Siapakah Aku di Getcontact

 














Ada aplikasi bagus, nih. Namanya Getcontact (yang aku ketahui dari seorang Youtuber ber-subcriber hampir jutaan). Aplikasi yang sangat bagus untuk mengetahui nama kita disimpan sebagai apa dan siapa. Bisa juga untuk mengetahui tingkat ketenaran kita. Seberapa eksis kita di masyarakat, aku bilang itu bisa ketahuan melalui Getcontact. Kita juga bisa mengetahui nomor asing yang menelepon kita. Walaupun aplikasi ini bisa berbahaya juga. Bukankah ada sisi positif, ada sisi negatif juga? Lagipula apa pentingnya mengetahui nomor kita disimpan sebagai apa dan siapa. Aku pribadi biasa saja menyikapi aplikasi Getcontact ini. Yah, meskipun aku sering mendapatkan banyak manfaat dari aplikasi Getcontact ini. 

Salah satu manfaat yang aku dapatkan adalah:

Sudah lihat gambar utama (yang paling atas)? Kalau bukan karena Getcontact, aku mungkin tidak tahu nomor aku tersimpan sebagai apa dan siapa. Salah satunya, ada yang menyimpan nomorku dengan nama 'Kak Nuel Endorse Novel'. Wah, itu suatu kehormatan untuk aku. Kerja keras aku dalam menghasilkan beberapa judul novel sepertinya terbayarkan dengan satu orang yang mencatatkan aku sebagai 'Kak Nuel Endorse Novel'. Terima kasih untuk orang tersebut. 

Sisanya, nomor aku tercatat sebagai Iman FH, Iman Markus, atau Iman Tarki. Kebanyakan orang yang menyimpan nomorku sebagai alumni dari sekolah atau universitas mana. Lalu, kenapa tak ada institusi lain selain nama sekolah atau universitas? Itu karena aku sejak awal sudah memutuskan langsung menekuni karir menulis. Aku langsung melibatkan diri di beberapa grup kepenulisan, yang menggunakan nama pena Nuel Lubis. Orang-orang juga sepertinya mengingat aku sebagai nama pena, nama lengkap, serta nama panggilan aku. 

Jujur aku memang orangnya kurang aktif di masyarakat. Tapi aku cukup bangga dengan fakta tersebut. Lagipula, menurutku, eksis tidaknya seseorang tidak bisa didasarkan pada sebuah aplikasi bernama Getcontact. Aku sebetulnya cukup risih dengan 29-30 tag yang mana orang-orangnya mencatatkan namaku sebagai apa dan siapa. Bagaimanapun untuk bisa menggunakan Getcontact, kita perlu log in ke Google atau Facebook. Sekarang jamannya smartphone. Rekam jejak digital bisa didapatkan dengan mudah. Maka dari itu, aku cukup bangga dan bersyukur hanya ada sekitar 30 tag di Getcontact. Masih ada ruang pribadi untuk seorang Nuel Lubis. 

Well, tidak hanya untuk Getcontact, untuk aplikasi-aplikasi lainnya di smartphone, aku menyarankan kepada kalian semua untuk lebih bijaksana. Untuk Getcontact sendiri, yang memiliki tag sampai atau lebih dari 100, sebaiknya berhati-hatilah. Sebenarnya kalian tengah bermasalah dengan persoalan privasi. Digital record is real, Guys. 

Omong-omong, terima kasih sekali lagi untuk yang mencatatkan nomor aku sebagai 'Kak Nuel Endorse Novel'. Aku juga akan lebih senang jika kelak ada yang mencatatkan nomor aku sebagai 'Nuel Lubis Misi Terakhir Rafael', 'Nuel Lubis Ai Shinyuu', atau namaku yang disandingkan dengan judul-judul novel yang aku hasilkan (eh,  malah narsis). 

Juga, terima kasih untuk kawan-kawan di Ignite GKI, GMS, dan komunitas #1Minggu1Cerita . Aku sebetulnya kurang begitu aktif di komunitas-komunitas tersebut. Tapi, biarlah. Setidaknya mereka yang mencatatkan nomorku seperti itu, mereka sudah membuat hidup seorang Nuel Lubis lebih berwarna--yang tidak melulu sebagai seorang alumni dari sekolah atau perguruan tinggi mana. 















Comments

Place Your Ads Here