Seminggu Nuel Lubis Mencicipi Es

















Hari senin
Yeay! Datang juga es krim 5 liter-nya Campina. Benar yang dibilang Mas Tony, kalau kupikir-pikir, es yang seperti ini sangat jarang ditemukan. Agak sulit ditemukan di tempat-tempat yang kita pernah pikirkan. Secara rasa, rasa stroberinya sangat kuat. Itu membuat kita ketagihan sampai--aku rasa--seorang yang gila es krim bisa menghabiskannya selama dua hari dua malam. Harganya juga tak terlalu mahal. Hanya Rp 260.000. Penantian yang tak sia-sia!

Hari selasa
Kalau aku lihat, es putar ini tak jauh berbeda dengan es doger. Menurut pengakuan si penjual, es yang digunakan dalam es putar ini jauh lebih keras daripada yang digunakan dalam es doger. Cairnya lebih lama jadinya. Ah, kalau mengenai harganya, sama-sama Rp 5000, kok.

Hari rabu
Bunyinya sangat khas. Gerobak yang digunakan sangat khas. Jika ada gerobak dengan  ditemukan gambar wayang, itu artinya kamu sudah menemukan penjual es dawet. Oh iya, dari novel yang pernah kubaca, es dawet yang terkenal itu es dawet jabung asal Ponorogo. Wah, aku ingin sekali mencicipi dawet jabung!

Hari kamis
Samar-samar kuingat, aku kali pertama makan es pisang hijau itu saat aku masih sibuk skripsi dahulu. Kala aku tengah berpelesir ke Jalan Daan Mogot - Tangerang,  aku menemukan kedai es pisang hijau. Yang membuatku ketagihan dengan jajanan asal Pulau Sulawesi ini ialah racikan pisangnya tersebut. Menurutku, itu sangat luar biasa DEP SEDEP!

Hari jumat
Aku suka buah alpukat mau diracik dalam bentuk apapun. Itu termasuk es alpukat yang aku beli di pinggir jalan ini. Rasanya tak jauh berbeda daripada jus alpukat. Dari penampilan luar, memang tak terlihat itu dibuat dari buah alpukat. Percayalah padaku, kalian harus merasakannya sendiri. Hanya lima ribu rupiah.

Hari sabtu
Baru kemarin selasa aku minum es putar yang sembari menyebut-nyebut nama 'es doger', eh, hari ini aku menemukan tukang es doger di depan sebuah minimarket. Sayangnya aku tengah apes. Beberapa campurannya sudah habis termasuk kesukaanku: tape. Yang tersisa hanyalah ketan hitam. Ah, tapi masih tetap DEP SEDEP!

Hari minggu
Layaknya ibu hamil, aku sangat mengidam-idamkan makan es Cornetto dari Walls. Entahlah, kenapa sudah semingguan aku memiliki hasrat seperti itu. Karena itulah, selepas keluar dari gereja, aku membeli sebuah dari minimarket yang terletak tak jauh dari gereja tersebut.


Oh ya, jika butuh es krim ukuran 5 liter untuk kepentingan pesta, bisa hubungi:
Mas Tony 081218323269




Comments