Asal-Usul Kue Odading

 












Odading atau kue bantal adalah sejenis roti yang digoreng dan berasa manis. Roti ini memiliki tekstur yang licin. Di atasnya, ada biji wijen, atau yang dikenal dengan nama youtiao. Bentuk kue ini memang seperti bantal. Makanya, tak heran kue ini disebut sebagai kue bantal di daerah Jabodetabek. Untuk beberapa daerah, kue ini memiliki penyebutannya masing-masing (bisa dilihat pada gambar di atas).

Pastry ini dulunya tak memiliki nama. Kue yang dibuat dari tepung beras dan gula yang diaduk ini memiliki cerita unik nan lucu terkait asal-usulnya. Berikut ceritanya.

Odading yang unik itu berasal dari cerita sebuah keluarga Belanda pada jaman dulu. Pada suatu hari, anak dari tuan tanah Belanda meminta pada ibunya untuk membelikannya jajanan yang dijajakan seorang anak kampung. Dia hanya menunjuk-nunjuk jajanan tersebut yang membuat sang ibu kebingungan dengan kemauan si anak dan berkata, "Koop dat voor mij?" ("Yang mana sih kuenya?"). Sang ibu lalu penasaran kemudian dipanggilnya si penjaja tersebut dan menyuruh membuka dagangannya yang ditutupi daun pisang. Setelah dibuka, si ibu melihat kue tersebut dengan berkata “O, dat ding” yang artinya “O, barang itu”. Dari situlah nama kue yang digoreng tersebut dikenal dengan nama Odading. 







Comments

  1. aku pernah dengar langsung cerita ini langsung dari Remy Sylado. banyak sekali tempat, makanan atau peristiwa2 yg punya nama unik gegara ketidaksengajaan

    ReplyDelete

Post a Comment

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^