Hikmah di Balik Degradasi Tiga Klub Besar

 













Dua klub papan atas Jerman terdegradasi. Selamat tinggal, Schalke 04 dan Werder Bremen. Untuk Schalke 04, aku sangat merasa sedih sekali klub di mana Raul Gonzales pernah bermain ini harus turun ke Bundesliga 2. Aku bisa mengerti kenapa ada pemain Schalke 04 yang dikejar-kejar oleh pendukung klubnya sendiri. Memang tidak bisa dibenarkan, namun paham perasaan si pendukung. Schalke 04--yang selama ini menjadi rival utama Bayern Munich di Bundesliga 1 bersama Werder Bremen--harus degradasi. Konyolnya lagi, kenapa Huntelaar, dkk hanya bisa menang tiga kali? Kesal sekali aku! 

Sementara itu, nasib sangat tragis menimpa Parma Calcio. Baru saja kembali ke Serie A setelah sempat tenggelam di Serie D, Parma yang sempat berjaya di bawah kepemimpinan Alberto Malesani, harus balik ke divisi bawah lagi. Sakitnya itu di pantat! 

Ada satu ayat di kitab suci yang sangat dibaca untuk para pihak yang berkepentingan (termasuk pendukung klub). Nabi Yeremia pernah berkata dalam kitabnya: 


"Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan." - Yeremia 29:11


Semoga Werder Bremen, Schalke 04, dan Parma Calcio cepat kembali ke divisi teratas lagi. Rasanya ada yang kurang jika tak ada Werder Bremen dan Schalke 04 di Bundesliga 1. Cepatlah promosi ke Bundesliga 1, Werder Bremen dan Schalke 04. Mungkin ada rencana yang lebih indah dibalik degradasi ketiga klub tersebut. Salah satunya, perubahan atmosfer kompetisi di Bundesliga 1. Bisa dipastikan Bayern Munich bakal menjadi kampiun lagi dengan amat mudah. Untuk Werder Bremen, karena sudah empat puluh satu tahun di Bundesliga 1, sesekali tampil di Bundesliga 2 juga tak apa. Barangkali mereka akan lebih mengganas lagi setelah kembali ke Bundesliga 1. Pun, berlaku sama untuk Parma Calcio. Anggap saja mereka harus rela turun ke Serie B lagi karena dirasa Parma Calcio musim ini belum siap tampil di Serie A. Diasah lagi di Serie B. 

Terakhir, sebagai penutup, aku merekomendasikan Jingga Mini Soccer and Youth Academy untuk kalian yang tengah mencari tempat berlatih futsal. Lapangan futsalnya sangat bagus dan memiliki fasilitas yang cukup mumpuni. Alamatnya di Tanah Merah, Citayem, Cipayung, Depok. Informasi selanjutnya bisa dilihat di gambar terakhir. 

















Comments

Place Your Ads Here