Doraemon & MR. IQ






















Ah, penerbit Rajawali Grafiti memang ada-ada saja. Terkesan mengada-ngada, namun tidak juga sebetulnya. Gambar di atas merupakan salah satu halaman komik Dragon Ball yang diterbitkan oleh Rajawali Grafiti. Berbeda sekali dengan yang diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Kenapa bisa begitu? Usut punya usut, ternyata penerbit Rajawali Grafiti mengambil lisensi penerbitan komik Dragon Ball dari China, yang mana nama tokoh-tokohnya sudah diubah karena penyesuaian dengan situasi di China. Di China, Piccolo menjadi Pike, yang diterjemahkan menjadi Spike. Son Goku menjadi Wukong. 

Hal yang sama berlaku pula untuk Doraemon yang ternyata memiliki nama lain MR. IQ. Tak hanya nama yang diubah, guratan tokohnya pun ikut berubah. Doraemon menjadi berubah seperti alien saja. Bisa dilihat pada gambar di bawah, yah.

Dulu aku juga punya satu komik terbitan Rajawali Grafiti. Aku membeli Captain Tsubasa dari Rajawali Grafiti. Sumpah, versi RAW-nya belum dihilangkan. Samar-samar terlihat aksara Mandarin-nya. Akan tetapi, setiap nama tokohnya masih coba disesuaikan dengan versi Elex Media Komputindo. Lain kali aku akan posting di IMMANUEL'S NOTES, jika sudah menemukan komiknya, yah. 













Comments

PLACE YOUR AD HERE

PLACE YOUR AD HERE
~ pasang iklan hanya Rp 100.000 per banner per 30 hari ~