Saturday, December 3, 2016

Rumah Ninja di sekitar Kita [bagian pertama]





Sumber: komik "Ninja Hatori" volume 4, halaman 93.











Tanpa banyak yang mengetahui bahwa beberapa bangunan di dunia ini telah dibangun dengan mengadopsi prinsip rumah ninja. Tiap ruang yang ada, ada kegunaan dan fungsinya masing-masing. Termasuk pula ruang bawah tanah. Beberapa orang menyebutnya bunker. Ada pula yang menyebutnya instalasi strategi militer. Banyak strategi rahasia (yang mungkin penentu beberapa kehidupan) diatur dalam ruangan maha rahasia tersebut. Yang tahu keberadaan ruangan tersebut hanyalah segelintir orang tertentu. Lagi-lagi tertutupi oleh tirai bernama MITOS.

Sumber: komik "P. Man" volume 2, halaman 106.
Rumah ninja itu tak membutuhkan langit-langit. Tiap bagian selalu dimaksimalkan untuk apa pun fungsinya. Itulah juga yang terjadi dengan beberapa bangunan yang menggunakan prinsip rumah ninja. Tak usah heran jika pembangunan satu bangunan bisa berlangsung lama. Bukan sekadar tentang uang. Namun harus melibatkan banyak aspek (dan hal). Salah satunya, memikirkan kemungkinan tiap fungsi ruangan. Tak boleh ada yang namanya ruangan tak berguna, apalagi ruangan kosong. 

Seringkali bangunan-bangunan seperti itu dibangun dalam wujud yang seringkali mengagetkan untuk yang pertama mendengarnya. Ambil contoh dalam wujud mal atau tempat ibadah. Contoh lainnya, masih banyak dalam wujud-wujud lainnya. 

Kebanyakan tempat-tempat yang dibangun dengan menggunakan prinsip ninja itu, beberapa ruang rahasianya dijaga ketat. Tak sembarang orang boleh memasukinya. Dibuat serapi mungkin dan tanpa ketahuan, dengan maksud awam mengira tidak ada apa-apa. Itu bagaikan meletakan belalang  hijau di antara dedaunan. Dibuat seperti itu untuk mengelabui pandangan mata. Jangan kaget pula jika beberapa ruang rahasia menyimpan hal-hal yang dapat membelalakan mata dan mengernyitkan dahi. Itulah tujuan diciptakannya. 

Terdengar seperti sebuah pepesan kosong. Terlihat seperti dongeng pengantar tidur. Tapi itu semua sungguh ada. Nyata. Atau tepatnya, nyata bukan nyata. 






No comments:

Post a Comment

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^