Saturday, February 1, 2014

10 Most Recommended Movies - Episode: February



Urutannya masih tetap acak yah! ^^


1. Ghost in Your Arms Again (2010)
Film dengan judul asli "Ghost: Mou Ichido Dakishimetai" ini merupakan remake dari film Amerika Serikat, Ghost. Makanya tak usah heran jika 85% alurnya agak-agak mirip. Tapi santai saja, kawan. Layaknya film-film Jepang kebanyakan, film ini memiliki akhir cerita yang tak bisa diprediksikan dan benar-benar berbeda dari yang ditirunya. Oya, film ini juga tergolong unik. Tempo filmnya selambat film-film Korea. Membosankan di awal, tapi menegangkan di pertengahan cerita.

Film ini sendiri menceritakan mengenai seorang wirausahawati bernama Nanami Hoshino yang menikahi seorang pengrajin Korea bernama Kim Jun-Ho. Kelak Nanami tewas. Ia ternyata dibunuh oleh rekan kerjanya sendiri. Dan kematian Nanami sebetulnya membawa berkah untuk seorang penipu yang mengaku cenayang; juga untuk seorang hantu anak perempuan.
RATE: 100










2. Virgin Snow (2007)
Film dengan judul Jepangnya itu "Hatsukoi no Yuuki", memang luar biasa ciamik secara pengambilan gambar. Benar-benar menikmati pemandangan kota Kyoto. Film ini merupakan kerjasama antara sineas Korea Selatan dengan sineas Jepang. Walau demikian, dari awal hingga akhir, lebih mirip film Korea dengan tempo film Jepang yang cepat. Film ini sendiri menceritakan mengenai Min Kim, siswa SMA, yang pindah ke Jepang karena profesi ayahnya yang seorang pengrajin. Selanjutnya, Min akan bertemu dengan gadis bernama Nanae Sasaki yang punya kehidupan suram.
RATE: 100










3. Cyborg She (2008)
Mari kita standing applause untuk Kwak Jae-Young (Juga untuk Haruka Ayase yang cukup meyakinkan sebagai perempuan android). Sebab meskipun orang Korea, ia bisa membuat film ini seperti film Jepang kebanyakan yang bertempo cepat. "Cyborg She" ini bagian dari sebuah project film franchise macam Fast-Furious. Ada hubungannya dengan My Sassy Girl yang diputar di Korea Selatan.

Film yang mengambil latar di Kobe ini menceritakan mengenai pertemuan seorang mahasiswa - yang baru patah hati - dengan robot perempuan ciptaannya di masa depan. Dan film yang berjudul asli "Boku no Kanojyo wa Saibogu" ini merupakan film sci-fi yang cukup dramatik. Persiapkan tisu juga untuk akhir cerita yang cukup jleb.
RATE: 100













4. Fireworks From the Heart (2010)
Film berjudul asli "Oniichan no Hanabi" ini bercerita mengenai seorang anak perempuan pengidap kanker - yang walau kondisinya memprihatinkan, ia malah menyemangati kakaknya untuk berhenti dari aktivitas mengurung diri di kamar. Awalnya si kakak tak segampang itu mengikuti mau si adik. Tapi karena semangat hidup si adik yang cukup berapi-api, si kakak sadar dan kembali bersemangat dalam menjalani hidupnya. Bahkan setelah si adik meninggal, si kakak bertekad untuk membuatkan satu kembang api spesial.
RATE: 100











5. Love at First Flood (2012)
Film Thailand yang memiliki sisi sinematografi yang cukup luar biasa ini menceritakan mengenai dua insan berlawanan jenis yang bertemu karena insiden banjir. Awalnya si perempuan takut dengan si laki-laki karena mengira hanya seorang yang cabul. Eh lama kelamaan si perempuan jadi suka, begitu pun si laki-laki. Secara keseluruhan, film ini agak klise. Bisa ditebak alurnya. Tapi yang membuat istimewa itu efek visualnya. Sang sutradara,Tiwa Moeithaisong dan Thanadol Nualsuth, sukses menggabungkan cara pengambilan gambar ala dokumenter atau reportase berita dengan cara pengambilan gambar ala film-film bioskop. Hasilnya terlihat seolah-olah film ini dibuat di dalam kondisi banjir.
RATE: 95












