Ini Toh Namanya Saudara Jauh?!










"Misi Terakhir Rafael: Cinta Tak Pernah Pergi Jauh" bersama Febi Pasande, salah satu sepupu jauh aku.









Jadi, orang dalam foto di atas tersebut--yang aku gunakan sebagai bahan promosi "Misi Terakhir Rafael: Cinta Tak Pernah Pergi Jauh"--merupakan sepupu aku. Mungkin ini kali, ya, yang namanya sepupu jauh. Kenapa aku bilang sepupu jauh, well, Febi ini merupakan keponakan dari tante aku yang bernama Martha Pasande (dari Toraja, Sulawesi Selatan). Nah, Tante Martha ini (yang seharusnya aku panggil dia Inanguda) istri dari sepupunya Mendiang Mami. Namanya Alexander Siagian. 

Begitu.

Rumit sekali, kan, yah?!

Yang seperti itu disebutnya sepupu jauh, bukan? Sebab, hubungan darah aku dengan Febi ini juga tidak terlalu dekat sekali. Apalagi Febi sendiri juga lebih merasa dan dekat dengan kebudayaan suku Toraja. Aku kurang begitu tahu, sih. Sebab, sejak kecil, aku memang agak bingung dengan istilah 'saudara jauh'. Baru saat main ke Vila Mutiara Serpong itulah, aku melihat dan mengalami langsung bahwa terminologi 'saudara jauh' itu seperti apa.

Lucunya lagi, Febi malah ikut-ikutan aku (yang orang Batak) panggil Martha itu Inanguda. Padahal aku pengin tahu juga, di Toraja itu sebutannya apa. Haha. Mungkin karena sudah agak lama tinggal dengan orang Batak. Alhasil, dia sedikit tertular. 







Comments