Kalah, tapi Tidak Rusuh

 














Gambar di atas bisa menjadi contoh untuk kita semua. Lihat pada bagian insetnya, deh. Itu saat Barcelona dibantai Munich di kandang sendiri, tapi mereka tidak ngamuk. 'Mereka' di sini maksudnya pendukung Barcelona.  Dengan tertib mereka segera pulang sebelum pertandingan selesai. 

Untuk tambahan juga, di kandang sendiri, maksudnya di Nou Camp, asal kalian tahu saja, tribun penonton tidak dipagari, dan mereka dipermalukan dengan skor 2-8. Walau demikian,  pendukung El Barca tidak mengamuk dengan cara secara paksa masuk ke dalam stadion hingga merusak fasilitas stadion. Mereka hanya menahan malu.

Begitu juga dengan para pendukung Manchester United pada saat The Red Devil dibantai The Reds. Para pendukung The Red Devil keluar stadion dengan tertib seperti terlihat pada gambar. 

Sekali lagi, aku turut berdukacita atas musibah di Kanjuruhan pada hari sabtu yang lalu (1/10). Turut berdukacita atas beberapa pelajar SMA yang menjadi korban Peristiwa Kanjuruhan tersebut (dalam gambar paling bawah). 

Terakhir, marilah saling berbenah. Jangan diulangi lagi. Biar ke depannya, generasi muda selanjutnya tidak perlu takut datang ke stadion-stadion di Indonesia. aku mendadak teringat akan Almarhumah Mami yang cenderung melarang aku agar tidak datang ke stadion dengan alasan faktor keamanan. Tanpa generasi muda di dalam stadion, rasanya seperti ada yang kurang. 





























Comments

PLACE YOUR AD HERE

PLACE YOUR AD HERE
~ pasang iklan hanya Rp 100.000 per banner per 30 hari ~