak kreatifnya. Tapi, guru yang lain belum tentu bisa menerima hal itu juga. Secara ilmu yang diajarkan, jawaban dia juga salah. Harusnya jawabannya itu Tuhan. Soal seperti ini biasanya yang diuji itu bukan daya kreativitas si anak, namun daya ingat dan kemampuan dia dalam mencerna apa yang diajarkan. Saat masih sekolah dulu, guru-guru sering memberitahukan hal itu kepada aku kenapa kita harus belajar dan (menjawab soal) ujian.

Tapi, sudah-lah. Terkadang anak juga harus diajarkan untuk bisa berpikir out of the box. Berpikir out of the box pada kenyataannya sangat dibutuhkan di dalam masyarakat. Banyak pebisnis yang bisa sukses karena sering berpikiran out of the box. Salah satunya, Jack Ma. Jack Ma pernah berkata bahwa (mungkin) kelak semua pekerjaan akan diambil oleh mesin. Padahal ada tiga hal yang tidak bisa digantikan oleh mesin, yaitu: 

1. Imajinasi;
2. Kreativitas;
3. Kemampuan bekerja sama.

Bayangkan, kelak semuanya tergantikan dengan mesin, dan manusia tidak bisa berpikir kreatif. 












Comments

Place Your Ads Here