Happy Ash Wednesday !








Sumber: Katolik News








Hari ini sebagai pengingat ke kita semua bahwa kita semua akan kembali menjadi abu; rumah kita kelak hanya 2×1 (lihat Kejadian 2:7). Ini juga merupakan masa persiapan sebelum kita menyambut Jumat Agung dan Paskah. Empat puluh hari sebelum Paskah, kita diminta untuk makin mendekatkan diri ke Allah. Karena, bagaimanapun kita hanyalah ciptaan-NYA. Angka 40 juga memiliki arti rohani yang sangat mendalam, seperti Nabi Musa yang berpuasa selama empat puluh hari sebelum menerima dua loh batu.

Dalam liturgi sekarang, dalam ibadah Rabu Abu, Umat Katolik menggunakan abu yang berasal dari daun-daun palma yang telah diberkati pada perayaan Minggu Palma tahun sebelumnya. Imam memberkati abu dan mengenakannya pada dahi umat beriman dengan membuat tanda salib dan berkata, “Ingat, engkau berasal dari debu dan akan kembali menjadi debu,” atau “Bertobatlah dan percayalah kepada Injil.”

Sebagai informasi terakhir, selama menunggu Paskah datang, kita diminta untuk berpuasa selama enam minggu (tiga puluh enam hari), yang ditambahkan empat hari, dan genaplah empat puluh hari.

Dan, IMMANUEL'S NOTES mengucapkan, "Selamat Hari Rabu Abu!"




Comments