6. Born to Sing (2013)
Jadi di Korea Selatan itu ada sebuah ajang pencarian bakat bernama "Jeonguk Norae Jarang". Ajang itu sudah ada sejak era 1980-an, dan sudah menghasilkan banyak penyanyi jempolan. Mungkin karena begitu melegenda, dibuatkanlah filmnya. Tapi jangan berprasangka dulu. Filmnya bukan bertipe dokumenter. Justru lebih mirip film drama dan memiliki alur yang cukup menyentuh. Yang mau hendak disampaikan dari film ini: selalu ada drama di tiap ajang pencarian bakat. Seperti Bong-Nam yang bekerja di sebuah salon, dan selalu berhasrat menjadi penyanyi. Atau Bo-Ri, seorang anak kecil yang ikut kontes demi kakeknya. 
RATE: 100












7. Speed Angels (2012)
Film China ini menceritakan mengenai sebuah tim balap jet darat dengan pengemudinya seorang perempuan. Nama tim itu bernama "Speed Angels", dan terancam berprestasi anjlok karena pebalapnya yang tengah jatuh karena masalah pribadi. Namun saat seorang sopir taksi bernama Yu Mei bergabung, semuanya berubah. "Speed Angels" mulai bisa unjuk gigi lagi. Tapi di tengah-tengah bergabungnya Yu Mei, ada masalah serius. Yu Mei jatuh cinta dengan pelatihnya sendiri. Dan si pelatih sendiri ternyata juga disukai oleh dua pebalap lainnya. 

Secara keseluruhan, alurnya membingungkan, penuh drama, dan cukup berantakan. Apalagi akhir ceritanya sungguh bikin geleng-geleng kepala. Aroma propaganda terendus. Kenapa? Tokoh antagonisnya adalah orang Jepang dengan karakter yang sengaja dijelek-jelekan demi sebuah agenda tersembunyi (Jika kau tahu apa maksudku). Tapi tetap saja film ini layak ditonton. Jarang sekali ada film China dengan tema seperti ini. Efek visualnya juga digarap dengan baik. 
RATE: 85











8. You are the Apple of My Eye (2011)
Film ini memang dari novel - dan berdasarkan kisah nyata juga. Sutradaranya adalah penulis novel yang merupakan sumber adaptasi. Menurut sebuah sumber, film ini beranggaran dasar cukup minim. Alhasil teknik pembuatannya biasa-biasa saja. Seperti sebuah drama televisi. Tapi tidak dengan alurnya. Sekali menonton, tak mudah untuk melupakan alur ceritanya; tipikal film yang akan selalu dikenang. Cara penyajiannya apa adanya. Contoh: jangan kaget ada scene-scene nudis. Oya, film ini sendiri bercerita mengenai kisah cinta Ko-Teng yang memang seperti kebanyakan kisah cinta awam lainnya. Terkesan alamiah dan tidak menye-menye ala drama-drama Korea. Kesan saat menonton: lucu, sedih, terkesan, dan lain-lain sebagainya deh. Apalagi film ini bakal membuat kalian bernostalgia dengan masa-masa sekolah.
RATE: 100










9. Graceland (2012)
Yuk kita intip sebentar film dari tanah Filipina. Ternyata eh ternyata, ada satu film Filipina yang cukup layak ditonton. Namanya "Graceland". Film ini bercerita mengenai seorang sopir yang bekerja untuk seorang pejabat. Si sopir ini terlibat dalam sebuah kasus yang melibatkan bosnya. Dan siapa sangka, si sopir-lah yang  bakal menjatuhkan si pejabat yang terlibat kasus pedofilia. Nantinya juga, si sopir bakal dihadapkan pada sebuah dilema. Film besutan Ron Morales ini memiliki sisi sinematografis yang cukup apik. Permainan angle-nya juga bisa dikatakan ciamik dan sungguh bisa menarik emosi penonton.
RATE: 85









10. The Billionaire (2011)
Film ini berdasarkan kisah nyata. Cara pembuatannya hampir-hampir mirip dengan film The Iron Lady atau yang sejenisnya. Film yang berjudul asli "Top Secret Wairoon Pun Lan" ini menceritakan mengenai perjalanan seorang pengusaha bernama Top dari awal karir sampai akhirnya menjadi pengusaha termuda di negeri Thai. Film ini sangat cocok ditonton untuk kalian yang gigih memperjuangkan passion. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari sini. Salah satunya, jangan pernah meremehkan hobi yang kalian geluti. Karena kelak itu bisa memberikan segalanya ke kalian. Sama seperti si tokoh utama yang jadi pengusaha, karena hobinya bermain online game. 
RATE: 100












* Sumber gambar bisa dilihat dengan mengklik kanan gambar yang bersangkutan.