Monday, November 7, 2011

REVIEW NOVEL PERTAMA: Miss. Cupid


Novel di atas ini berjudul Miss. Cupid. Novel yang dikarang oleh Mia Arsjad ini adalah novel pertamaku yang kubeli. My first the full-story novel. Karna dulu jaman-jaman masih jadi ababil, aku lebih suka beli dan baca komik atau novel-novel ringan kayak Lupus. Ini juga beli Miss Cupid-nya terpaksa, boi. Kubeli juga buat memenuhi tugas bahasa Indonesia doang. Hehehe.

Yah waktu itu, pas saya kelas 2 SMA, saya dikasih tugas sama pak Joko P-Man buat bikin resensi dari sebuah buku terbaru. Lalu sesampai di rumah, aku googling dan dapatlah info tentang buku ini.Langsung deh hari sabtunya, kubeli. Namun karna waktunya mepet banget (minggu depannya udah harus dikumpul) dan saya yang memang dulu gak begitu suka baca novel tebel-tebel, kubikin aja resensinya dari tulisan di kaver belakangnya dengan kutambahin dikit info kayak harganya berapa, gaya bahasa yang digunain, sama biodata penulis. Hehehe...! Iya saya tau, ENGGAK KREATIF!!!!

Tapi  dua tahun kemudian, waktu lagi libur 17-an, aku iseng aja buka novelnya yang nganggur di meja belajar. Kubaca deh. Itung-itung ngisi waktu gitu. Baca halaman pertama sampe sepuluh, wuah kayaknya nih novel bagus nih. Gitu pikirku. Tapi emang bener. Setelah kubaca dua babnya,  novelnya memang sungguh bagus. Hingga akhirnya libur 17-an malah kuhabiskan dengan membaca habis novel tersebut.  :D

Oh yah novel ini sendiri bercerita tentang seorang mak comblang terkenal di sebuah SMA swasta bernama Tinka. Tinka ini merupakan mak comblang kelas wahid. Ketika ada seseorang yang minta bantuannya untuk melakukan pedekate, hampir 100 % pasti langsung jadian. Karna statusnya sebagai mak comblang itulah, ia bisa menghasilkan duit. Yah ia mengkomersialkan bakatnya me-comblangin orang.

Tapi perlahan-lahan, jasa mak comblangnya itu akan berakhir. Itu dimulai dari kedatangan seorang murid baru yang pendiam dan berkacamata bernama Rocky. Gara-gara si Rocky inilah, Tinka kebanjiran orderan dalam bisnis mak comblang. Namun Tinka menolaknya dengan alasan keadilan sosial. Tapi ia tidak bisa menolak orderan dari sahabat terbaiknya, Maya.. Maya ikut-ikutan minta dicomblangin sama Rocky. Jadinya demi alasan persahabatan, ia menerima tawaran yang satu itu.

Namun seiring berjalannya waktunya, timbullah perasaan suka di hati Tinka. Yah, mak comblang kita ini malah kesengsem berat sama Rocky. Karna itulah ketika akhirnya Rocky jadian sama Maya, Tinka patah hati.  Walau akhirnya sih, nanti Maya putus sama Rocky dengan alasan Maya gak tahan dengan sifatnya Rocky yang kayak robot di depannya. Nah di sinilah kesempatan buat Tinka untuk mengatakan perasaannya ke Rocky yang tertinggal.Maya sendiri nantinya malah jadian sama Rio, sahabatnya Tinka.

Yah gitu deh sedikit review dari novel romantis ini. Ceritanya benar-benar seru dan enggak klise.Makanya kubilang, mbak Mia Arsjad pantas menyandang gelar "Penulis Berbakat" pada Lomba Novel Teenlit Writer 2005. Novel ini juga kental banget dengan bahasa gaulnya. Yah namanya juga novel teenlit. Hehehe.

Oh yah mengingat novel ini terbit pertama kali pada Agustus 2005, aku enggak berani jamin kalau kalian masih bisa menemukan novel ini di toko buku. Aku enggak yakin masih ada stoknya di toko buku. Kalau kalian masih bisa menemukannya, berarti kalian beruntung. :D



*postingan ini diikutsertakan dalam kontes My First Giveaway: Pengalaman Pertama yang diadakan oleh mbak Sitti Rasuna Wibawa.
Photobucket

14 comments:

  1. Kode htmlnya salah masang tuh mas, hehe ga keluar bannernya.

    "Ini juga belinya juga terpaksa, boi"
    Masaaa?

    Wahhh ga nyangka, mas ini sukanya teenlit wkwkwkwk :DD

    Segera kucatat mass, btw judulnya typo tuh. :)

    ReplyDelete
  2. iyaaaa.. udah kuedit. hehhehe... makasih :D

    ReplyDelete
  3. kalo gue sih suka baca2 novel teenlit , buat iseng ngisi waktu senggang:D

    ReplyDelete
  4. mia arsjad itu penulis fave ku juga lho. tulisannya selalu lucu...

    ReplyDelete
  5. wah kalau inget2 cupid itu kan dewa cinta ya kalau gag sa;ah :D..
    hehe..

    ReplyDelete
  6. Heeeeeeeeeeeiiii, Noel..
    kita sama-sama nulis tentang novel pertama, ya ^O^

    ReplyDelete
  7. ga nyangka bang nuel baca teenlit juga ^^.

    ReplyDelete
  8. @ aje + adittya:
    kagak juga. kan gw udah bilang, belinya terpaksa, heheheh. #alibi

    ReplyDelete
  9. jadi penasaran sama ceritanya gara2 Nuel nih..

    coba yang kamu kumpulin ke guru resensi kamu yg ini... dgn lebih dulu baca pasti kan resensinya lebih oke :-D

    ReplyDelete
  10. pak joko p-man p-man. eh dlu tugas resensinya di kls lo aja ya man? soalnya gw ga pernah inget di kls gw ada tugas resensi buku...

    ReplyDelete
  11. ini novel keren lucu deh sama tinka.. walaupun simple ceritanya tetapi menarik.. di sana melukiskan kisah remaja banget...





    numpang nitipin link gue yaa..kalau mau berkunjung juga boleh..
    obat kista tradisional.
    obat pelangsing herbal.
    thanks before sis..

    ReplyDelete

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^