Berapa Tinggi Goliat?

 






Jeffrey Rachmat yang tengah berkhotbah untuk jemaat GBI Basilea.






Khotbah hari ini--yang dibawakan oleh Jeffrey Rachmat (yang berasal dari JPCC)--berasal dari satu nats yang sangat keren sekali. Kisah tentang Daud melawan Goliat. Itu kisah klasik yang beberapa orang menganggap itu dongeng belaka. Apa pasal? 

Bahwasanya tinggi Goliat itu yang dipermasalahkan. Adapun diceritakan tinggi panglima perang orang Filistin itu sebesar 6 hasta. Berapakah 6 hasta itu jika dikonversikan ke dalam satuan meter atau centimeter? Berikut hitung-hitungannya. 

1 hasta = 45 cm 
1 hasta = (45 ÷ 100) m 
1 hasta = 0,45 m 

Jika 1 hasta itu sama dengan 0,45 meter, maka tinggi Goliat itu adalah 6 x 0,45 meter, alias tinggi Goliat itu hampir 3 meter. Tinggi sekali, yah? Benarkah Goliat pernah hidup di muka bumi ini?
















Bayangkan, tinggi Goliat itu 2,7 meter. Sementara Yao Ming, mantan pebasket NBA itu memiliki tinggi badan sekitar 2,29 meter. Untuk tinggi Yao Ming, bisa dilihat di foto paling bawah. Kebetulan ada temanku yang empunya kafe Elbow Room: Coffee and Friends (yang berada di Taman Tekno, BSD) yang pernah berfoto bareng Yao Ming. 

Kembali ke tinggi Goliat. Jika melihat hitung-hitungan dan foto Yao Ming tersebut, selanjutnya kalian bisa bayangkan sendiri Goliat itu seberapa besar, hingga membuat pasukan Israel ketakutan dan Raja Saul pusing tujuh keliling. Hampir menyerupai raksasa. 








Foto si empunya foto  sengaja ditutupi demi menjaga privasi yang bersangkutan. 







Inti dari post ini: 

Nothing is impossible. Daud saja yang kecil mungil dan seorang gembala bisa mengalahkan panglima perangnya pasukan Filistin, yang bertinggi badan hampir 3 meter. Yuk, bisa, yuk!

Well, bagaimana juga dengan tinggi Nabi Adam, yah? Wah!














Comments