Monday, February 6, 2012

(Mungkin) Mimpi adalah semacam heroin untuk manusia



"When all your deepest thoughts are broken, keep on dreaming boy. Because when you stop dreaming, it's time to die."
by: Daniel, Mahasiswa, 24 tahun

Manusia.Yang namanya manusia itu memang tak pernah puas. Baru punya I-Pod, udah pengen punya Blackberry. Udah beli Blackberry, ngincer I-Pad. I-pad udah dapet, kepengen Android. Udah puas sama Android, MacBook inceran berikutnya. Begitu terus sampai akhirnya rumahnya jadi toko elektronik layaknya Glodok. Huehehe.

Yeah, it's normal. Itu kan sudah menjadi hakikat dari manusia yang tak pernah puas akan suatu hal. Dan itu semua karena dilandasi oleh yang namanya mimpi. Mimpi yang kumaksudkan di sini bukan mimpi yang artinya kembang tidur. Mimpi yang kumaksudkan adalah keinginan. Impian. Hasrat. Tekad. Dan karena mimpilah, manusia punya kepuasan yang tak terbatas dan tak akan berhenti. Manusia tak pernah puas.

Tak pernah puas itu menurutku juga nggak buruk-buruk amat. Yah asalkan masih dalam koridor yang positif dan tak mengarah ke serakah. Justru kalau manusia sudah tak pernah puas lagi, akan timbul suatu kebosanan. Hidupnya jadi boring.

Bayangkan saja bila ada seseorang yang apa saja keinginan telah tersedia di sekitarnya. Apa yang ia ingini sudah ada. Dia mau ini, sudah ada. Dia mau itu, juga sudah ada. Yakin orang itu akan bosan dengan kehidupannya. Secara perlahan tapi pasti, orang itu pasti timbul suatu keinginan. Timbul mimpi. Mimpi untuk menjadi orang lain. Orang lain yang masih terus punya angan-angan yang belum terpuaskan.  Jadi intinya antara mimpi, rasa puas, dan kebosanan berada dalam suatu lingkaran yang tak akan pernah bisa dihentikan.

Arti Hidup
Pernahkah kalian bertanya ke diri kalian sendiri tentang apa itu arti hidup? Kalau pertanyaan itu diarahkan balik kepadaku, maka menurutku, arti hidup itu adalah mimpi. Sampai seberapa jauh dan seberapa banyak mimpi yang kau miliki, maka perlahan hidupmu akan useful. Worthy. Penuh makna. Dengan bermimpi, kau akan temukan sendiri, apa arti hidupmu sendiri.

Maka dari itu, janganlah kalian berhenti bermimpi. Teruslah bermimpi. Jangan takut juga kalian dibilang orang yang tak pernah puas. Seperti yang kubilang sebelumnya, mimpi, rasa puas, dan kebosanan berada dalam suatu lingkaran yang tak akan pernah bisa dihentikan. Lingkaran kehidupan. Malah bila kalian
berhenti bermimpi, maka bersiaplah kalian akan menemukan kebuntuan hidup dan itu artinya kalian telah siap meninggalkan dunia ini.

So, don't stop dreaming, guys! Because dream is also a heroine which make us energetic. Karena mimpilah, kita jadi bersemangat dalam menjalani hidup. Mimpi membuat kita tak pernah bosan dengan kehidupan ini.