Tuesday, March 31, 2015

BANBANPRET: dimana seriousness dan joy saling bertemu






Hola! Ohisashiburi. Sudah lama sekali aku tak me-review blog. Saking lamanya aku malah lupa blog siapa yang kubedah habis-habisan kali terakhir. Hahaha. 

Dan, sekarang-sekarang ini, aku lagi penuh kehasratan yang makin menggebu-gebu sekali, ingin me-review sebuah blog. Blog siapa yang beruntung--jadi yang pertama ku-review di tahun 2015 ini? Mau tahu? Ciyus, qaqa? Miyapa? Mi tek-tek? Maca cih? Mau tahu banget atau mau tahu saja? 






Oke, oke, intermeso sedikit, saudara-saudara! Jyoudan yo! Just kidding! 

Jadi..... 

...blog yang beruntung itu ialah...

*drumbeat

*tarakdungcescestarakdungcesces








Oke, para pembaca mulai gemas. Mari kubuka siapa blogger yang beruntung itu? Dan dia adalah.....





Yak, selamat untuk Afghan Elbanna, yang mana merupakan afganisme ! Selamat anda berhasil mendapatkan satu piring cantik bergambar Paris Hilton (yang langsung diambil sama aku :p). 

Oke, oke, cukup basa-basinya. Langsung saja kubedah yah. 

Jadi, awal mengenal blog Bro Afghan ini tuh saat 2013. Kalau tak salah ingat, semoga ingatan tak mengkhianati, tepatnya lagi April 2013. Awalnya aku tak sengaja mendarat di blog yang jika tak salah ingat, masih ber-domain -blogspot.com. Ada sebuah kekisruhan di ranah blogsphere. Dan BANBANPRET ini dulunya bagian dari komunitas blogger paling kece (Founder-nya Mpok-Mpok Kece sih! Aw aw aw!).

Pasti banyak yang bertanya-tanya kisruh apakah itu. Hmm, rada tak enak sih buka aib orang. Tapi yang bisa kukatakan, ada hubungannya sama copy-and-paste. Paham kan? Oke lanjut!!!

Nah kekisruhan itu mengantarkanku ke blog Bro Afghan ini. Memang sih isu itu benar. Tapi tak seratus persen benar. Ternyata blog-nya itu masih ada serpihan-serpihan yang merupakan hasil karya Bro Afghan. Malah aku terkesan dengan cara Bro Afghan ini menulis. Sungguh elegan. Berkelas. 

BANBANPRET ini sebetulnya bisa dikatakan gabungan antara niche blog dan personal blog. Eh sebetulnya sih, aku rada bingung menggolongkan blognya itu. Yah habis bagaimana yah. Isinya itu mirip blog-blog sejenis Terselubung. Lebih sering disesaki oleh informasi-informasi (layaknya portal berita) yang mungkin saja hasil copy-paste ketimbang jurnal harian. Tapi ada juga beberapa postingannya yang merupakan cerita sehari-hari Bro Afghan. Bahkan ada beberapa postingan yang 75%-nya itu buah pemikirannya yang rada ajib-ajib. Jadi,  aku bingung untuk mengklasifikasikan BANBANPRET ini.  Gado-gado banget!

Seperti yang sudah dijelaskan di paragraf sebelumnya, BANBANPRET ini lebih sering disesaki oleh postingan-postingan ala portal media. Namun yang bikin enak bacanya itu keahlian Bro Afghan dalam meramu tulisannya sehingga tak membosankan untuk dibaca. Jujur saja, untuk aku sendiri yah, agak malas baca artikel-artikel ala portal media yang bahasanya rada kaku. Mungkin kalau gaya bahasanya dibuat sesantai tulisan-tulisannya Bro Afghan ini, bakal lain ceritanya. 

Topik-topik yang diangkatnya pun beragam. Kadang bicara musik, kadang bicara agama, kadang bicara film, pernah pula bicara soal politik. Kadang Afghan ini serius sekali menulisnya, kadang pula muncul sisi gokil-nya. Seriousness dan joy yang saling bertemu, bukan? :p

Biar tak disangka hoax, ini cuplikan tulisannya dari "Get Rich".




