Sinopsis Skenario Pertamaku yang Dapat Respon PH






Sebetulnya sejak dua tahun lalu, aku mulai terjun di dunia FTV begitu. Bukan, bukan sebagai pemainnya. Tapi aku terjun sebagai penulis ide ceritanya. Alias yang bikin sinopsis skenarionya. Jadi, begini saudara-saudara, sebelum jadi satu skenario utuh, sebuah skenario itu awalnya sebuah sinopsis yang pertama belajar itu sebanyak 3-4 halaman. Namun sekarang dibatasi hanya tiga halaman saja. Nah aku waktu itu diajak sama +Riyan Hasanin . Iseng-iseng aku coba kesempatan itu. Apalagi bayarannya menggiurkan, tapi tak mau sebut nominal-lah. Kurang etis juga. Maaf yah! (^^)v





Tapi ternyata bikin sinopsis itu susah juga yah. Pas menonton beberapa FTV, selalu berpikir, 'Ah cerita model begini mah, gampang kali dibikin?!' Ternyata anggapanku dulu itu keliru banget. Tak segampang itu. Sulit banget malah. Agar sinopsis kita diterima pihak PH atau stasiun TV, harus memenuhi beberapa kriteria dulu. Bisa dilihat dari screen shoot surel balasan dari produser pelaksananya. Anyway, aku kirim sinopsis itu ke ScreenPlay Production.


Dari hasil review itu, bisa terlihat, kan, sinopsis kita harus seperti apa (Sisanya bisa dilihat di sini)? Nah, itu ternyata susah banget. Tak terbayang jadinya bagaimana stressnya seorang +Feby Andriawan selama bikin puluhan sinopsis skenario. Sakti banget tuh isi kepala si Feby. Hahaha. Sembah sujud ke si empunya (http://www.febstories.blogspot.co.id/).

Walau akhirnya ditelepon pihak ScreenPlay Production, diundang ke kantornya yang dekat Senayan City, diberitahukan pula trik-triknya, bikin satu sinopsis yang disukai pihak stasiun TV itu tak mudah, Kawan! Tapi tetap aku tak akan menyerah. Bukankah kalau berhasil tembus, beberapa langkah lagi menuju impian tersebut? SEMANGAT!!!

At last, berhubung aku orangnya super duper baik sekali, ini aku kasih satu sinopsis buatanku (yang ditolak setelah beberapa kali revisi). Siapa tahu ada yang berminat untuk mempelajari.

JEBAKAN BETMEN FOTOGRAFER CANTIK


Comments

  1. Coba terus kawan! cihuy ada link gw di postingan ini, asyiiikkk.. :D

    ReplyDelete
  2. wah keren nuel
    kalo tembus, aku yakin bayarannya gede
    semangat yah! :)

    ReplyDelete
  3. aku juga dulu sempat berpikir gitu saat nonton FTV.. ceritanya simple sekali jika di tonton. tapi membaca pengakuanmu yang menulis sinopsisnya susah...ternyata cara pikirku salah :) semangat terus Nuel untuk mencobanya . Udah lama sekali gak BW kesini...udah banyak cerita yg ketinggalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih. Hehehe

      Ngerti kok kenapa jarang main. Mungkin karena selama ini beberapa post jadi terasa annoying buat kamu, ya kan? Hahaha.

      Delete
  4. Jangan patah semangat mas, coba terus, bikin sesuatu yang beda dan gak biasa ya :v

    ReplyDelete
  5. Sepicisan apapun FTV, saya selalu menyukainya. Tapi paling suka yg FTV di NET TV, dan sekarang udah ga ada lagi.

    ReplyDelete
  6. boleh minta alamat email untuk kirim sinopsis FTV? thankyou.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Thanks kak buat berbagi pengalamannya. Oh ya, buat pengirim sinopsis yang dipanggil di kantornya itu semua yg ngirim ke pihak screenplay nya apa cuma orang tertentu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu sih diajakin ke kantornya. Diajarin cara nulis. Diwawancarai juga. Yang kuhadapi itu produser pelaksananya.

      Delete
  9. Hai, Kak. Terima kasih atas sharing pengalamannya. Saya belakangan ini lagi tertarik untuk terjun ke dunia kepenulisan FTV. Bolehkah saya tahu ke mana saya harus mengirimkan sinopsisnya? Dan juga tentang subjek atau nama file saat mengirimkan ke pihak PH. Semoga kakak berkenan menjawab, ya. Terima kasih 😊🙏

    ReplyDelete
  10. Hai, kak. Salam kenal. Terimakasih untuk sharing pengalamannya. Sejujurnya saya punya beberapa draft sinopsis untuk FTV, sayangnya nggak tahu harus mengirim sinopsis itu kemana. Barangkali kakak tidak keberatan untuk membaca atau mereview sinopsis saya dan membantu memberitahu bagaimana etika pengiriman naskah ke PH. Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa baca post yang ini:
      https://www.immanuel-notes.com/2021/08/dikirim-ke-mana.html

      email nya ada di sana yah.

      Delete

Post a Comment

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^

PLACE YOUR AD HERE

PLACE YOUR AD HERE
~ pasang iklan hanya Rp 100.000 per banner per 30 hari ~