Tuesday, July 20, 2010

HOORAY!!!! TULISANKU DIMUAT JUGA!!!!!!!!!

Akhirnya, setelah mencoba ketiga kalinya, tulisanku yang sebanyak 1300 karakter dimuat juga di Kompas, tanggal 6 Juli 2010. Walaupun masih diedit-edit juga. Huhuhu! TOT

Sebetulnya ini ketiga kalinya aku kirim tulisan. Pertama ke tabloid BOLA, tapi ga dimuat-muat, ampe aku mesti bolak-balik tonkrongin kios koran selama ampir sebulan. Kedua ke amajalah Intisari, tapi tetep aja ga dimuat. Nah terakhir ke Redaksi KompasKampus, baru dimuat. HOOOOORAY!!!!!!! Walo diedit sih!!!!! Tapi gapapa sih, kebanggaan tersendiri. Hayo, teman-teman coba deh kirim karya ke media! Kan lumayan ada nama teman-teman di sana.

Dan inilah tulisan yang dimuat itu. Yang aku bold adalah yang tertera di korannya.

-->
Sesungguhnya, dengan uang kuliah yang di atas Rp 1 juta bahkan lebih dari Rp 5 juta, setiap perguruan tinggi harusnya dapat menyediakan semacam asrama untuk mahasiswa, khususnya bagi mahasiswa yang berasal dari luar daerah atau luar kota. Karena bagaimana pun juga, uang kuliah yang dibayarkan setiap tahun oleh mahasiswa adalah untuk kepentingan mahasiswa juga. Mahasiswa berhak mendapat fasilitas asrama dari uang jutaan rupiah yang mereka keluarkan demi mendapatkan ijasah D-3, S-1 ataupun S-2.
Apalagi lingkungan asrama jauh lebih baik daripada lingkungan kos yang tak menjamin lingkungan pergaulannya. Salah-salah, mahasiswa yang tadinya niatnya belajar dapat gagal pula studinya. Sedangkan dengan masuk asrama, mahasiswa setidaknya dapat belajar untuk disiplin. Yah, disiplin. Sesuatu yang nantinya diperlukan di dunia kerja. Memang asrama mengekang kebebasan para mahasiswanya. Namun manfaatnya jauh lebih banyak daripada mudaratnya. Selain belajar berdisiplin, pergaulan mahasiswa pun dapat terjaga. Bahkan dapat pula mengurangi biaya hidup apabila biaya asrama termasuk pula ke dalam uang kuliah yang dibayarkan mahasiswa setiap tahunnya.
Sekiranya sebagian dari uang kuliah yang dibayarkan mahasiswa setiap tahunnya atau setiap semesternya dialaokasikan untuk pengadaan asrama mahasiswa, khususnya bagi mahasiswa yang berasal dari luar kota atau luar daerah. Hal ini perlu dilakukan oleh setiap kampus demi kenyamanan setiap mahasiswa serta untuk dapat menunjang prestasi akademik tiap mahasiswanya. Masakan dari uang kuliah yang hampir mencapai Rp 5 juta, bahkan lebih, setiap perguruan tinggi tidak dapat mendirikan asrama demi kepentingan mahasiswanya ? Lagipula nantinya uang kuliah yang dibayarkan oleh para mahasiswa juga digunakan untuk mahasiswa juga, bukan ? Asrama pun juga kepentingan mahasiswa demi menunjang prestasi akademiknya.




Huhuhu. Cukup banyak juga yah dieditnya. WTF!!!!!!
Cape-cape nulis, eh malah diedit.

TOT sekali lagi.