Thursday, August 30, 2012

Dilema antara persahabatan dan cinta






Penulis: Alvi Syahrin 
Penerbit: Bukune

Novel ini menceritakan mengenai persahabatan tiga orang pelajar SMA, yaitu Kira, Estrella, dan Adri. Mulanya hanya Kira dan Estrella saja yang berteman. Namun karena suatu tugas mata pelajaran, mereka berdua pun bersahabat dengan Adri, remaja pendiam nan misterius. Perlahan-lahan juga, kelak Kira akan jadian dengan Adri.

Walaupun begitu, hubungan pacaran antara Kira dan Adri tak seperti orang pacaran umumnya. Setiap kali mereka kencan, selalu saja ada Estrella. Kira agak risih, tapi tidak dengan Adri. Adri tak mempermasalahkannya. Adri tak ingin semuanya berubah hanya karena dia sudah menjadi pacarnya Kira. Apalagi faktor lainnya ialah kondisi kejiwaannya Estrella yang memang sungguh butuh teman. Inilah yang tidak dilihat Kira.

Hingga akhirnya, gara-gara Adri yang terus bersikukuh agar Estrella tetap hadir di setiap kencannya, terjadi konflik antara Adri, Kira, dan Estrella. Persahabatan mereka tengah diuji. Mulanya itu terjadi sewaktu Adri mutusin Kira, dan Estrella menolak Danny yang terang-terang suka dengannya. Muncullah gosip tak enak seputar Kira, Adri, dan Estrella. Gosip itulah yang membuat hubungannya Estrella dengan Kira semakin renggang.

Pada akhirnya pula, baik Kira, Estrella, maupun Adri kembali berteman akrab. Ke semuanya itu terjadi sewaktu kepulangannya Estrella dari program pertukaran pelajaran dari Australia. Persahabatan mereka kembali utuh. Selain itu, Estrella  pun tak perlu merasakan kesepian lagi, karena sudah ada Danny yang mencintainya dengan tulus.

Secara keseluruhannya, novelnya blogger asal Surabaya ini cukup apik. Saya suka dengan caranya penulis membuat suatu cerita dari sesuatu yang klise. Anak yang ditinggal mati ibunya dan belum siap punya ibu baru ataupun anak yang harus siap orangtuanya bercerai. Itulah segelintir klise yang ada. Karena itulah, sempat mengira kalau Estrella bakal jadian dengan Adri. Kenyataannya, malah tidak.

Novel ini juga tidak seratus persen bertema cinta. Novel ini berusaha memberikan gambaran ke kita semua tentang apa itu persahabatan dan kesukarannya saat bertemu dengan cinta. Novel ini juga membawa kita bernostalgia dengan masa-masa SMA, walaupun agak terganggu dengan banyaknya istilah asing yang ada. Apakah pemakaian istilah asing di percakapan sehari-hari memang lumrah di kalangan remaja? Tapi it's okay, saya suka dengan caranya dia mendefinisikan persahabatan tersebut. Selain itu, penggunaan sejumlah lirik lagu sebagai judul babnya sungguh mengingatkan dengan novel Infamous karyanya Silvia Arnie.

Diksinya juga lumayan enak dibaca oleh para remaja, apalagi mengingat setting-nya adalah kehidupan SMA. Begitupun juga dengan konflik yang ada, yang tak terlalu rumit, juga tak terlalu mudah.Mengenai kavernya sendiri, saya suka dan mulai mengerti maknanya. Benar-benar cocok dengan konflik yang ada tersebut. Satu burung yang pergi menggambarkan Estrella yang rela menjauh demi melihat Kira bahagia dengan Adri.

Akhir kata, saya memberikan nilai 8 dari 10 bintang.

16 comments:

  1. Wah, wah, terima kasih banyak untuk reviewnya. Semoga ke depannya lebih baik lagi dari ini (udah nggak klise lagi kok *bocoran*).

    Iya, covernya pas banget yah sama konfliknya. :D

    ReplyDelete
  2. tema cinta segi tiga selalu seru dibahas sampai kapan pun :D

    ReplyDelete
  3. nilai 8 dari 10 bintang apa ga ketinggian?

    kalau baca resensi diatas endingnya ga mengejutkan

    ReplyDelete
  4. saya belum baca novelnya kak nuel, tapi kalau baca reviewnya nilai 6/10 sudah cukup deh, menurut saya temanya teralalu mainstream
    (pendapat newbie-harap maklum :D )

    ReplyDelete
  5. ooh novel toh :) tadi baca judulnya kirain kisah nyata

    ReplyDelete
  6. novel remaja romantik yg klise? :O *disetrum penulisnya*

    ReplyDelete
  7. wih makasih kak iman, reviewnya hehe walaupun ceritanya mungkin gak begitu fresh, maksudnya sama cerota sejenis, ya gasih? hehe... ngomong2, apa kabar?

    ReplyDelete
  8. wakakak, novelnya kayak sinetron aja sob ...
    haha
    eniwei, bagus cara lo ngeriviewnya .. ehehe

    ReplyDelete
  9. Wah aku suka covernya tuh, reviewnya juga bagus nuel (>o<)b

    ReplyDelete
  10. Alvi sudah bikin novel??? Whaaaowwww...

    ReplyDelete
  11. aku mau nunggu punya mu saja terbit wkwkwkwk

    ReplyDelete
  12. Estrella hanya jadi jadi nyamuk :D , kasian ya

    ReplyDelete
  13. kok ya Estrella betah ikutan orang kencan. Normalnya dia ngerasa risih lah ya nonton orang pacaran -___-

    ReplyDelete
  14. kmrn ke gramed.. mau beli.. TAPIII.. enggaaa adaa.. hikss..
    pinjem dong ;p

    ReplyDelete

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^