"...Gue aja aslinya udah stop main semenjak dua minggu lalu. Eh, sehari sebelum tulisan ini rilis, kok rasanya pingin aja login lagi. Pas udah masuk, ternyata gue dapet"Welcome Back Prize" gitu berupa pendant, card pack, sama 200 diamond! Wuih, jadi seger lagi dong ya.
Jangan-jangan kalo udah lama nggak login sekitar semingguan, selalu dapet prize ini kali yak? Sebulan bisa dapet 800 diamond dong?!
[Oke skip]

Berhubung keseluruhan cara main Get Rich udah dirangkum di tutorialnya, ternyata masih banyak aja yang betah kalah. Mudah-mudahan, Dice Control Guide berikut ini jadi cara pertama yang tokcer untuk ngebantu kamu membunuh boring dan frustasi karena kalah melulu main Line Let's Get Rich. 

Sebelumnya, ada empat faktor dasar yang bisa kamu perkuat di Get Rich:

1. Character Card, semakin tinggi level dan class karakter kamu, bakalan semakin baik karakter kamu.

2. Dice, semakin tinggi level dan ability point dadu kamu, angka yang kamu dapat selama bermain juga akan semakin bagus.

3. Pendant, sejenis equipment/bonus untuk menambah keberuntungan kamu selama bermain.

4. Luck, campur tangan Tuhan di dalam game yang kita sebut sebagai "Keberuntungan"..."





Benar kan yang kubilang. Gaya bahasanya itu renyah. Enak banget disimaknya. Tak bikin jenuh bacanya. Dan worthy sekali untuk terus menyimak segala jenis tulisan Bro Afghan. Karena kenapa? Pasti ada hal-hal baru yang bisa kita dapatkan. Bro Afghan ini sungguh tahu bagaimana menyampaikan informasi-informasi baru langsung masuk ke otak para pembacanya. Luar biasa! Mungkin memang sudah bakat alam Bro Afghan kali yah. 

Bro Afghan ini--yang kuamati selama ini--orangnya itu sejenis pengamat sosial, kritis, frontal, open-minded, rada peka sama perasaan orang lain, punya rasa keadilan yang bagus, senang berbagi, tahu diri, suatu waktu suka melakukan kecerobohan (namun cepat belajar dari kesalahan), dan tidak grasa-grusu dalam melakukan sesuatu. Kebanyakan karakternya itu bisa kutangkap dari isi BANBANPRET sendiri. Tak ayal, BANBANPRET jadi blog yang cukup berkarakter. Aku menengarai bahwa mungkin kelak BANBANPRET bisa jadi semakin tenar, didatangi pengiklan tiap harinya, dan follower-nya bisa di atas 500. Berlebihan? Let's see

Bicara soal tampilan, BANBANPRET ini cukup minimalis. Tak banyak menggunakan widget-widget yang tak perlu. Segala widget-nya pas. Mungkin dia sudah memerhitungkan matang-matang saat mendesain lay-out BANBANPRET. 

Soal kecepatan mengakses, sampai sekarang ini, mau buka dari jaringan internet sendiri, ponsel, maupun, warnet--serta tempat hotspot, BANBANPRET cukup paling cepat nongol di layar. Semenit-dua menit pun sudah bisa langsung baca. 

So then? Bagaimana? Penasaran dengan BANBANPRET sendiri? Pengin kenal lebih lanjut sama Afghan Elbanna ini? Langsung saja buka blog-nya di:

http://www.banbanpret.com/

Dijamin tak akan pernah menyesal, deh! =D

9 comments:

  1. meluncur ke BANBANPRET ah penasaran pingin merasakan lgs blognya hehehe kaya makanan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ditunggu pesan, kesan, besan nya ya :')

      Delete
  2. Ada angin naon nih bro Immanuel? Kaget juga ada yang ngereview blog sesat gue.

    Seriousness dan joy apaan X) Semoga do'amu direalisasikan sama yang Maha Murah Hati ya. Thanks! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha,... Maaf berantakan Inggris nya. Mau pake Indonesia, kepanjangan. Susah juga nemu istilah yang cocok. -_-

      Delete
  3. Selamat kak afgan, semoga album berikut nya makin laris di pasaran #NgakNyambung

    ReplyDelete
  4. Mungkin genrenya blog semi-personal tuh.
    Beda dikit lah, kalau saya mah semi-personal semi-komersil. Buat bikin review blog orang kudu diiming-imingi sesuatu dulu saya mah.

    ReplyDelete
  5. Aku baru maen ke sana 2x kalok ngga salah.. Akhir-akhir ini aja sih.. :P

    Kalok portal berita gitu memang rada susah ya, Nuel.. Karena sumbernya sama semua. Jadi terkesan copy paste mungkin.. Kayak situs berita laennya kan nyomot dari huffington, bbc, dll.. Bedanya mereka pakek proses sadur.. :3

    ReplyDelete

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^