Budhiyasa & Indonesia dalam Dragon Ball Chapter 32














Ternyata, komik atau anime Dragon Ball ini memiliki banyak pernak-pernik khas Indonesia. Bahkan, ada salah satu tokoh--walau bukan peran utama atau pendukung--yang terinspirasi dari seseorang yang tinggal di Bali, yang notabene merupakan nama provinsi di Indonesia.

Adalah Wayan Budhiyasa, orang Bali yang cukup beruntung bisa eksis dalam sebuah karya yang cukup legendaris hingga sekarang ini. Budhiyasa ini pernah bertemu Akira Toriyama dan istrinya yang mana Toriyama dan istrinya tengah berlibur ke Bali. Mungkin sebagai bentuk ucapan terimakasih, Toriyama memberikan apresiasi yang sangat luar biasa kepada Budhiyasa. Pria Bali ini dibuatkan sketsa, lalu dimasukan ke dalam komik Dragon Ball. Dirinya muncul di chapter 32, saat Son Goku kali pertama mengikuti Tenkaichi Budokai, sebuah turnamen beladiri, yang merupakan ajang bertemunya setiap jago beladiri.

Tak hanya itu saja, maksudku--tak hanya tentang Budhiyasa saja, kalau kita perhatikan secara detail, ada beberapa kosa kata bahasa Indonesia dalam chapter 32 tersebut. Yang aku berhasil temukan: dingin es, garam pedas, singaraja, dan soto ayam. Bahkan, gerbang masuk ke dalam arena Tenkaichi Budokai itu juga berbau Indonesia, tepatnya Bali. Sasuga, Toriyama-san!

Terakhir, berikut ini kucantumkan gambar-gambarnya. Ada beberapa kosa kata bahasa Indonesia yang bisa kalian temukan?



















































Comments