Ada 'Ikatan Cinta' di Soal Ujian Murid SD













Gambar pertama dalam tulisan ini diambil dari sebuah grup media sosial. Dua inset tersebut merupakan gambar sebuah soal ujian yang entah dari sekolah mana. Yang satu itu sepertinya soal murid kelas 6 SD. Yang satunya lagi katanya soal UAS seorang murid SMP-SMA. Saat di-posting, banyak yang berkomentar seolah-olah itu merupakan hal baru, unik, sehingga harus dibagikan ke mana-mana--yang mana dunia harus tahu. 

Well, untuk aku secara pribadi, dua soal ujian itu bukanlah barang baru. Tak ada yang aneh dengan dua soal ujian yang rada nyentrik tersebut. Sejak masih SD, aku sudah sering menemukan soal ujian yang berbau kehidupan sehari-hari. Malah, dulu aku ingat beberapa guru yang mengajar di SD, sering memberikan soal yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari (saat itu). Lebih parahnya lagi, ada satu guru yang memberikan soal ujian dari buku RPUL (baca: rangkuman pengetahuan umum lengkap). Sudah bisa ditebak bagaimana reaksi murid-murid saat menerima soal ujian tersebut. Hapal, dong, jawabannya. 

Saat beranjak SMP, itu terjadi juga. Yang ini lebih parah. Ada satu soal ujian yang berbau stensilan, aku pernah menemukan. Satu guru malah pernah memberikan soal yang menuntut setiap murid-muridnya untuk melihat berita-berita terkini yang ada di sekitarnya. Aku pernah diberikan tugas yang mewajibkan aku harus membaca koran atau majalah--dan ini bukan kliping. 

Begitupun saat aku masih SMA. Soal ujian yang seperti dalam inset itu masih ditemukan. Malah aku sangat sering menemukannya. Yang aku ingat, saat ujian Seni Musik. Ada satu soal ujian yang mana kita harus melek informasi dulu, baru bisa menjawabnya. Yah, kurang lebih seperti soal yang mengungkit tentang sinetron "Ikatan Cinta" tersebut. 

Tentang dua soal ujian tersebut, menurutku memang harus seyogyanya begitu. Setiap murid sekolah tidak hanya diajarkan ilmu yang mengacu pada buku-buku referensi tertentu (saat itu, aku menyebutnya buku paket), murid juga diajak agar melek akan hal-hal yang tengah terjadi di sekitar mereka. Bukankah pengetahuan juga lahir dari apa yang terjadi di kehidupan sehari-hari kita?

Terima kasih untuk mereka yang sudah membagikan ke internet dua soal ujian tersebut. Lumayan, ada bahan konten di IMMANUEL'S NOTES. Terima kasih juga karena sudah mengingatkan aku akan masa lalu aku sebagai pelajar sekolah dulu. 














Comments

  1. jadi inget dulu pernah ikut lomba cerdas cermat, ada pertanyaan siapa Miss Universe saat itu :D

    aku sih ga tahu, untung aja ada temen satu tim yang tahu, akhirnya bisa jawab

    ReplyDelete

Post a Comment

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^

Place Your Ads Here